Alasan Kecepatan Internet iPhone Lebih Lambat Dibanding Android

Ada beragam sistem yang kerap digunakan pada deretan smartphone Android. Misal seperti System-on-Chip (SoC) paling canggih Qualcomm dan Snapdragon 845 yang kerap diandalkan untuk smartphone Android high-end.

Smartphone Android high-end yang menggunakan SoC canggih salah satunya adalah, Samsung Galaxy S9 (versi tertentu), ponsel gaming Xiaomi Black Shark, One Plus 6, dll.

Namun selain komponen CPU dan GPU, model LTE X20 yang terdapat dalam Snapdragon 845 bahkan diklaim 20% lebih cepat, bila dibandingkan dengan modem X16 pada Snapdragon 835 versi dulu.

Sumber Gambar : Mighty Gadget

Sedangkan Qualcomm mengklaim bahwa, kecepatan teoritis X20 dapat mencapai 1,2 Gbps. Lalu, sebenarnya bagaimana kinerja modem sesungguhnya?

Perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat ini, telah berhasil mendapatkan data yang dikumpulkan oleh pembuat software benchmark Speedtest, Ookla.

Data tersebut digunakan untuk membandingkan kecepatan internet modem X20 pada Snapdragon 845, dengan kompetitornya yaitu modem Intel XMM7360 dan XMM7480.

Duo modem Intel ini banyak digunakan dalam perangkat iPhone tipe tertentu. Contoh yang digabung dengan kartu SIM operator seluler AT&T serta T-Mobile di Amerika Serikat.

Data Speedtest yang telah terkumpul sudah melebihi satu juta pengujian, yang diperoleh dari pengguna sepanjang kuartal kedua tahun 2018.

Data tersebut menunjukkan bahwa, kecepatan download rata-rata chip modem X20 Qualcomm 64% lebih kencang dibanding Intel XMM7360 dan XMM7480, untuk jaringan AT&T.

Sementara kecepatan upload, modem X20 Qualcomm 41% lebih tinggi dibanding modem Intel XMM7360 dan XMM7480. Namun untuk latency, modem X20 Qualcomm 27% lebih rendah dibanding kedua modem kompetitornya.

[irp posts=”52902″ name=”Snapdragon 850: Sebuah Chipset Untuk Laptop Windows 10″]

Sedangkan untuk jaringan T-Mobile, X20 tercatat mempunyai kecepatan download yang rata-rata mencapai 64% dibanding dua modem Intel. Untuk upload speed, X20 23% lebih cepat. Dan latency 35% lebih rendah.

Selama ini Qualcomm selalu menggunakan hasil uji Speedtest, untuk menunjukkan bahwa kecepatan 4G LTE modem buatannya jauh lebih cepat.

Namun hingga kini belum ada kepastian mengenai berapa hasil uji modem X16 pada Snapdragon 835. Mungkin karena X16 tertinggal satu generasi, diperkirakan bahwa kecepatan modem tersebut tidak akan setinggi X20.

Dalam salah satu postingan di situs resminya, Qualcomm bahkan secara terang-terangan membandingkan kecepatan X20 dengan Intel XMM7360 dan XMM7480. Bisa jadi itu sebuah sindiran untuk Intel dan iPhone sekaligus.

Hal tersebut tidak mengagetkan banyak pihak. Mengingat hubungan Apple dan Qualcomm belakangan ini mulai renggang. Hal ini disinyalir karena ada sengketa royalti dua perusahaan tersebut.

Apple menuding bahwa Qualcomm terlalu banyak menarik royalti pada produk chip buatan yang digunakan dalam iPhone. Oleh karena itu, Apple mencoba mengurangi penggunaan Qualcomm, yaitu dengan beralih ke Intel.

Sumber Gambar : SemiWiki

Namun hingga kini, Intel belum dapat memasok chip modem untuk iPhone dalam jumlah banyak. Sehingga hanya beberapa tipe iPhone saja yang menggunakan chip modem dari Intel. Untuk selebihnya, Apple masih harus membeli chip dari Qualcomm.

Sementara itu, beberapa waktu yang lalu, PC Magazine sempat mengungkapkan jika ada perbedaan kecepatan internet cukup signifikan, antara iPhone X dengan modem Intel (XMM7480) dan modem Qualcomm (X16).

Hasil membuktikan bahwa iPhone X yang menggunakan modem Intel mempunyai kecepatan internet yang lebih pelan, jika dibandingkan dengan iPhone X menggunakan modem X16.

Selain itu, Apple terbukti memangkas beberapa fitur andalan dari X16 untuk memaksimalkan kecepatan. Misal iPhone X, ponsel tersebut tidak dapat menggunakan 4X4 MIMO serta LAA. Padahal kedua fitur tersebut sebenarnya disediakan oleh X16.

Ada spekulasi lain bila Apple sengaja melakukan hal tersebut, supaya iPhone dengan modem Intel tidak tertinggal jauh, dari iPhone yang menggunakan modem X16.

Hal tersebut membuktikan bahwa, untuk saat ini kecepatan internet iPhone yang menggunakan model Qualcomm, belum sanggup menyamai smartphone Android yang menggunakan chip modem Qualcomm. Walaupun mereka beroperasi dalam jaringan yang sama.

Pihak Apple baru mulai menggunakan modem Intel sebagian pada iPhone 7, iPhone 7 Plus, dan seri terbaru lainnya. Sedangkan untuk iPhone 6S atau yang lebih lama, sepenuhnya masih menggunakan chip Qualcomm.

Lalu bagaimana cara mengetahui apabila iPhone kalian menggunakan chip modem Intel maupun Qualcomm?

Berdasarkan informasi yang kami himpun dari Mashable, Kamis (26/7/2018), kalian cukup buka menu Settings > General > About > Legal > Regulatory. Kemudian cocokkan nomor model yang muncul, dengan daftar di bawah ini:

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

  • Model A1660 dan A1661 = Qualcomm
  • Model A1778 dan A1784 = Intel

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

  • Model A1863 dan A1864 = Qualcomm
  • Model A1905 dan A1897 = Intel

iPhone X

  • Model A1865 = Qualcomm
  • Model A1901 = Intel
%d blogger menyukai ini: