Mengenal Apa Itu Chromebook dan Perbedaan Dengan Laptop Biasa

acer chromebook
Gambar: Google
Anom Penulis

Saat mau membeli laptop baru, besar kemungkinan kamu bertemu dengan yang namanya Chromebook. Mungkin kamu kemudian bertanya, “Apa itu Chromebook? Apa perbedaannya dengan laptop biasa?” Berikut sedikit pembahasan soal itu.

Nama Chromebook sering muncul ketika kamu mencari laptop untuk pelajar atau yang punya harga lebih murah. Nama laptop jenis ini juga mungkin mengingatkan kamu pada browser buatan Google, Chrome. Yah, ada alasannya.

Apa itu Chromebook?

Chromebook adalah laptop yang memakai sistem operasi Chrome OS buatan Google yang berbasis Linux. Jadi bukan Windows (Microsoft) atau macOS (Apple).

Seperti kamu lihat nama sistem operasi ini berasal dari browser Chrome. Bahkan pada awal-awal kehadirannya, secara praktis sistem operasi ini “hanyalah” browser Chrome yang berjalan secara utuh di laptop. Sama seperti browser itu, sistem operasi ini juga punya versi open source bernama Chromium OS.

Karakteristik Chromebook

Ada beberapa karakteristik Chromebook yang membuatnya memiliki perbedaan dengan laptop biasa. Tentunya selain dari sisi sistem operasi di atas.

Google merancang Chrome OS sebagai sistem operasi yang sederhana. Walau banyak aplikasi di Chrome OS bisa kamu pakai secara offline, namun tujuan dasarnya adalah penggunaan berbasis internet dengan penyimpanan cloud.

Oleh sebab itu, Chromebook biasanya tidak memiliki spesifikasi tinggi. Hal ini pula yang menyebabkannya menjadi laptop dengan harga lebih terjangkau.

tampilan daftar aplikasi chrome os
gambar: Google

Secara umum, kamu bisa memakai Chromebook untuk aktivitas ringan, seperti mengolah dokumen, edit foto dan video standar, chatting dan video call/conference, dll. Sedangkan untuk pekerjaan berat yang membutuhkan power lebih, kamu harus memakai laptop Windows atau Macbook.

Jadi pendekatan Chromebook boleh kita katakan lebih mirip smartphone. Bahkan, sejak tahun 2017, Chromebook juga sudah bisa menjalankan aplikasi Android. Lalu, sama seperti di Android, kamu juga akan melihat banyak aplikasi Google di Chromebook.

Perangkat Chromebook

Seperti sudah disebut di atas, kesederhanaan Chromebook membuatnya menjadi laptop yang efisien dengan harga relatif lebih murah. Walau begitu, seiring dengan perkembangan teknologi, Chromebook pun memiliki pilihan perangkat yang cukup menarik.

ASUS Chromebook C214 dalam mode tenda

Misalnya salah satu pilihan menarik yang ada adalah laptop konvertibel. Misalnya ASUS Chromebook C12 atau Lenovo Chromebook 500e. Kesederhanaan sistem operasinya membuat Chromebook lebih “masuk akal” jika dipakai dalam mode tenda atau tablet.

Karakteristik sistem operasi yang ringan, bisa memakai aplikasi Android, dan harga yang terjangkau, membuat Chromebook cocok sebagai laptop bagi pengguna pemula atau sebagai laptop anak sekolah.

    %d blogger menyukai ini: