Apa itu Podcast? Ini Penjelasan Mudahnya

rekaman suara
Foto: Jason Rosewell | Unsplash

Podcast. Mungkin kamu pernah atau sering mendengar istilah ini. Apalagi di era multimedia internet. Nah, kali ini kami akan membahas tentang apa itu podcast.

Mungkin kamu pernah melihat atau mendengar istilah ini di Youtube atau di Spotify. Mungkin juga kamu melihatnya di daftar aplikasi di bursa, seperti Google Play Store atau Apple App Store. Mungkin kamu merasa asing dengan istilah ini.

Pengertian Podcast

Cara paling mudah menggambarkan podcast adalah seperti siaran radio. Jadi sebuah siaran yang memiliki fokus pada konten audio alias suara. Ada penyiar yang berbicara β€” entah berbagi pengalaman atau mendiskusikan sesuatu β€” dan audiens (kita) mendengarkan konten yang mereka sampaikan.

Lalu apa bedanya? Begini. Siaran radio biasanya terjadwal. Kita harus mengikuti jadwal tersebut untuk bisa mendengarkan siaran. Sedangkan podcast terdiri dari berbagai episode yang bebas kita pilih dan kita dengarkan kapan pun.

membuat podcast
Merekam podcast (Foto: CoWoman | Unsplash)

Ya, podcast juga termasuk konten streaming, seperti video YouTube, video berdasar permintaan di Netflix, lagu di Spotify, dll. Mungkin kalau dari sisi teknologi internet (streaming), untuk bisa menggambarkan apa itu podcast, boleh lah disebut sama seperti lagu di Spotify atau audiobook.

Istilah podcast sendiri disebut berasal dari gabungan kata “iPod” dan “broadcast“. Yah, saat istilah ini lahir, iPod memang menjadi perangkat audio player populer. Tidak heran, beredar isu bahwa Apple mempermasalahkan hal itu. Namun, pada November 2006, Apple menyatakan bahwa mereka tidak keberatan dengan istilah podcast yang merujuk sebagai layanan siaran audio.

Mendengarkan Podcast

Mungkin ada yang sedikit bingung, kenapa di era yang banyak video menarik β€” baik YouTube maupun Instagram β€” ada yang mau mendengarkan siaran yang hanya sebatas suara.

Sebenarnya jawabannya sama seperti kalau kamu bertanya “Kenapa orang mendengarkan siaran radio?”. Kamu yang mengendarai mobil pasti cukup sering mendengarkan radio. Ya, obrolan di radio, walau hanya suara, tidak kalah menghibur daripada video YouTube atau Instagram. Apalagi transfer data suara lebih kecil dari video.

mendengar podcast di iphone
Mendengar podcast di iPhone (Foto: iphonehacks.com)

Di mana dan bagaimana kalau mau mendengar podcast? Hm, ini masalah sepele. Kamu bisa mendengarkannya lewat komputer maupun smartphone.

Ada banyak layanan dan aplikasi yang menyediakan podcast dari berbagai kreator konten. Mulai dari Apple Podcast, Google Podcast, Spotify, SoundCloud, bahkan YouTube. Ada juga yang menyediakan layanan untuk membuat dan mendengar sekaligus seperti Anchor.

Di sana, kamu bisa memilih kanal dan episode dengan tema yang menarik bagi kalian. Tapi, tidak semua layanan itu memiliki konten atau kreator dari Indonesia. Kalau kamu ingin mendengarkan podcast Indonesia, kamu bisa menemukannya di Spotify, SoundCloud, atau YouTube.

Yah, itulah sekilas pembahasan mengenai apa itu podcast dan di mana bisa mendengarkannya. Semoga bisa membantu kalau kebetulan kamu belum begitu kenal dengan istilah ini.