Awas! Prosesor AMD Ryzen Mobile 4000 Series Siap Mencuri Hatimu

AMD secara resmi membawa lini prosesor Ryzen Mobile 4000 ke Asia Pasifik pada tanggal 27 Mei 2020. Lini ini merupakan prosesor untuk PC pertama di dunia yang hadir dengan teknologi 7nm.

AMD memang gencar mengembangkan teknologi mereka dalam beberapa tahun ini. Siapa penggemar teknologi saat ini yang tidak mengenal Ryzen? Prosesor Ryzen sudah hadir di berbagai laptop unggulan.

Namun tidak hanya itu. Dalam acara peluncuran secara virtual, Peter Chamber (Managing Director APAC AMD) mengatakan bahwa saat ini AMD juga berhasil membawa prosesor miliknya sebagai sumber tenaga di konsol game terbaru. Yaitu di PlayStation 5, Xbox Series X, sampai Google Stadia.

Sementara itu, sehubungan dengan prosesor Ryzen Mobile 4000 Series, Paige Shi (Head of APAC Consumer Business AMD) menyatakan kalau lini ini memiliki instruksi clock lebih tinggi 15% dari teknologi Zen 2 core dan proses 7nm. Teknologi ini juga memungkinkan lini prosesor tersebut memiliki konsumsi daya 20% lebih rendah.

Lini AMD Ryzen Mobile 4000 Series

Lini prosesor ini memiliki tiga kategori besar yang disiapkan untuk berbagai segmen laptop. Yang pertama ada AMD Ryzen U-Series untuk laptop ultra tipis. Yang kedua ada AMD Ryzen H-Series untuk laptop gaming. Lalu yang ketiga, ada AMD Ryzen PRO Series untuk laptop kelas bisnis (yang pernah kami bahas sebelumnya).

AMD Ryzen U-Series

AMD Ryzen U-Series memiliki beberapa ragam pilihan, seperti AMD Ryzen 7 4800U, Ryzen 7 4700U, Ryzen 5 4600U, Ryzen 5 4500U, dan Ryzen 3 4300U. Semuanya memiliki kartu grafis terintegrasi dengan graphic core mulai dari 6 sampai 8 core dan memiliki pemakaian daya rendah dengan standar TDP 15 Watt.

AMD Ryzen 7 4800U, sebagai salah satu tipe prosesor tertinggi seri ini, menjadi prosesor pertama yang memiliki 8 core dan 6 thread. Prosesor ini pun sudah menunjukkan keunggulannya dalam performa dibandingkan prosesor sekelas.

benchmark AMD Ryzen 7 4800U

AMD Ryzen H-Series

Sebagai prosesor yang ditujukan untuk para gamer dan kreator, AMD Ryzen H-Series memiliki performa handal. Dengan TDP mulai dari 35 Watt sampai 45 Watt, prosesor ini memiliki konsumsi daya yang relatif rendah. Performa tinggi ini juga semakin seru dipadukan dengan kartu grafis Radeon RX 5000M.

Lini prosesor ini meliputi beberapa pilihan, seperti AMD Ryzen 9 4900H, Ryzen 9 4900HS, Ryzen 7 4800H, atau Ryzen 5 4600H. Performa Ryzen 7 4800H juga sudah terbukti melalui benchmark dibandingkan dengan kompetitor.

benchmark AMD Ryzen 7 4800H

Solusi Teknologi AMD

Pada kesempatan yang sama, AMD juga memperkenalkan beberapa solusi teknologi yang mereka kembangkan.

Solusi teknologi pertama disebut dengan nama A+A+A. Solusi ini menawarkan semua teknologi yang datang dari satu perusahaan, yaitu AMD. Mulai dari prosesor, kartu grafis, sampai perangkat lunak.

Untuk melengkapi kehadiran prosesor Ryzen 4000 series, AMD juga menyediakan kartu grafis Radeon RX 5000M Series. Kartu grafis ini meliputi pilihan Radeon RX 5300M, Radeon RX 5500M, Radeon RX 5600M, dan Radeon RX 5700M. Sementara dari sisi perangkat lunak, AMD menyediakan Radeon Adrenalin untuk meningkatkan performa.

Radeon Adrenalin 2020

Solusi teknologi lain yang ditawarkan oleh AMD adalah SmartShift Technology. Teknologi ini mampu mengatur kinerja baik prosesor (CPU) dan kartu grafis (GPU) sesuai kebutuhan. Pengaturan kinerja ini berjalan secara dinamis dan mampu meningkatkannya sampai 14%.

Sebagai contoh, kalau sebuah game membutuhkan kinerja GPU lebih tinggi, maka teknologi ini bisa mengalihkan daya pada GPU. Begitupun sebaliknya, ketika CPU membutuhkan power lebih, maka teknologi ini akan melakukan Dynamic Overclocking untuk meningkatkan performa.

AMD SmartShift Technology

AMD sudah bekerja sama dengan berbagai produsen laptop ternama. Bahkan, AMD Ryzen juga bekerja sama dengan NVIDIA untuk memberikan pilihan lebih banyak pada para pengguna. Misalnya, teknologi AMD ini bisa kamu temukan di laptop ASUS ROG Series, ASUS TUF Gaming Series, Acer Nitro, HP Pavilion Gaming, HP Omen, atau Lenovo Legion.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: