Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Prosesor AMD Ryzen Pro 4000: Performa Tinggi, Aman, dan Hemat Daya

Anom Penulis

Beberapa tahun terakhir ini, prosesor Ryzen dari AMD berhasil menunjukkan taringnya di berbagai lini komputer dan laptop. AMD pun melanjutkan kegarangan itu dengan meluncurkan seri prosesor Ryzen Pro 4000.

Prosesor Ryzen Pro baru ini dikembangkan oleh AMD untuk menjawab kebutuhan komputasi modern. Yaitu mampu memaksimalkan produktivitas, memiliki tingkat keamanan tinggi, dan memenuhi semua kebutuhan bisnis. AMD menyebut prosesor baru ini sebagai “standar baru PC bisnis modern”.

popculture.id

Versi Prosesor AMD Ryzen Pro 4000

Seri terbaru prosesor AMD ini meliputi 3 versi, yaitu:

  • Ryzen 7 Pro 4750U — 8 core, 16 threads, kecepatan dasar 1,7GHz, bisa ditingkatkan sampai 4,1GHz.
  • Ryzen 5 Pro 4650U — 6 core, 12 threads, kecepatan dasar 2,1GHz, bisa ditingkatkan sampai 4,0GHz.
  • Ryzen 3 Pro 4450U — 4 core, 8 threads, kecepatan dasar 2,5GHz, bisa ditingkatkan sampai 3,7GHz.

Peningkatan Performa

Prosesor Ryzen Pro 4000 dikembangkan dengan teknologi 7nm dan arsitektur “Zen 2”. Melalui teknologi ini, prosesor ini ideal untuk dipakai di laptop yang super tipis. Dengan begitu, perangkat yang memakai prosesor ini juga ideal dipakai bekerja baik di rumah, di kantor, atau bahkan saat di perjalanan.

AMD menyebutkan kalau dibanding dengan prosesor generasi sebelumnya, terdapat peningkatan yang signifikan. Ryzen 7 Pro 4750U memiliki performa sampai 29% pada single-thread, sampai 132% pada multi-thread, dan sampai 13% untuk performa grafis, kalau dibandingkan Ryzen 7 Pro 3700U.

peningkatan performa

Begitupun ketika melalui uji perangkat lunak. Ada peningkatan sampai 37% di PCmark 10, 19% di Microsoft Word, 27% di Microsoft PowerPoint, 39% di browse Microsoft Edge, dan 77% di Microsoft Excel.

Bahkan, AMD juga menyatakan kalau prosesor ini punya performa lebih baik dari pesaingnya. Perbandingan yang diakukan adalah antara Ryzen 7 Pro 4750U dan Intel Core i7-1070, juga Ryzen 5 Pro 4650U dan Intel Core i5-1021U. Pada pengujian yang dilakukan dengan Cinebench 1T, Cinebench nT, PCmark 10, Geekbench v5, dan Passmark 9 itu, Ryzen lebih unggul.

Aman dan Hemat Energi

Selain performa, salah satu fitur yang diunggulkan oleh AMD pada seri prosesor Ryzen Pro 4000 ini adalah keamanan. Dengan bekerja sama bersama berbagai produsen komputer, AMD memberi dukungan Secure-core yang mampu memaksimalkan fitur keamanan sistem operasi Windows 10. Lalu, juga ada AMD Memory Guard yang menerapkan enkripsi di memory.

Artinya, laptop yang memakai prosesor ini memenuhi standar keamanan tingkat industri. Lalu, kalau laptopmu dicuri, si maling tidak akan bisa mengambil data dari memory.

Bagaimana dengan konsumsi dayanya? AMD menyebutkan kalau prosesor ini memiliki peningkatan pada deteksi daya. Sehingga bisa mengurangi konsumsi daya pada komponen yang tidak dipakai. Di sisi lain, bisa meningkatkannya saat dibutuhkan.

Prosesor Ryzen 7 Pro 4750U disebut mendukung keawetan baterai samapai 20 jam pada pengujian yang mereka lakukan.

Perkembangan Menjanjikan

Kalau kamu perhatikan, prosesor Ryzen meningkat kepopulerannya akhir-akhir ini. Dalam beberapa kali kesempatan, kami pun cukup puas dengan performa prosesor ini. Misalnya ketika kami mencoba Acer Swift Ryzen 7 atau ASUS Zenbook Flip 14 Ryzen 5.

Melihat perkembangan tersebut, prosesor Ryzen Pro 4000 ini tentu sangat menarik. Terutama bagi kamu yang mencari laptop performa tinggi. Tunggu saja saat laptop yang memakai prosesor ini hadir.

    %d blogger menyukai ini: