Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Asisten Virtual Alexa Amazon Bakal Bisa Tiru Suara Orang Meninggal

alexa suara orang meninggal
Indri Penulis

Amazon berencana untuk merancang Alexa agar bisa tiru suara orang yang sudah meninggal. Wah, kira-kira bakal kaya gimana tuh cara kerjanya?

Alexa adalah salah satu asisten virtual terpopuler di dunia. Asisten virtual besutan Amazon ini bersaing ketat dengan asisten virtual lain seperti Bixby (Samsung), Siri (Apple), Cortana (Microsoft), dll, dalam menyajikan fitur-fitur keren.

popculture.id

Baru-baru ini, dalam konferensi Amanzon’s Re: Mars di Las Vegas (dikutip dari NPR), Senior Vice President dan kepala ilmuwan Alexa, Rohit Prasad, mengumumkan rencana Amazon buat Alexa ke depan.

Rohit Prasad mengatakan bahwa Amazon berencana untuk meningkatkan kemampuan Alexa. Salah satunya yakni membekali kemampuan pada Alexa agar bisa tiru suara orang meninggal.

Rohit juga turut menampilkan video di mana seorang anak bertanya, “Alexa bisakah Nenek menyelesaikan membaca ‘Wizard of Oz’ untukku?

Nggak lama setelah itu, Alexa terlihat mengonfirmasi perintah tersebut dengan suara robot default-nya. Menariknya segera setelahnya, suara Alexa berubah menjadi bernada lembut dengan tujuan untuk meniru suara nenek anak tersebut.

Sementara itu, Rohit juga mengatakan kalau tim Alexa saat ini telah mengembangkan algoritma agar asisten virtualnya itu dapat menghasilkan suara berkualitas tinggi dan lebih manusiawi. Untuk menghasilkan suara berkualitas, pengguna nantinya hanya perlu melakukan rekaman audio selama 1 menit. Setelah itu Alexa akan merekam dan menyimpan data suara, yang kemudian akan mereka pakai saat harus meniru suara anggota keluarga lainnya.

Lebih lanjut Rohit menekankan kalau fitur anyar ini masih dalam tahap pengembangan. Ia juga belum bisa memastikan kapan fitur tersebut bisa diluncurkan ke publik.

Rohit juga menjelaskan walaupun fitur anyar Alexa itu bisa dipakai untuk meniru suara apapun, tapi Rohit menekankan kalau fitur tersebut lebih dirancang agar bisa membantu mengenang anggota keluarga yang sudah meninggal.

    %d blogger menyukai ini: