AirTag: Aksesori Terbaru Apple Buat Menemukan Benda yang Hilang

Apple resmi memperkenalkan aksesori baru bernama AirTag. Apa fungsi dari aksesori terbaru ini dan bagaimana cara kerjanya?

Seperti rumor yang beredar sebelumnya, Apple AirTag benar-benar rilis tahun ini. Lewat produk anyar ini, Apple berusaha memperluas ekosistem aplikasi Find My yang telah ada sebelumnya.

Sebelumnya, aplikasi Find My dibuat untuk membantu menemukan barang yang hilang. Sekarang, aplikasi tersebut bakal lebih lengkap setelah kedatangan aksesori Apple AirTag.

Sekilas Tentang Aksesori Apple Air Tag

Air Tag adalah aksesori pelengkap aplikasi Find My. Sama seperti aplikasinya, aksesori ini akan membantumu menemukan benda yang hilang.

Aksesori ini hadir dengan ukuran kecil dna ringan, dilengkapi baja tahan karat yang dipoles dengan ukiran presisi, serta tahan air dan debu bersitifikat IP67.

Air Tag juga memiliki speaker internal. Speaker ini akan memutar suara untuk membantumu menemukan barang yang kamu cari. Sementara bagian penutupnya bisa dilepas pasang, memudahkanmu kalau ingin mengganti baterai.

Pengaturan AirTag

AirTag menghadirkan pengalaman pengaturan yang mirip seperti AirPods. Cukup dekartkan AirTag ke iPhone, dan benda tesebut akan langsung terhubung.

Sumber Gambar : Apple

Kamu juga bisa mempersonalisasi AirTag dengan ukiran gratis, termasuk teks dan pilihan 31 emoji, ketika membelinya dari apple.com atau aplikasi Apple Store.

Untuk pemakaiannya sendiri, kamu bisa memasukkan AirTag langsung ke dalam tas atau sakumu. Oya, kamu juga bisa menggunakan aksesori pendamping AirTag buatan Apple. Seperti Polyurethane Loop yang ringan, atau Leather Loop dan Leather Key Ring.

Gantungan AirTag – Sumber Gambar : Apple

Selanjutnya, kamu bisa pasangkan AirTag ke benda-benda milikmu seperti kunci, tas, atau benda lainnya. Kemudian, kamu tinggal namai benda tersebut di aplikasi My Find. Contoh kamu menaruh AirTag di tas, maka kamu bisa namakan mereka dengan ‘Bag’ di aplikasi My Find.

Cara Kerja AirTag

Setelah AirTag diatur, ia akan mucul di tab Item dalam aplikasi Find My. Di tab ini, kamu bisa melihat lokasi terkini benda yang kamu cari, atau lokasi terakhir yang diketahui oleh peta.

Melacak AirTag di Tab Aplikasi Findy My – Sumber Gambar : Apple

Kalau benda tersebut masih ada di jangkauan Bluetooth, kamu bisa menggunakan aplikasi Find My untuk memutar suara dari AirTag untuk membantu menemukannya.

Precision Finding AirTag – Sumber Gambar : Apple

Benda mini ini dilengkapi chip U1 buatan Apple dan tenologi Ultra Wideband. Memungkinkan Precision Finding untuk pengguna iPhone 11 dan iPhone 12. Teknologi ini diklaim lebih canggih dan akurat dalam menentukan jarak dan arah ke AirTag bersama benda yang hilang dari jangkauan.

Ketika kamu bergerak, Precision Finding akan menggabungkan input dari kamera, ARKit, akselerometer, dan giroskop. Kemudian, dia akan memandumu ke AirTag menggunakan kombinasi suara, haptik dan umpan balik visual.

Precision Finding menggabungkan input dari kamera, ARKit, akselerometer, dan giroskop untuk menemukan AirTag – Sumber Gambar : Apple

Jika AirTag terpisah darimu dan ada di luar jangkauan Bluetooh, jaringan Find My dapat membantu melacaknya. Jaringan Find My mendekati satu miliar perangkat Apple dan bisa mendeteksi sinyal Bluetooth dari AirTag yang hilang. Find My juga akan menyampaikan lokasi AirTag kepadamu.

Sumber Gambar : Apple

Kamu juga bisa mengaktifkan Lost Mode pada AirTag. Jadi kalau AirTag yang hilang ditemukan oelh seseorang, mereka bisa mengetuknya menggunakan iPhone atau perangkat berkemampuan NFC. Setelah itu, mereka akan dibawa ke situs web yang menampilkan nomor pemilik AirTag (namun kamu harus memasukkan nomor teleponmu lebih dulu).

Uniknya lagi, AirTag juga bisa dipakai untuk pengguna dengan keterbatasan fisik lho. Aksesori ini mampu mengarahkan pengguna tunanetra atau rabun ke AirTag dengan petunjuk arah via suara. Contohnya seperti, “AirTag berjarak 9 kaki di sebelah kiri Anda.”

Apakah Privasi AirTag Terjamin Keamanannya?

Benda ini dirancang untuk menjaga privasi dan keamanan data lokasi. Jadi tidak ada data atau riwayat lokasi yang disimpan secara fisik dalam AirTag. Komunikasi dengan jaringan Find My telah dienkripsi secara end-to-end, sehingga cuma kamu yang tahu lokasi benda dan AirTag berada.

AirTag x Hermes

Apple juga berkolaborasi dengan Hermes buat memperkenalkan AirTag Hermes. Sesuai namanya, AirTag Hermes akan menampilkan berbagai macam aksesoris kulit buatan tangan dan elegan. Contohnya Bag Charm, Key Ring, Travel Bag, dan Luggage Tag.

Sumber Gambar : Apple

Aksesori ini akan dijual dengan AirTag yang diukir khusus, berdasarkan tanda tangan Clou de Selle yang ikonik dengan Hermes.

Harga dan Ketersediaan

  • AirTag akan tersedia dalam satu dan empat paket, yang masing-masing dibanderol dengan harga $29 (AS) dan $99 (AS).
  • AirTag bisa dipesan mulai Jumat, 23 April 2021.  Benda ini tersedia di aplikasi Apple Store, toko fisik Apple Store, lewat Official Reseller Apple, dan operator tertentu mulai 30 April 2021.
  • Gantungan AirTag buatan Apple seperti Leather Key Ring in Saddle Brown, (PRODUCT)RED, and Baltic Blue dijual dengan harga $35 (AS).
  • Gantungan AirTag Leather Loop in Saddle Brown dan (PRODUCT)RED seharga $39 (AS)
  • Gantungan AirTag Polyurethane Loop in White, Deep Navy, Sunflower, serta Electric Orange dijual $29 (AS).
  • Seluruh produk aksesori AirTag Hermes akan tersedia mulai Jumat, 30 April 2021. Mereka semua bisa kamu beli lewat apple.com atau aplikasi Apple Store.
%d blogger menyukai ini: