Android 11 Go Edition Resmi Meluncur untuk Ponsel Entry-Level

Ada kabar bagus buat pemilik ponsel performa pas-pasan. Sebab kini Google resmi meluncurkan Android 11 Go Edition untuk ponsel entry-level.

Baru beberapa waktu lalu, Google resmi meluncurkan sistem operasi terbaru Android 11 versi stable untuk perangkat Pixel. Sementara beberapa ponsel lain juga akan kebagian Android 11.

Android 11 digadang-gadang baru akan dipakai untuk ponsel flagship. Lalu bagaimana dengan nasib smartphone pas-pasan sekelas entry-level?

Buat pemilik smartphone entry-level, kalian tidak perlu khawatir. Karena Google kini telah resmi meluncurkan Android 11 Go Edition khusus untuk smartphone entry-level.

Fitur Menarik yang Dimiliki Android 11 Go Edition

Peningkatan Kecepatan, Komunikasi dan Privasi

Sistem operasi ini telah mengalami peningkatan kecepatan. Android 11 Go diklaim mampu meluncurkan aplikasi 20% lebih cepat dibanding Android 10 Go. Jadi lebih mudah jika ingin beralih antar aplikasi, tanpa khawatir ponsel macet.

Selain itu, masih ada peningkatan lain yakni di aplikasi perpesanan. Karena sering dipakai orang untuk berkomunikasi, jadi pengguna sering berpindah-pindah untuk mengobrol dengan keluarga dan teman.

Sekarang, Android 11 Go akan menampilkan semua percakapan kalian di ruang khusus notifikasi. Artinya kalian bisa melihat, menanggapi dan mengelola percakapan di satu tempat. Tidak peduli aplikasi apa yang digunakan.

Fitur Izin Aplikasi Satu Langkah

Soal privasi, Android 11 Go juga mengalami peningkatan. Sekarang, kalian bisa memberikan โ€˜izin satu kaliโ€™ ke aplikasi mana pun. Misal untuk mengakses mikrofon, kamera atau lokasi.

Menariknya jika kalian sudah lama tidak memakai aplikasi itu, izin akan kembali ke pengaturan awal. Kalian nanti akan mendapat notifikasi seputar izin aplikasi yang baru.

Punya Fitur Gesture-Navigation

Android 11 Go membawa fitur lain yakni gesture-navigation. Fitur ini biasa dipakai pada smartphone dengan layar berukuran besar.

Fitur Gesture-Navigation

Google tahu, kalau sekarang banyak smartphone entry-level telah memiliki layar besar. Makanya, perusahaan akhirnya menambahkan fitur ini ke Android 11 Go. Lewat fitur ini, kalian bisa pergi ke beranda, navigasi mundur, sampai beralih aplikasi pakai gerakan sederhana.

Fitur Aplikasi Baru

Android 11 Go kini memperkenalkan peningkatkan pada beberapa aplikasi. Misalnya Safety Folder, Ini adalah fitur baru di Files by Google yang akan melindungi file pribadi pengguna.

Lewat fitur ini, orang lain tidak akan bisa membuka atau mengakses file pribadi kalian. Karena folder akan dilindungi PIN yang terdiri dari 4 digit.

Peningkatan RAM untuk Perfoma Lebih Handal

Google kini telah memperluas dukungan untuk Android 11 Go. Mulai bulan depan, Android 11 Go akan tersedia di semua perangkat dengan memori mencapai 2GB.

Karena dukungan ini, ponsel akan membuka aplikasi 20% lebih cepat. Selain itu, Android 11 Go akan memberikan tambahan free memory sebesar 270MB. Jadi pengguna bisa menjalankan  3 โ€“ 4 aplikasi tanpa khawatir ponsel lag.

Tidak hanya itu, Android 11 Go juga dilengkapi ruang penyimpanan gratis tambahan sebesar 900MB. Memori ini cukup untuk mengambil foto selfie sampai 300 dan mengunduh banyak film.

%d blogger menyukai ini: