Project Rush Dari Adobe Akan Jadi Aplikasi Edit Video Lintas Perangkat

adobe project rush
Anom Penulis

Adobe adalah nama besar di dunia kreatif. Hampir semua aplikasinya sudah menjadi standar tersendiri. Namun ambisi Adobe masih terus bergolak. Mereka sedang mengembangkan Project Rush yang konon akan menjadi sebuah aplikasi edit video lintas perangkat.

Bicara soal aplikasi edit video, tentu saja kita sudah mengenal Adobe Premiere Pro. Program ini sudah lazim dipakai oleh editor film dan video. Bahkan program itu juga sudah punya aplikasi edit video di handphone, dengan nama Adobe Premiere Clip.

Namun, tetap ada perbedaan di antara keduanya. Premiere Clip tidaklah selengkap Premiere Pro. Kelihatannya, dengan Project Rush, Adobe ingin menjembatani perbedaan itu. Di halaman situsnya, Adobe menyebut bahwa Project Rush akan membuat proses edit video dan berbagi secara online lebih cepat dan mudah.

tampilan project rush di iPhone X
Tampilam timeline edit video di iPhone X

Adobe juga menyebutkan kalau aplikasi ini akan memiliki alat edit warna, huruf, suara, dan animasi (motion graphics) sederhana. Berkas edit video akan tersimpan di cloud secara otomatis sehingga kamu bisa mengaksesnya di mana saja. Melalui perangkat apa pun.

Dari deskripsi tersebut, kita bisa menduga bahwa Adobe akan menyasar kreator konten video di media sosial. Di aplikasi ini sudah terdapat tujuan untuk berbagi. Mulai dari YouTube, Facebook, Instagram, Vimeo, dll.

berbagi ke YouTube lewat iPad
Berbagi ke YouTube lewat iPad

Memang, konten di internet sedang berkembang ke arah audio visual. Karena saat ini, smartphone — yang jadi perangkat yang paling banyak dipakai — sudah memungkinkan untuk konten tersebut. Begitu juga dari sisi — ahem — koneksi internet.

Saat ini, Adobe belum merilis secara resmi aplikasi dari Project Rush tersebut. Proyek ini masih merupakan tahap beta yang terbatas. Kalau kamu mau mencoba, kamu bisa minta undangan untuk ikut uji coba aplikasi tersebut.

Adobe memang belum menyebutkan kapan Project Rush akan dirilis secara resmi ke publik. Namun, kemungkinan besar, hal itu akan terjadi di Konferensi MAX dari Adobe sekitar bulan Oktober.

Bagaimana? Tertarik dengan aplikasi edit video lintas perangkat ini? Kalau kamu memang mau serius sebagai kreator konten video, silakan tunggu kabar selanjutnya tentang Project Rush dari Adobe.

    %d blogger menyukai ini: