Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

20 Aplikasi Edit Video Terbaik Android dan iPhone untuk Pemula

Aplikasi Editor Video No.3 Paling Banyak Digunakan dan Diunduh Pengguna Smartphone Kekinian

20 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Android dan iPhone Untuk Pemula
Febri Penulis

Meningkatnya kemampuan smartphone beberapa tahun terakhir ini membuat kita bisa menjalankan produksi audio visual tanpa membutuhkan perangkat canggih. Proses editing termasuk di dalamnya.

Untuk itu, layak kiranya kami memilih beberapa video editor alias aplikasi edit video  terbaik untuk smartphone, baik Android dan iOS.

  • Solusi Cepat
    Dari banyaknya aplikasi edit video terbaik untuk Android dan iOS, saya pribadi lebih suka menggunakan aplikasi CapCut dan VN sebagai aplikasi edit video andalan di smartphone.

Untuk proses sunting ringan, video editor handphone bisa jadi alternatif yang mudah selain aplikasi edit video di desktop atau aplikasi edit video online. Karena selain cepat dan bisa buat edit video offline, kita tidak perlu memindah file ke perangkat lain dari ponsel Android atau iPhone.

Bahkan, dengan kemudahan merekam video di handphone saat ini, aplikasi editor video boleh dibilang menjadi salah satu aplikasi wajib yang ada di smartphone.

Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik Android dan iPhone

1. VN Video Editor

Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik Android dan iPhone - VN Video Editor

VN Video Editor merupakan aplikasi edit video terbaik pertama yang saya rekomendasikan karena memang aplikasi ini beneran bagus untuk digunakan di ponsel. Di VN kamu bisa mengatur delay video per frame.

Fitur unggulan dari VN Video Editor adalah terletak pada keyframe, kita bisa mengatur video per frame sesuai dengan kebutuhan, dengan begitu kita punya kebebasan saat ingin mengedit video di VN Video Editor.

2. InShot

aplikasi edit video android bernama inshot

InShot merupakan sebuah video editor populer baik untuk Android maupun iPhone (iOS). Kepopuleran aplikasi ini mungkin disebabkan karena fitur yang banyak, desain aplikasi yang mudah dipahami, dan bisa dipakai gratis tanpa watermark (dengan melihat iklan). 

Beberapa fitur yang menarik dari aplikasi InShot adalah bisa memotong durasi video, menambah teks, mengubah kecepatan video, crop video, rotate video, dan di dalamnya bahkan ada foto editor. Aplikasi ini juga bisa kamu pakai secara offline, tanpa koneksi internet (kecuali kalau share ke medsos). Jadi memang cukup praktis.

3. Capcut

svg%3E

CapCut merupakan aplikasi editor yang tidak kalah populer. Aplikasi ini punya tampilan yang enak, mudah dipakai, fitur yang banyak, dan ada referensi video di dalamnya.

Di aplikasi ini kamu bisa memotong durasi video, mengatur kanvas dan rasio ukuran, membuat chroma key, menambah teks dan stiker, menstabilkan video, dll.

Sebelum menyimpan atau mengirim ke media sosial, kamu juga bisa mengatur kualitas video. Termasuk resolusi, frame rate, dan Smart HDR bagi yang mendukung.

Aplikasi CapCut ini tersedia baik di Android dan iPhone secara gratis.

4. Filmr

aplikasi edit video filmr

Filmr adalah aplikasi video editor yang mudah dipakai dan punya fitur menarik. Selain itu, penampilan aplikasi ini juga keren dan tidak ribet. Jadi bisa dipakai oleh pemula maupun yang sudah pro.

Fiturnya melingkupi: Memilih banyak footage video atau foto, trim, atur kecepatan, rotate, atur urutan footage, crop, cut, dan pilihan musik. Bahkan Filmr juga memiliki stiker augmented reality (AR) untuk perangkat yang mendukung, seperti: Google Pixel, Samsung Galaxy S8, dll.

Tentu saja kamu juga bisa mengirim video hasil edit ke berbagai media sosial. Termasuk ke Instagram Stories. Filmr juga bisa memisah video jadi klip sesuai durasi Instagram Stories.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Filmr baik di handphone Android maupun iOS. Aplikasi ini tersedia secara gratis.

5. FilmoraGo

aplikasi filmorago

FilmoraGo adalah aplikasi edit video dengan tampilan yang enak digunakan, fitur yang cukup lengkap, dan mudah dioperasikan.

Baca Juga:  Tutorial Clipchamp, Step by Step Edit Video dengan Mudah

Untuk fitur, aplikasi ini memiliki tema video siap pakai, menambah transisi, pilihan display ratio, dan fungsi editing dasar. Fungsi edit video yang ada di FilmoraGo, walaupun mendasar, cukup lengkap. Bisa menambah judul, memberi sub judul, filter, menambah voice over, mengatur kecepatan video, dll.

FilmoraGo juga memberikan pilihan upload ke berbagai media sosial, seperti Instagram, YouTube, Facebook, Tumblr, atau WhatsApp, di samping menyimpan di galeri.

Aplikasi ini bisa diunduh untuk Android atau iPhone secara gratis. Walau FilmoraGo menyebutkan edit video dengan aplikasi ini tanpa batasan waktu dan tanpa watermark, tetap ada closing title dari FilmoreGo. Wajar, namanya juga aplikasi gratis.

Namun kalian bisa menghilangkan closing title tersebut dengan membeli in-app purchase yang telah disediakan.

6. Magisto

aplikasi edit video magisto

Magisto menawarkan proses editing yang lebih sederhana. Di sini, setelah kamu memilih video, kamu ditawarkan beberapa tema video, musik latar belakang, pilihan durasi, dan menambah judul.

Beberapa tema atau fungsi editing yang lebih lengkap baru akan tersedia kalau kita beralih ke versi komersial Magisto.

Aplikasi ini akan berguna kalau kamu memang tidak ingin repot dengan tetek bengek teknis. Untuk sekedar membuat video seru-seruan dan berbagi di media sosial, Magisto bisa memenuhinya.

Aplikasi edit video Magisto bisa digunakan untuk Android dan iPhone tanpa membayar alias gratis (ada watermark aplikasi ini di sisi kanan layar).

7. VideoShop

aplikasi edit video videoshop

VideoShop merupakan salah satu aplikasi edit video yang powerful dan mudah digunakan. Aplikasi ini memiliki banyak fitur dasar yang bisa digunakan. Mulai dari menambah teks, memotong durasi, menambah suara, slow motion, mengubah ukuran (zoom), dll. Yang menarik, ada tanda durasi untuk media sosial di timeline durasi video.

Kita juga bisa menambah judul, nama pembuat, lokasi atau tanggal di video yang kita edit. Seperti aplikasi edit lain, VideoShop juga menawarkan filter dan tema video di proses editing.

Setelah selesai mengedit video, kamu bisa langsung mengunggahnya ke berbagai media sosial seperti Vimeo, Youtube, Facebook, Instagram, Snapchat, atau menyimpannya di galeri foto. Yang perlu diwaspadai, kalau kamu merekam video dalam bentuk portrait, simpanlah dengan kualitas high. Karena kalau tidak video akan berubah ukuran rasionya.

Videoshop bisa diunduh gratis untuk Android, iOS, dan Windows Phone (kami pernah menulis review VideoShop Windows Phone). Di dalam aplikasi ini terdapat iklan dan pembelian untuk beberapa fitur tambahan. Namun, tidak ada watermark di hasil videonya.

8. Adobe Premiere Rush

svg%3E

Adobe Premiere jelas punya nama besar di dunia kreatif. Rush bisa dikatakan merupakan versi miniatur program video editor ternama itu.

Adobe Premiere Rush memiliki fungsi dasar aplikasi edit video yang cukup lengkap (jangan dibandingkan dengan versi komputer ya). Mulai dari memotong durasi, mengatur cahaya, memilih soundtrack, mengatur suara, mengatur kecepatan, transisi, dll.

Adobe Premiere Rush bisa diunduh secara gratis untuk Android dan iPhone. Namun tersedia juga fitur tambahan untuk pengguna premium yang meliputi peralatan edit audio dengan Adobe Sensei AI, berbagai bahan konten, dan auto-reframe.

9. VideoShow

aplikasi edit video videoshow

VideoShow juga merupakan aplikasi edit video yang powerful. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur, dan mudah digunakan. Seperti yang lain, kita bisa memilih tema video, mengatur durasi, zoom, rotate, mengatur kecepatan, menambah lagu, atau melakukan editing lain yang lebih detil.

Beberapa fitur edit yang lain meliputi: Menambah efek, menambah GIF, stiker, filter, voice over, menggambar, dll. VideoShow juga memberikan kita pilihan format video portrait (tegak), square (bujur sangkar), atau landscape (lebar). Setelah selesai, kita juga bisa langsung mengunggahnya ke Facebook, Facebook Messenger, YouTube, Instagram, Whatsapp, Line, atau aplikasi lain.

VideoShow bisa diunduh gratis untuk Android dan iPhone. Terdapat iklan di dalam aplikasi ini, dan tidak ada watermark atau tanda lain di hasil videonya.

10. KineMaster – Editor Video

Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik Android dan iPhone - KineMaster

KineMaster merupakan aplikasi editor video favorit saya ketiga setelah VN dan CapCut, di KineMaster kamu bisa menemukan berbagai macam fitur editing video lebih lengkap dari pada yang lain.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Aplikasi Android Paling Berguna untuk Sehari-hari

Kalau kamu terbiasa edit video secara manual di smartphone dan paham dengan penggunaan fitur-fitur edit video, maka kamu akan merasa puas saat menggunakan KineMaster, mengingat ini aplikasi edit video gratis dengan segudang fitur editing.

Di KineMaster juga menyediakan template video, namun tak sebanyak yang ada di VN dan CapCut. Tetapi kalau kamu suka editing Video di PC/laptop dan terbiasa dengan editing manual maka cuma aplikasi KineMaster yang bisa saya rekomendasikan ke kamu.

11. Canva: Desain, Foto, dan Video

edit video canva

Canva merupakan sebuah aplikasi editor photo dan juga video, saya salah satu pengguna setia aplikasi Canva pro karena aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur edit video di Canva yang sudah disediakan oleh Canva dan kita tinggal gunakan seperti biasa nya.

Terlebih lagi, aplikasi ini memiliki banyak stock atau template dan juga pilihan elementyang bisa kita gunakan dengan bebas di dalam video tanpa harus takut kena copyright dari sang creator.

Jadi jika kamu tidak mau ribet membuat video di ponsel dan kamu tidak memiliki cukup stock video atau gambar untuk digunakan, saran saya mending segera download Canva di Android atau ponsel iOS milik kamu.

12. PowerDirector Video Editor

Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik Android dan iPhone - PowerDirector

PoweDirector merupakan aplikasi editor video yang saya suka juga karena memiliki layout landscape, berbeda dengan beberapa aplikasi yang sudah saya rekomendasikan di atas. Kebanyakan memiliki layout berdiri atau vertikal.

PowerDirector ini tidak memiliki banyak fitur namun aplikasinya cukup ringan dan mudah untuk digunakan, terutama saat kita ingin mengedit banyak layer dalam satu project, fitur trim dan drag file video cukup nyaman untuk digunakan.

Aplikasi ini saya rekomendasikan karena user experience yang diberikan cukup nyaman untuk sekelas aplikasi editor video di ponsel Android dan iOS. Meskipun tidak terlalu banyak stock template dan fitur yang ditawarkan, saya tetap akan rekomendasikan kamu aplikasi ini.

13. GoPro Quik: Video Editor

Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik Android dan iPhone - GoPro Quik Video Editor

GoPro Quik Video Editor memang aplikasi bawaan dari GoPro series namun aplikasi ini bisa diunduh dan digunakan oleh semua pengguna smartphone di Android maupun iOS. Aplikasi ini tidak memiliki template atau stock yang banyak seperti CapCut dan VN.

Aplikasi GoPro ini memiliki fitur yang terbatas dan seperti aplikasi video editing pada umumnya, hanya saja yang membuat saya suka menggunakan aplikasi ini karena ada fitur auto sync antara video dan musik, jadi saat kita edit video di sini, tidak perlu lagi mencocokan video dan lagu.

Saat kita melakukan trim video, maka aplikasi akan secara otomatis menyesuaikan durasi dan transisi audio yang pas supaya video tetap tampil bagus. Meskipun tidak memiliki stock filter, lagu dan template. Aplikasi ini tetap enak dan saya rekomendasikan untuk kamu yang ingin edit manual.

14. Picsart Photo & Video Editor

Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik Android dan iPhone - Picsart Photo & Video Editor

Picsart Photo & Video Editor merupakan aplikasi rekomendasi saya ke-14 untuk pengguna Android dan iOS. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan seperti font, template, filter dan masih banyak fitur-fitur keren yang bisa kamu gunakan.

Aplikasi PicsArt bisa kamu gunakan sesuai dengan imajinasi atau ide kreatifitas kamu, ada banyak fitur yang bisa kmau manfaatkan, PicsArt sendiri merupakan aplikasi video editor yang sudah cukup lama hadir di ponsel.

PicsArt memiliki beberapa fitur yang mendukung untuk content-content seperti TikTok, video di Story IG, Reels dan juga video pendek atau YouTube Shorts.

15. VivaVideo: Aplikasi Edit Video

Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik Android dan iPhone - VivaVideo

VivaVideo aplikasi edit video yang mirip dengan KineMaster, namun memiliki stock fonts, template, dan berbagai macam filter yang berbeda. Jika kamu suka menggunakan KineMaster, tidak ada salahnya juga instal aplikasi VivaVideo untuk mencoba fitur yang berbeda.

Terlihat di dalam aplikasi ini banyak dimanjakan dengan fitur-fitur yang menarik untuk digunakan, termasuk galeri kumpulan lagu/musik yang bisa digunakan dengan bebas tanpa ada masalah copyright.

VivaVideo juga menyediakan fitur video keren seperti efek glitch, efek FX, gerakan lambat (slow-mo) dan filter video profesional seperti filter fantastis serta filter gaya film.

16. Splice – Video Editor

Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik Android dan iPhone - Splice

Splice merupakan video editor sederhana yang bisa kamu gunakan, seperti GoPro Quik, di Splice tidak menyediakan banyak fitur ataupun template yang bisa digunakan.

Baca Juga:  Cara Membatasi Aplikasi Android Bekerja di Latar Belakang dengan Mudah

Splice lebih ke aplikasi video editor manual yang bisa kamu gunakan dengan bebas. Fitur yang terdapat di Splice standar aplikasi video editor kebanyakan, yang membedakannya hanya terletak pada pemilihan warna filter dan font.

Efek dari filter aplikasi ini pun saya bisa bilang bagus-bagus, tidak kalah saing sama punya GoPro Quik.

17. VivaCut – Editor Video Pro

Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik Android dan iPhone - VivaCUt

VivaCut Editor Video Pro merupakan aplikasi editing video yang menyediakan beragam template siap pakai lebih dari 100+ template dan juga menyediakan beragam fitur-fitur menarik seperti efek kartun sekali klik dan juga efek gelombang kejut pada video.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan beragam fitur standar video editing dan juga beragam filter-filter unik khasi milik VivaCut. Jika kamu ingin mencoba tampil dengan tone warna baru, coba pakai filter efek dari VivaCut ini.

Aplikasi VivaCut juga menyediakan fitur editing animasi 3D, jika kamu merasa desaina atau editing kamu masih kurang, kamu bisa coba gunakan fitur animasi 3D dari VivaCut.

18. VSCO: Editor Foto dan Video

Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik Android dan iPhone - VSCO Editor Foto dan Video

VSCO merupakan aplikasi editor foto dan video yang lumayan terkenal bahkan jumlah unduh aplikasi ini sudah lebih dari 100juta pengguna di Android dan iOS.

Sebenarnya aplikasi ini tidak terlalu menarik atau bagus sebagai aplikasi video editor tapi karena jumlah dan kualitas preset dari VSCO sangatlah banyak dan juga bagus-bagus, membuat ini aplikasi jadi banyak digemari kalangan pengguna ponsel.

Kamu tidak perlu susah payah mengatur warna pada video, cukup gunakan VSCO dan kamu pilih dari ribuan preset yang sudah disediakan, tinggal klik-klik saja video kamu sudah menjadi bagus seperti color grading layaknya profesional.

19. VITA – Video Editor & Maker 

Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik Android dan iPhone -VITA - Video Editor & Maker

VITA merupakan aplikasi video editing yang sederhana dan mudah untuk digunakan para content creator baik itu profesional maupun pemula, jadi jangan ragu untuk mencobanya.

Aplikasi video editor seperti VITA sudah diunduh lebih dari 100juta pengguna selama ini, aplikasi ini memiliki berbagai macam filter yang unik-unik untuk dicoba, terutama fitur efek dan filter yang mereka miliki, semuanya terlihat sangat bagus.

Ada banyak fitur dan hal-hal menarik yang ada di VITA, kalau kamu bosan dengan tampilan editing video seperti CapCut dan VN, tidak ada salahnya kamu nutuk mencoba aplikasi serupa tapi berbeda.

20. Glitch Video Editor/GlitchCam

Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik Android dan iPhone -VITA - Glitch Video Editor - GlitchCam

Aplikasi edit video terbaik yang terakhir ingin saya rekomendasikan ke kamu adalah Glitch Video Editor/GlitchCam. GlitchCam atau edit foto/video dengan lagu merupakan aplikasi buatan InShot.Inc.

Glitch Video Editor/GlitchCam merupakan aplikasi edit video terbaik kedua setelah TikTok karena menyediakan beragam fitur yang kita butuhkan untuk para content creator saat ini.

Di aplikasi ini kamu bisa dengan mudah menambahkan lagu, suara, voice-over dan sebagainya. Fitur yang ditawarkan sangat cocok untuk kamu yang ingin membuat content video vertikal seperti TikTok, Reels, Shorts dan sebagainya.

What’s Next: Pilih Editor Video yang Paling Bikin Kamu Nyaman

Itu lah rekomendasi aplikasi edit video terbaik yang bisa saya rangkum dan bagikan ke kamu, dari 20 aplikasi edit video di atas kamu suka menggunakan aplikasi yang mana?

Kalau kamu pengguna TikTok sudah pasti CapCut akan jadi andalan kamu dalam mengedit video karna di CapCut menyediakan beragam banyak fitur dan juga stock template yang melimpah.

Namun, jika kamu bosan dengan fitur dan tampilan CapCut maka kamu bisa coba aplikasi video editing gratis yang berbeda dari yang lain seperti GoPro Quik, VSCO dan PowerDirector.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, aplikasi & internet seperti di atas melalui halaman urbandigital di Google News.