Tips Membeli Laptop untuk Pelajar Dengan Fitur dan Harga Sesuai

Apa saja yang harus dipertimbangkan ketika mau membeli laptop untuk pelajar atau anak sekolah? Mungkin itu pertanyaan yang banyak muncul ketika tahun ajaran baru mulai. Ijinkan kami memberi masukan beberapa tips soal itu.

Seringkali laptop pelajar disamakan dengan kategori laptop murah atau laptop pemula. Bisa kita maklumi, karena anak sekolah belum punya kebutuhan tinggi baik dari sisi perangkat keras dan lunak. Misalnya kalau dibandingkan dengan laptop gaming atau creator yang memberikan spesifikasi tinggi dan fitur banyak.

Tapi sekedar bicara laptop murah pun belum menyelesaikan masalah. Walau dana dan harga jadi pertimbangan nomor satu, ada fitur dan spesifikasi tertentu yang layak kita pikirkan. Rata-rata laptop pemula menawarkan spesifikasi yang hampir sama yang relatif terbatas.

Nah, apa saja spesifikasi dan fitur yang harus kita pertimbangkan waktu mau membeli laptop pelajar? Terutama kalau ada dana lebih untuk spesifikasi yang sedikit lebih tinggi.

RAM

RAM (random access memory) merupakan komponen yang menyimpan data dari aktivitas yang sedang berjalan secara tetap. Sehingga kamu bisa mengakses data aplikasi bersangkutan lebih cepat.

Jadi RAM berhubungan dengan kemampuan komputer mengolah aplikasi secara bersamaan. Misalnya membuka 10 tab browser dan aplikasi Microsoft Word.

RAM yang penuh itu baik, karena sistem menyimpan data supaya siap kamu gunakan. Komputer baru akan lemot ketika RAM mendapat data berlebih dan mengalihkan penyimpanan ke hard drive sebagai simulasi memori tambahan (sering disebut sebagai swap file).

Kebanyakan laptop pemula menawarkan RAM 4GB. Tapi kalau kamu menemukan laptop dengan RAM lebih (misal 8GB) dengan harga tidak jauh berbeda, pilihlah yang punya RAM lebih besar. Misalnya laptop HP 14s-dk1004AU.

hp 14s dk1004au

Penyimpanan SSD

Saat ini SSD sudah menjadi standar penyimpanan (hard drive). Penyimpanan tipe SSD ini memiliki keuntungan bila dibanding HDD (kamu bisa baca perbedaan SSD dan HDD). Untuk itu, sangat dianjurkan membeli laptop dengan penyimpanan SSD.

Harga SSD masih relatif lebih malah dari HDD. Oleh karena itu, dengan harga yang relatif sama, biasanya kapasitas HDD lebih besar dari SSD. Lalu bagaimana?

Yah, kebutuhan anak sekolah menyimpan data tidaklah sebesar seorang profesional. Jadi kemungkinan besar tidak ada masalah. Membeli hard drive eksternal tambahan bisa jadi solusi bila dibutuhkan.

Ukuran Layar

Ukuran layar juga menjadi salah satu faktor untuk dipertimbangkan. Kenapa? Alasan utamanya adalah mobilitas. Misalnya membawa laptop ke sekolah atau untuk kerja kelompok. Lalu, laptop berukuran kecil bisa dengan mudah dimasukkan di tas. Dengan begitu tidak mencolok dan lebih aman.

Untuk laptop pelajar, membeli yang berukuran 11,6 inci sampai 13 inci akan lebih ideal daripada yang berukuran besar. Kecuali kalau si anak sekolah sudah bisa lebih bertanggung jawab dengan laptop miliknya.

Prosesor

Laptop pemula biasanya menawarkan prosesor yang setipe. Misalnya Intel Celeron atau AMD Athlon. Yah, akan lebih baik kalau kamu bisa mendapat laptop Intel Core atau AMD Ryzen.

Hm, memang melakukan riset untuk prosesor bisa bikin pusing. Tapi kalau kamu bisa mendapat versi prosesor yang lebih baru, tentunya akan lebih baik. Karena teknologi yang dimilikinya lebih kekinian. Misalnya AMD Athlon Gold 3150u yang rilis Januari 2020 atau Intel Celeron N4500 yang rilis September 2020. Kamu bisa mencari di Google informasi ini.

Fitur Lain

Selain beberapa hal di atas, ada juga beberapa fitur yang bisa jadi pertimbangan tambahan.

Webcam

Walau pertemuan virtual secara online menjadi umum di era pandemi Covid-19, namun kegiatan ini akan lebih umum di masa depan. Oleh karena itu, webcam yang baik bisa jadi pertimbangan ketika membeli laptop pelajar.

Rata-rata laptop kelas pemula memiliki webcam dengan kualitas VGA. Tapi kalau kamu bisa menemukan yang memiliki kualitas HD, akan lebih bagus.

Dukungan Pena Stylus

Layar sentuh dan dukungan pena stylus sudah mulai banyak tersedia untuk laptop Windows. Beberapa laptop kelas pemula, sepeti ASUS BR1100, sudah memilikinya.

Tentu dukungan pena stylus di layar ini bisa memberikan keleluasaan tersendiri dalam pemakaian sehari-hari. Kalau ada yang punya fitur ini dengan harga terjangkau, kenapa tidak?

%d blogger menyukai ini: