Kirim SMS Lewat Komputer Dengan Aplikasi Pesan Android

kirim sms lewat komputer
Foto: Google

Aplikasi SMS alias aplikasi Android Message saat ini sudah berbeda dengan jaman dulu. Selain sudah mendukung mengirim berbagai berkas, baik multimedia maupun dokumen, sekarang kita sudah bisa kirim SMS lewat komputer.

Ya, kalau kamu ingat, sebelum ini kami pernah membahas kalau aplikasi pesan sudah seperti WhatsApp. Teknologi yang dipakai sekarang disebut dengan RCS (Rich Communication Service). Google, yang sejauh ini bingung sendiri dengan berbagai aplikasi pesannya (Hangout, Allo, dll), merangkul teknologi ini dan mengembangkannya lebih jauh.

Begitulah, sekarang kamu bisa kirim SMS lewat komputer. Hal ini membuat aplikasi Android Message menjadi cukup seimbang dari sisi fitur dengan aplikasi chatting lain, misalnya WhatsApp, Telegram, atau LINE.

Tapi bagaimana caranya?

Cara Memakai Aplikasi Android Message di Komputer
  1. Kamu harus memasang aplikasi Android Message dari Play Store.
  2. Buka messages.android.com dari browser di komputer.
  3. Di aplikasi Pesan Android, tekan tombol menu
  4. Pilih ‘Message untuk Web‘.
  5. Pindai QR code yang ada di halaman situs di browser. (boleh klik ‘Remember this computer’ kalau kamu memakai di komputer pribadi).
  6. Kamu sudah bisa kirim sms lewat komputer.
Android Message di browser

Pindai QR code untuk memakai Android MEssage di komputer

Bisa kamu lihat, prosesnya sama persis dengan menggunakan WhatsApp Web di komputer.

Mungkin yang perlu diingat adalah aplikasi yang dipakai adalah aplikasi SMS alias Android Message dari Google. Saya sudah mencoba dengan aplikasi SMS bawaan di handphone Huawei Nova 2 Lite. Tapi ternyata tidak bisa (atau mungkin belum).

Jujur, saya belum mencoba dan melihat biayanya. Karena sebagian percakapan saya dengan orang lain sudah berjalan melalui WhatsApp. Nanti artikel ini akan saya perbarui kalau saya sudah tahu lebih jauh.

Tapi justru inilah yang menjadi tantangan aplikasi pesan masa kini. Semua orang sudah terlanjur pindah menggunakan aplikasi lain. Seperti kita ketahui bersama, mengajak teman atau saudara pindah aplikasi itu tidak mudah. Perlu proses dan kejadian yang cukup besar (seperti BBM dan Blackberry dulu).

Yah, kalau kamu mau mencoba (atau alah sudah?) ya tidak apa-apa. Bagaimanapun, fitur bisa kirim SMS lewat komputer ini akan sangat membantu. Apalagi kalau kamu sedang sibuk di depan komputer. Ya kan?

UPDATE

Yup, ternyata SMS tetap memiliki tarif biasa. Begitu juga kirim SMS lewat komputer dengan aplikasi Android Message ini. Jadi… yah, memang kurang menggoda. Tapi tetap bisa berguna kalau diperlukan.

Ada komentar?