Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Android 11 Telah Tiba Dengan Fitur Unggulan Baru Yang Keren

android 11
gambar: Google
Anom Penulis

Google akhirnya meluncurkan Android 11 secara resmi. Sistem operasi smartphone terbaru ini memiliki banyak hal baru. Namun Google menekankan beberapa hal utama sebagai fitur unggulannya. Komunikasi, kontrol perangkat dan media, juga kontrol data dan privasi.

Fitur utama tersebut bukan saja menghadirkan berbagai fungsi baru atau yang lebih baik. Namun juga membawa penampilan yang lebih segar dan lebih mudah kita gunakan.

popculture.id

Percakapan di Satu Tempat

Di Android 11, semua notifikasi dan akses cepat percakapan akan masuk di dalam satu tempat khusus di bawah Quick Setting. Dengan begitu kamu bisa segera membaca dan membalas dengan mudah dan cepat.

Kamu juga bisa memberi prioritas pada orang tertentu. Sehingga kamu tidak akan melewati pesan penting dari orang tersebut.


Bubbles

Di Android 11, kamu bisa menyematkan percakapan dengan orang tertentu sehingga bisa berada di atas aplikasi lain. Dengan begitu kamu tetap bisa bercakap-cakap sambil mengerjakan hal lainnya.


Merekam dan Berbagi

Ya, Android 11 sekarang sudah mendukung fitur perekam layar secara bawaan (?). Jadi kamu sudah tidak perlu lagi memasang aplikasi lain untuk merekam layar. Kamu juga bisa merekam suara lewat mikrofon atau dari dalam perangkat.

Selain itu, di smartphone Pixel, pengguna juga bisa dengan mudah mengambil teks dan gambar dari aplikasi satu untuk kemudian dikirim ke aplikasi lain.


Kontrol Perangkat

Android 11 kini memiliki pusat kontrol baru yang bisa kamu akses dengan menekan tombol ‘Power’. Di pusat kontrol ini, kamu bisa mengatur perangkat cerdas yang terhubung dengan smartphone-mu (terutama perangkat smart home).


Kontrol Perangkat Media

Android 11 kini juga punya fungsi kontrol perangkat media yang terhubung dengan smartphone secara khusus. Jadi ketika kamu mendengarkan musik, kamu bisa pindah dari speaker di rumah ke headphone dengan lebih mudah.


Kontrol Akses Aplikasi

Sudah sejak lama akses aplikasi di smartphone Android menjadi perdebatan untuk masalah privasi. Nah, kini kamu bisa mengatur ijin akses aplikasi, apakah mau saat itu saja, hanya ketika membuka aplikasi, atau kamu tolak.

Sistem operasi juga akan melakukan reset ijin akses kalau sebuah aplikasi sudah lama tidak kamu pakai. Nanti, kamu bisa mengaktifkan kembali akses aplikasi tersebut.


Seperti sudah disebut di atas, ada banyak fitur baru di Android 11. Kalau kamu ingin melihat fiturnya secara lengkap, kamu bisa melihatnya di situs resmi Android.

    %d blogger menyukai ini: