AMD Radeon VII: GPU 7nm Pertama Di Dunia

amd radeon 7
Foto: AMD

Setelah mengumumkan prosesor Ryzen generasi terbaru, AMD kembali menggebrak dengan AMD Radeon VII. Graphic Processing Unit ini merupakan GPU game pertama di dunia yang menggunakan arsitektur 7nm.

AMD membangun Radeon VII di atas arsitektur ‘Vega’, dan memiliki memory 2X, memory bandwidth 2.1X, sampai 29% lebih efisien untuk performa game, dan 36% lebih efisien untuk aplikasi kreasi konten. Performa ini meningkat kalau dibandingkan dengan AMD Radeon RX Vega 64, yang terbaik saat ini.

Performa AMD Radeon VII

AMD menjabarkan beberapa hal teknis itu lebih jauh.

  • AMD Radeon VII memiliki kemampuan 60 compute units/3840 stream sampai 1.8GHz. Performa dan tampilan tingkat tinggi juga bisa dicapai dengan memori HBM2 sebesar 16GB, memory bandwith sampai 1TB/s, dan memory interface 4096 bit.
  • AMD Radeon VII bisa bekerja 27% lebih efisien di aplikasi 3D Blender, aplikasi video editor seperti DaVinci Resolve 15, dan performa 62% lebih tinggi di OpenCL LuxMark benchmark.
  • AMD Radeon VII berkerja baik di permainan berbasis DirectX 12 dan Vulkan. Performa meningkat 35% di game Battlefield V, 42% di Strange Brigade, dan 25% di Fortnite.
  • AMD Radeon VII dilengkapi dengan Radeon FreeSync yang menjada framerate tetap stabil. Teknologi ini sudah diadaptasi oleh lebih dari 550 monitor game. Apalagi, teknologi AMD Radeon FreeSync 2 menawarkan tampilan 2 kali lipat lebih baik.
  • AMD Radeon VII dilengkapi dengan berbagai aplikasi pendukung. Seperti: AMD Radeon Software untuk dukungan driver dan optimalisasi game, Radeon ReLive untuk streaming game, dan mengatur berbagai setelan grafis dengan Radeon WattMan.

Beberapa nama besar perangkat dan pengembang game sudah bekerja sama dengan AMD untuk memperbarui produk mereka berdasar GPU ini. Komputer desktop Alienware Area-51 Threadripper Edition (bukan laptop Area-51m ya) menggunakan AMD Radeon VII dengan prosesor AMD Ryzen Threadripper. Ubisoft juga mempersiapkan game AAA mereka, Tom Clancy’s The Division 2, berdasar teknologi Radeon VII.

AMD menyebutkan kalau kartu grafis Radeon VII akan mulai tersedia pada bulan Februari 2019. Jadi, kalau kamu memang gamer kelas berat, kamu bisa berharap laptop dan komputer game baru segera hadir dengan kartu grafis ini.

Ada komentar?