Kini Kamu Bisa Masuk Akun Microsoft Tanpa Password

Microsoft melakukan sebuah terobosan menarik dengan tawaran akses akun tanpa password, namun tetap dengan jaminan keamanan. Lho, bagaimana bisa?

Kalau kamu sadari, kamu pasti memiliki banyak aplikasi dari berbagai layanan. Artinya, kamu akan berhubungan dengan berbagai akun, username, password, dll. Mengingatnya bisa menyebalkan.

Tidak jarang, kita memakai password yang gampang diingat (password123? 😁) dan sering memakai password yang sama untuk banyak akun. Dengan begitu, membuat akun kita lebih rentan terhadap serangan dan jebakan hacker.

Itu sebabnya ada aplikasi password manager. Dengan aplikasi ini, kita tidak perlu mengarang password dan mengingat satu persatu akun. Bahkan aplikasi seperti ini juga bisa mengelola otentikasi 2 faktor (2FA).

Microsoft pun sudah punya aplikasi Authenticator untuk tujuan itu. Namun, kini mereka meningkatkan akses pengguna setahap lebih mudah lagi. Tanpa password!

Vasu Jakkal, wakil presiden Microsoft untuk keamanan, mengumumkan fitur tanpa password untuk akun Microsoft melalui blog resmi. Kamu bisa memangkas proses masuk ke akun Microsoft melalui metode lain seperti Windows Hello, aplikasi Microsoft Authenticator, perangkat kunci keamanan, atau melalui kode yang dikirim ke ponsel atau email.

Cara Mengaktifkan Fitur Tanpa Password

Untuk mengaktifkan fitur masuk ke akun Microsoft tanpa password, kamu harus punya aplikasi Authenticator di perangkat Android atau iOS dan menghubungkan akun Microsoft-mu ke aplikasi itu.

Kemudian, buka halaman akun Microsoft milikmu, masuk ke bagian Security (keamanan), pilih Advanced security options, dan di bagian Additional security, klik ‘Turn on‘ pada pilihan Passwordless account.

pilihan masuk akun microsoft tanpa password

Kemudian kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi melalui aplikasi Microsoft Authenticator. Jika sudah, kamu sudah bisa masuk ke akun Microsoft tanpa perlu mengetik password lagi.

Yah, nantinya, ketika kamu mau masuk ke layanan atau aplikasi dari Microsoft — Office, Teams, Outlook, OneDrive, dll — kamu hanya perlu memasukkan alamat email dan memberikan konfirmasi lewat aplikasi Authenticator.

Sebenarnya bukan hanya Microsoft saja yang berusaha menghapus proses memasukkan password untuk akses akun. Google juga sudah menawarkan pilihan itu, dan Apple akan menerapkan proses itu di Keychain pada iOS 15 dan macOS Monterey.

Nah, kalau kamu punya akun Microsoft, silakan cek fitur ini.

%d blogger menyukai ini: