AirTag Rawan Tertelan Anak, Orang Tua Harus Bagaimana?

Indri Penulis

Siapa sangka jika desain AirTag yang mungil ternyata rawan tertelan oleh anak? Lalu sebagai orang tua, apa yang bisa dilakukan?

AirTag adalah salah satu produk Apple dengan inovasi yang keren. Bagaimana tidak, benda mungil ini dapat membantu pengguna melacak barang-barang yang hilang.

Sayangnya di balik kecanggihan AirTag, perangkat ini ternyata cukup kontroversial. Pasalnya menurut berbagai berita dari luar negeri, AirTag sering dimanfaatkan orang jahat untuk melancarkan aksinya. Contohnya digunakan untuk menguntit orang lalu merampoknya, sampai dipakai mengikuti orang lain hingga menyebabkan terjadinya kasus pembunuhan.

Belum berhenti sampai di situ. Seperti yang kamu tahu, AirTag memiliki desain yang super mungil. Baterai tombol lithium yang memberi daya pada perangkat ini terlihat seperti koin kecil. Mungkin bagi orang dewasa, itu terlihat sepele. Tapi berbeda untuk anak. Menurut ZDNet, desain baterai AirTag yang mirip koin justru rawan tertelan oleh anak.

Desain Mungil AirTag Justru Rawan Tertelan Anak

Bisa dibayangkan, menelan sesuatu ‘yang nggak seharusnya’ jelas bisa menyebabkan beberapa masalah serius. Contohnya bisa menyebabkan cedera permanen dan bahkan sampai kematian.

Untuk mencegah anak-anak menelan baterai AirTag, beberapa produsen baterai telah menerapkan zat yang terasa pahit pada baterai bernama Bitrex. Bitrex akan memberikan rasa pahit pada baterai, sehingga anak-anak nggak bakal mau untuk menelan benda tersebut.

airtag tertelan anak

Masalahnya, lapisan yang terasa pahit ini bisa juga menyebabkan beberapa masalah pada AirTag. Inilah yang bikin banyak orang tua bingung. Mereka bisa membeli baterai untuk AirTag tanpa Bitrex, tapi risikonya adalah anak-anak bisa menelan baterai AirTag. Sedangkan kalau membeli baterai dengan lapisan Bitrex, itu sama saja dengan merusak AirTag secara perlahan.

Menurut Apple, baterai tombol lithium CR2032 yang disemprotkan Bitrex, dapat menimbulkan masalah ketika digunakan untuk memberi daya pada AirTag. Bahkan ada beberapa unit AirTag yang nggak berfungsi karena terkena semprotan Bitrex.

Di sisi lain pemakaian semprotan Bitrex tidak bisa menjamin 100% anak tidak akan menelan AirTag. Bahkan kalau misalnya anak nggak sengaja tetal menelan AirTag dengan semprotan Bitrex, masalah yang ditimbulkan akan jauh lebih serius.

Menurut The National Health Service, ketika baterai berlapis Bitrex tertelan oleh anak-anak, tubuh akan melepaskan cairan seperti lendir dan air liur yang menciptakan zat berhaya seperti soda api. Zat tersebut nantinya bisa membakar jaringan dalam tubuh (waduh baru dibayangin aja udah ngeri banget).

Sementara itu, gejala saat anak tak sengaja menelan baterai AirTag mungkin nggak selalu langsung terlihat. Biasanya anak-anak akan menderita masalah pernapasan atau merasa tidak enak badan terlebih dulu. Baru setelah itu, mereka biasanya batuk atau muntah darah. Buat anak yang memasukkan baterai ke lubang telinga atau hidung, biasanya lubang tersebut akan berdarah nantinya.

Jadi kalau kamu merasa bahwa anak mungkin telah menelan / memasukkan baterai AirTag ke dalam tubuh mereka, segera bawa anak ke Unit Gawat Darurat dan jangan beri mereka makan / minum terlebih dulu. Sebab hal itu bisa menyebabkan baterai dimuntahkan kembali dan menimbulkan banyak kerusakan dalam tubuh.

Cara Cegah Anak Agar Tidak Menelan Baterai AirTag

Menurut ZDNet, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah anak menelan baterai AirTag yakni antara lain:

  • Belilah merek baterai berkualitas yang dibekali fitur keselamatan.
  • Simpan baterai dengan aman, dan jauhkan dari pandangan serta jangkauan anak-anak.S
  • Pasang kembali sekrup, tab atau fitur keselamatan lain yang ditemukan di kompartemen baterai perangkat.
  • Buang baterai bekas dengan aman.
  • Jauhkan AirTag dari jangkauan anak-anak.

Gimana, cukup jelas ya panduannya. Semoga tips-tips tersebut bisa membantu para orang tua mencegah agar baterai AirTag tidak tertelan oleh anak.

    %d blogger menyukai ini: