Daftar Aplikasi Password Manager Gratis Pengganti Lastpass Android

Apakah kamu sedang mencari password manager gratis alternatif Lastpass untuk Android? Temukan rekomendasinya dalam artikel ini.

LastPass resmi menghadirkan batasan baru untuk aplikasi versi gratisnya sejak tanggal 16 Maret 2021. Seperti apa batasannya, kamu bisa lihat detilnya di sini. Tapi yang jelas, batasan tersebut akan membuat LastPass versi gratis jadi tidak nyaman.

Sangat disayangkan sih, mengingat pemakai password manager yang satu ini cukup banyak. Kebijakan baru ini mungkin akan mengurangi minat pengguna, terutama buat mereka yang tidak mau beralih ke LastPass berbayar.

Namun untungnya, ada beberapa aplikasi password manager gratis untuk Android. Tidak jarang, aplikasi-aplikasi ini turut meniru fitur yang ada di LastPass. Apa saja aplikasinya?

Daftar Aplikasi Password Manager Android Gratis

Microsoft Authenticator

Dulunya, aplikasi ini bernama 2FA. Tapi perusahaan akhirnya mengubahnya menjadi Microsoft Authenticator, sebuah aplikasi pengelola kata sandi yang lebih lengkap dan disinkronkan dengan Microsoft Edge atau browser Chrome.

Sumber Gambar : Android Police

Aplikasi Microsoft Authenticator bisa melindungi kata sandi lewat sensor biometrik, mendukung pengisian otomatis Android, dan menyimpan kode OTP.

Microsoft Authenticator bisa kamu pakai secara gratis. Serunya, kamu bisa juga mengimpor data LastPass dengan mengikuti instruksi yang ada di sini.

MYKI

MYKI memiliki cara kerja yang berbeda dengan password manager lain di daftar ini. Kalau password manager lain menyimpan kata sandi di cloud, maka MYKI hanya akan menyinkronkan password ke perangkat kamu yang lain.

Sumber Gambar : Android Police

Jadi kalau hacker ingin membobol kata sandimu, mereka harus mendapatkan akses ke salah satu perangkat kamu terlebih dahulu untuk bisa mencuri data.

Untuk fitur lainnya, MYKI sama seperti password manager lain. MYKI memakai layanan API Autofill Android, mendukung buka kunci biometrik, bisa menyimpan kode OTP, metode pembayaran, dan catatan pribadi lainnya.

Aplikasi ini bisa kamu  pakai secara gratis. Serunya, kamu juga bisa membagikan kata sandi dengan orang lain lho.

Bitwarden

Bietwarden adalah pengelola kata sandi open source yang sangat populer. Meski sifatnya gratisan, tapi fitur-fitur yang ada di aplikasi ini bisa akses semua orang.

Sumber Gambar : Android Police

Kamu bisa menyimpan kata sandi sebanyak-banyaknya. Kalau kamu bekas pengguna LastPass, kamu bisa tidak akan canggung memakai Bitwarden. Sebab tampilan aplikasi ini sangat mirip dengan LastPass.

Lebih lanjut, Bitwarden mendukung buka kunci biometric, menggunakan API Autofill Android, dan bisa diamankan lewat 2FA. Kamu juga bisa menghosting manajer di server milikmu sendiri (opsi ini tidak dimiliki oleh LastPass lho).

Dropbox Password

Dropbox Password juga bisa kamu jadikan sebagai alternatif aplikasi pengatur password selain LastPass. Seperti Bitwarden, Dropbox Password memungkinkan kamu menyimpan kata sandi sebanyak-banyaknya.

Sumber Gambar : Dropbox

Aplikasi ini akan menggunakan fitur keamanan perangkat saat ini dan default, untuk membuka perangkatmu. Semua tergantung pada perangkat dan pengaturanmu. Fitur ini bisa berupa PIN, kode izin, pengenalan wajah, ID sidik jari, fitur numerik atau biometrik lainnya.

%d blogger menyukai ini: