Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Android 12L Resmi Meluncur, Nantinya Tersedia untuk Tablet dan Ponsel Lipat

Indri Penulis

Android 12L kini telah tersedia di ponsel Google Pixel. Sementara itu Android 12L untuk tablet dan ponsel layar lipat akan tersedia akhir tahun ini.

OS Android 12L resmi rilis tahun lalu. Nggak berselang lama atau tepatnya di bulan Oktober 2021, Google mengenalkan Android 12L lewat blog developer Android.

popculture.id

Android 12L sendiri merupakan fitur Android 12 yang memungkinkan aplikasi Android bisa tampak lebih baik jika digunakan di perangkat layar besar.

Berbulan-bulan melewati masa uji coba, kini Google mengumumkan jika fitur Android 12L sudah resmi tersedia untuk ponsel Google Pixel. Nggak cuma itu, Google juga membagikan detil lebih lanjut tentang Android 12L, termasuk cara kerja Android 12L untuk perangkat tablet dan ponsel layar lipat.

Jadi ada kejutan menarik apa yang disuguhkan di pembaruan Android 12L Maret ini? Pertama, Android 12L bisa membuat notifikasi terbagi menjadi dua bagian. Satu sisi untuk pengaturan cepat, sedangkan sisi yang lainnya untuk notifikasi. Tampilan ini akan memudahkan pengguna untuk melihat banyak notifikasi sekaligus.

Menu “Settings” alias “Pengaturan” juga hadir dengan UI baru. Tampilan baru ini memungkinkan pengguna beralih di antara berbagai pengaturan dengan mudah.

Seperti yang terlihat dalam gambar, pengguna bisa langsung menavigasikan menu Settings/Pengaturan sambil melihat preview di sampingnya. Beda dengan saat ini, di mana pengguna Android harus keluar masuk tampilan saat mereka menavigasikan tampilan.

Google juga turut menyoroti taskbar baru, yang bisa menampung hingga 6 aplikasi sekaligus. Tampilan seperti ini nggak cuma membuatnya mirip dengan Chrome OS, tapi juga membuat perangkat bisa lebih mudah melakukan banyak tugas. Selain itu, pengguna juga bisa menyeret aplikasi ke tampilan layar terpisah sambil menyesuaikan jendela.

Ya, sementara itu dulu model tampilan yang disajikan Android 12L saat ini. Google mengatakan kalau Android 12L akan diluncurkan ‘akhir tahun ini’ ke tablet dan perangkat layar lipat bikinan Samsung, Lenovo dan Microsoft.

    %d blogger menyukai ini: