Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Apa itu iPhone Refurbished, Rekondisi dan CPO?

gambar Apple iPhone 14 Pro vs 13 pro

Apa itu iPhone refurbished, rekondisi dan CPO? Apa kamu pernah mendengar istilah tersebut dan penasaran dengan artinya? Kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai ya.

Jika kamu ingin membeli iPhone, apalagi jika baru pertama kali menggunakan iPhone, kamu akan mengetahui perbedaan dan juga jenis dari iPhone refurbished.

Bagi pengguna baru iPhone beberapa istilah di bawah ini akan cukup membingungkan jadi setidaknya artikel berikut bisa menjadi salah satu panduan kamu. 

Apa itu iPhone Refurbished, Rekondisi, dan CPO

gambar iphone 12 mini ungu
Gambar: Apple

Kepopuleran iPhone saat ini semakin tak terbantahkan. Didukung dengan OS yang eksklusif yaitu iOS, membuat gadget ini menjadi lebih spesial.

Sedangkan dalam hal inovasi fitur dan produk, Apple berada beberapa langkah dibanding pesaingnya. 

Tidak hanya itu, desain yang elegan dan penggunaan material terbaik membuat iPhone semakin memiliki banyak peminat dan penggemar. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki iPhone, membuka peluang bagi banyak penjual iPhone tidak resmi untuk menjual berbagai iPhone dalam ragam kondisi.

Contohnya seperti black market yang memiliki harga jauh lebih terjangkau dibandingkan iPhone resmi. Selain itu, terdapat berbagai jenis istilah iPhone yang perlu kamu ketahui agar tidak salah memilih di kemudian hari.

Lalu apa itu iPhone refurbished, rekondisi dan CPO?? Apakah membeli iPhone tersebut berbahaya? Berikut ini adalah beberapa penjelasannya.

1. iPhone Refurbished/Rekondisi

svg%3E

Beberapa dari para penggemar gadget mungkin familiar dengan istilah rekondisi atau refurbished. Lalu sebenarnya apa itu iPhone rekondisi?

Refurbished memiliki arti diperbaharui. Tidak hanya pada iPhone, barang refurbished ini dapat kamu temukan di berbagai barang elektronik lain seperti laptop, printer, maupun HP lainnya.

Lalu jika kita ingin mengartikan iPhone refurbished, berarti iPhone tersebut telah diperbaharui. Secara singkat, iPhone refurbished merupakan iPhone bekas yang pernah dibeli secara resmi dan dimiliki oleh seseorang, lalu dikembalikan karena adanya kegagalan pada fungsi perangkat.

Istilah refurbished ini memiliki arti yang sama dengan rekondisi. iPhone rekondisi adalah iPhone yang rusak, lalu diperbaiki, kemudian dikemas ulang seperti iPhone baru pada umumnya. Lalu iPhone tersebut dijual dengan harga yang terbilang sangat terjangkau 

Baca Juga:  Fitur Paling Asik WWDC22: Copas Gambar ala Photoshop di iOS 16

Kemudian setelah iPhone tersebut diperiksa kondisinya apakah terdapat komponen yang rusak atau tidak. Jika ada bagian yang rusak, maka akan dilakukan penggantian sesuai komponen asli dari Apple.

Setelah seluruh permasalahan komponen telah diperbaiki, jika kondisinya telah layak untuk digunakan dan lolos tes standar pabrik, maka akan dijual kembali ke pasar dan akan diberikan label Refurbished.

Biasanya, hampir seluruh produk Apple yang merupakan barang refurbished akan diberikan tanda pada boxnya, yaitu “Certified Pre-Owned”. Lalu, yang biasanya dijadikan pertanyaan adalah, apakah iPhone refurbished awet?

Awet atau tidaknya kembali dari bagaimana kamu menggunakan iPhone itu sendiri. Tapi kamu perlu memperhatikan, dimana kamu akan membeli iPhone refurbished tersebut. Apakah di distributor resmi seperti iBox, atau tidak?

Karena jika kamu membeli iPhone refurbished diluar distributor resmi atau official store nya, maka iPhone tersebut tidak melewati tahap Quality Control atau tidak mengikuti prosedur sesuai produsen asli. 

