Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Apa itu Bypass Iphone, Keamanan dan Kekurangan untuk Kamu!

Apa itu Bypass Iphone

Apa itu bypass iPhone? Bagi para pengguna iPhone mungkin cukup familiar dengan istilah ini.

Terkadang kamu dapat menemukan bypass iPhone yang dijual di pasaran dengan harga yang berbeda dibanding iPhone pada umumnya, karena lebih terjangkau. 

Namun kamu jangan terburu-buru untuk membelinya. Artikel ini akan membahas tentang bypass iPhone, keamanannya, hingga kekurangannya untuk iPhone kamu. Simak pembahasannya sampai selesai, ya.


Pengertian Bypass iPhone

Apa itu Bypass Iphone

Bypass iPhone adalah metode atau teknik yang dilakukan seseorang untuk melewati aktivasi iCloud yang terkunci dengan memanfaatkan celah keamanan pada iOS di iPhone.

Pengertian iCloud sendiri adalah tempat atau layanan penyimpanan seluruh data berbasis cloud, meliputi email, lokasi pencarian perangkat yang hilang, sinkronisasi kontak, dan lain sebagainya.

Tidak hanya sekedar sebagai layanan penyimpanan biasa, iCloud sendiri juga merupakan suatu sistem keamanan.

Kamu membutuhkan password untuk dapat mengakses iCloud tersebut, sehingga jika iPhone hilang atau dicuri, orang yang menemukan membutuhkan kata sandi untuk mengakses iPhone tersebut.

Jika iPhone atau produk Apple lainnya hilang, kamu dapat memblokir iCloud agar seluruh data yang terdapat didalamnya tidak dapat diakses.

Tidak hanya data, bahkan perangkat yang terkunci iCloudnya tidak dapat berfungsi sesuai dengan kegunaannya.

Pihak Apple melarang dilakukannya bypass iPhone karena dianggap hal yang ilegal, dan sebagai suatu aktivitas pembobolan dari sistem keamanan iPhone.

Meskipun dilarang, namun bypass iPhone seolah saat ini menjadi hal yang sangat biasa dilakukan.

Umumnya orang yang melakukan bypass pada iPhone karena beberapa hal, seperti iPhone nya yang terkunci, dan hal lainnya yang mau tidak mau mengharuskan orang tersebut untuk melakukan bypass pada iPhone nya.

Baca Juga:  Kapasitas Baterai iPhone 14 Series Terungkap!

Terdapat berbagai macam metode dari bypass, namun teknik yang sering dilakukan yaitu dengan memanfaatkan celah keamanan yang terdapat di sistem iOS yang dimiliki iPhone.

Meskipun Apple menerapkan sistem keamanan yang baik, namun tetap terdapat celah bagi orang lain untuk menembusnya. Oleh karena itu, Apple melabeli bypass iPhone sebagai iPhone yang ilegal.

Keamanan Bypass iPhone

iPhone yang telah di bypass, berarti memiliki sistem yang tidak normal atau tidak utuh lagi. Sehingga masalah keamanannya pun tidak seperti iPhone pada umumnya. 

Metode bypass untuk membobol iPhone terdapat dua jenis, yaitu iPhone bypass tethered, dan iPhone bypass untethered. Perbedaannya terdapat pada sifat sistem keamanannya.

Untuk iPhone bypass tethered, pembobolan sistem keamanannya bersifat sementara. Sehingga jika iPhone di restart atau habis daya, maka kembali pada mode activation lock, dan iPhone perlu di bypass ulang.

Sedangkan untuk iPhone bypass untethered, memiliki pembobolan yang sistem keamanannya bersifat permanen. Jika iPhone mati daya maka tidak perlu dilakukan bypass ulang.

Namun saat ini Apple semakin canggih karena mengalami peningkatan dari berbagai sistem, khususnya keamanan.

Apalagi sistem operasi iOS terbaru membuat tingkat kesulitan orang untuk melakukan bypass menjadi semakin sulit.

Kekurangan dan Resiko Bypass iPhone

Setelah kamu mengetahui segala hal seputar bypass, kamu juga perlu untuk mengetahui kekurangan dan resiko dari bypass iPhone sebelum berniat untuk membelinya.

Salah satu hal yang menonjol seputar bypass iPhone adalah harganya yang lebih murah dibanding harga pasaran iPhone pada umumnya. Lalu apa saja kekurangan dari iPhone yang telah ter- bypass?

  • Kamu tidak dapat mengupdate iOS. Karena salah satu teknik bypass, yaitu dengan memanfaatkan sistem keamanan iOS. Sehingga jika kamu melakukan update iOS, maka secara otomatis kamu juga akan menghilangkan bypass dan iPhone akan kembali terkunci
  • Kekurangan selanjutnya, kamu tidak dapat dan tidak diperbolehkan untuk mereset iPhone. Karena iPhone yang di reset akan membuat program bypass menjadi error, sehingga tidak dapat bekerja kembali
  • Karena ilegal, maka iPhone yang menggunakan teknik bypass ini sangat rentan terhadap masalah keamanan dan privasi
  • Bukan hal yang tidak mungkin terjadi jika bypass iPhone sewaktu-waktu akan terkunci kembali, entah karena kesalahan penggunaan, atau metodenya yang sudah tidak bekerja lagi
Baca Juga:  Tips Memilih Wallpaper iPhone Untuk Depth Effect iOS 16

Sedangkan untuk resiko dari penggunaan bypas iPhone, yaitu:

  • iPhone kamu tidak dapat di update ke iOS terbaru
  • Tidak dapat login ke app store, sehingga kamu tidak bisa mengunduh berbagai macam aplikasi
  • Resiko mengalami No Service semakin besar, yaitu kesulitan untuk menerima sinyal dari SIM card
  • iPhone tidak dapat di reset menjadi setelan default atau seperti iPhone pada umumnya
  • Secara otomatis, iPhone akan ter jailbreak atau aplikasi dan fitur yang terdapat didalamnya dapat berhenti berfungsi, bahkan dapat mengakibatkan iPhone tidak dapat menyala
  • Kemungkinan kamu akan cukup sering mengalami stuck di activation lock

What’s Next

Setelah mengetahui apa itu bypass iPhone beserta kekurangan, resiko, hingga faktor keamanannya, apakah kamu tertarik untuk membelinya? Diharapkan setelah mengetahui hal tersebut, kamu dapat memikirkan kembali sebelum memutuskan untuk membeli iPhone hasil dari bypass, Jadi apakah kamu tertarik membelinya?

Tulis pertanyaanmu di kolom komentar, ya. Jika kamu memiliki topik lain untuk didiskusikan, kamu juga dapat menuliskan di kolom komentar agar kita dapat berdiskusi di kemudian hari.


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected]. Jangan lupa, ikuti kami di Google News.