Sehingga memiliki resiko kerusakan yang tinggi, dan biasanya kamu juga tidak akan mendapatkan jaminan garansi. Jika ada toko selain distributor resmi memberikan garansi, kurang lebih hanya sebulan saja.

Kamu juga hanya dapat mengirimkan dan memperbaiki iPhone sesuai dengan distributor yang disarankan penjual, bukan ke service center secara resmi.

Namun keuntungan dari barang refurbished ini adalah, harganya yang lebih terjangkau, dan memiliki selisih yang lumayan dari harga baru. Serta kualitas produk yang hampir mirip dengan iPhone baru.

Jenis iPhone Refurbished/Rekondisi

ios 16
Gambar oleh: Apple

Untuk kamu yang belum mengetahuinya, terdapat dua jenis iPhone rekondisi atau refurbished, yaitu:

1. iPhone Refurbished/Rekondisi Resmi Apple

Rekondisi jenis ini adalah iPhone yang dengan resmi di refurbished atau rekondisi oleh pihak Apple karena mengalami kerusakan maupun kegagalan fungsi.

iPhone yang memiliki kegagalan fungsi akan dirakit ulang dan dilakukan penggantian komponen yang rusak dengan komponen asli dari Apple, lalu dikemas ulang sesuai standar produksi Apple.

Sehingga dapat dikatakan bahwa iPhone rekondisi resmi Apple memiliki kualitas yang sama dengan produk iPhone baru yang diproduksi oleh Apple. Hal ini dikarenakan komponen yang digunakan adalah produk asli dari Apple. 

Jika kamu membeli iPhone rekondisi resmi Apple, maka tidak menjadi permasalahan. Karena kamu juga akan mendapatkan garansi yang resmi.

Baca Juga:  Mulus! iPhone 15 Pro dan Pro Max Bakal Hadir Tanpa Tombol Fisik

2. iPhone Rekondisi/Refurbished Non Resmi

svg%3E

Jenis ini serupa dengan iPhone yang direkondisi secara tidak resmi. Awalnya iPhone ini adalah iPhone resmi, namun terjadi kerusakan atau kegagalan fungsi lalu diperbaiki dan dikemas kembali seperti layaknya iPhone baru.

Namun jenis ini tidak dirakit ulang secara resmi oleh Apple, jadi pihak distributor lah yang memperbaikinya. Hal ini termasuk sebagai tindakan pemalsuan. Sehingga kamu perlu berhati-hati, ya kalau memilih iPhone rekondisi.

CPO (Certified Pre-Owned )

Certified Pre-Owned adalah iPhone refurbished resmi dan tersertifikasi karena diperbaiki, dirakit, dan dikemas oleh pihak Apple. Jadi iPhone yang sebelumnya telah digunakan orang akan dikembalikan ke Apple jika memiliki kerusakan atau kegagalan fungsi.

Pada iPhone CPO ini, setelah diperbaiki dan lolos kualitas standar dari Apple, maka dijual dengan box baru dan ditandai label CPO. Garansinya tentu resmi dari Apple, dan kualitasnya pun standar Apple.

Cara Membedakan iPhone Refurbished/Rekondisi, CPO, dan Baru

fitur ios 16
Gambar oleh: Apple

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk membedakan jenis iPhone bisa melalui kardus iPhone. Biasanya iPhone CPO berbeda dengan dus dari iPhone yang baru.

Jika iPhone CPO akan memiliki tulisan “Apple Certified Pre-Owned” di bagian depan. Hal kedua untuk membedakannya dapat kamu lihat dari perangkat iPhone itu sendiri.

Cek di bagian pengaturan/settings, kemudian pilih “general”, lalu “About and Model”. Jika kamu melihat terdapat seri bagian depan M, maka kode tersebut menunjukkan bahwa iPhone kamu adalah baru. Sedangkan kode huruf N adalah kode replacement unit. Serta kode F adalah iPhone refurbished bersertifikasi.

What’s Next

Mengetahui apa itu iPhone refurbished, rekondisi dan CPO dan cara membedakannya dengan iPhone baru penting untuk kamu ketahui. Karena terdapat refurbished/rekondisi yang resmi dan non resmi, sehingga kamu dapat menghindari iPhone yang non resmi.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau topik lain yang ingin didiskusikan, tulis di kolom komentar, ya. Agar kita dapat saling berdiskusi seputar topik yang kamu inginkan di kemudian hari.


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.