Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE

Apa itu True Tone iPhone, Pengertian Cara Mengaktifkan dan Detail Lainnya!

Apa itu True Tone iPhone

Apa itu true tone iPhone? Bagi para pengguna Apple khususnya iPhone, apakah kamu sudah familiar dan mengerti dengan istilah tersebut?

Kali ini, kami akan membahas tentang apa itu true tone iPhone, serta beberapa hal lain seputar topik tersebut. Jadi, baca sampai selesai untuk menambah pengetahuanmu, ya!

Setelah membaca artikel ini pastikan juga mendapatkan beberapa informasi berkaitan dengan true tone iPhone yaa!


Solusi Cepat

True tone adalah fitur sensor layar yang dapat menyesuaikan kecerahan layar iPhone dengan lingkungan sekitarmu. Kamu bisa mengaktifkan True tone iPhone lewat Pusat Kontrol atau Halaman Pengaturan.


Apa itu True Tone iPhone?

Bagi penggemar iPhone mungkin sudah tidak asing dengan istilah apa itu true tone iPhone. Fitur teknologi satu ini muncul pertama pada produk Apple, yaitu iPad Pro di tahun 2016, dan diintegrasikan dalam barisan iPhone mulai dari iPhone 8.

True tone adalah salah satu fitur pada tampilan yang menggunakan teknologi sensor dengan menyesuaikan antara kecerahan layar iPhone kamu dengan lingkungan yang sedang kamu tempati.

Sehingga true tone dapat berguna untuk membuat mata kamu lebih nyaman ketika melihat layar. Sehingga jika kamu sedang berada di outdoor dalam keadaan panas terik, maka layar akan menjadi cerah sesuai dengan tempatmu berada.

Secara singkat, true tone yang menyala secara default menggunakan sensor canggih agar dapat menyesuaikan warna dengan cahaya sekitar. Jadi gambar yang tampak pada layar terlihat lebih alami.

Jadi tidak heran bukan, jika Apple mengklaim bahwa mereka akan terus menjaga warna dan intensitas agar selalu konsisten, dan menyesuaikan kondisi pencahayaan sekitar.

Cara Mengaktifkan True Tone iPhone

True tone di iPhone adalah fitur yang menarik, jika pada Android fitur ini terbilang sederhana namun berbeda dengan iPhone atau produk Apple lainnya. Karena pada produk Apple, fitur ini terlihat eksklusif.

Terdapat dua cara agar kamu dapat mengaktifkan true tone di iPhone. Pertama kamu dapat mengaktifkannya melalui pusat kontrol, dan yang kedua adalah melalui pengaturan. 

1. Mengaktifkan True Tone iPhone Lewat Pusat Kontrol

Untuk cara mengaktifkan true tone yang pertama, kamu dapat menggunakan bantuan dari pusat kontrol di iPhone. Berikut cara untuk mengaktifkannya:

  1. Buka terlebih dahulu akses “Pusat Kontrol” di iPhone kamu, lalu tahan lama pada bagian “Kecerahan Layar”
  2. Kemudian kamu dapat langsung mengaktifkannya melalui opsi “True Tone”. Jika sebelumnya bertuliskan “Off”, maka kamu dapat menekannya hingga tampil tulisan “On”.

2. Mengaktifkan True Tone iPhone Lewat Pengaturan (Settings)

Selain melalui Pusat Kontrol, kamu juga bisa mengaktifkan true tone di iPhone lewat halaman Settings (Pengaturan). Langkah mengaktifkan true tone lewat pengaturan adalah:

  1. Buka pengaturan pada iPhone kamu
  2. Kemudian pilih opsi “Tampilan & Kecerahan”
  3. Lalu kamu dapat memilih True Tone

Penyebab True Tone iPhone Mati

Fitur true tone pada iPhone sama pentingnya dengan face ID. Umumnya jika fitur ini bermasalah, maka para pengguna iPhone akan sama paniknya dengan fitur face ID yang tidak dapat digunakan lagi.

Karena true tone pada iPhone dapat menentukan apakah LCD yang digunakan original atau tidak, maka kamu perlu mengetahui apa saja penyebab dari true tone iPhone yang mati.

1. Hardware yang Bermasalah

Penyebab pertama adalah iPhone yang kamu miliki bermasalah. Seperti iPhone pernah terjatuh atau terbentur khususnya pada bagian layar. Hal ini menyebabkan true tone menjadi mati.

2. Software yang Bermasalah

Selain hardware, software pun dapat menjadi penyebab dari true tone yang mati. Biasanya true tone yang tidak dapat diaktifkan disebabkan karena true tone tersebut bukan fitur yang asli. Sehingga tidak dapat berfungsi secara normal dengan iOS.

3. Fitur True Tone yang Belum Aktif

Penyebab lainnya, karena fitur true tone yang belum kamu aktifkan. Jika kamu mengatur true tone tidak aktif atau “Off”, maka tentu saja true tone akan menjadi tidak aktif. Karena fitur ini bukan merupakan fitur yang aktif secara otomatis.

Untuk cara mengetahuinya, kamu dapat mengaktifkannya melalui pusat kontrol maupun pengaturan yang telah dijelaskan sebelumnya.

4. Update iOS yang Gagal

Jika kamu gagal untuk mengupdate iOS, dapat mengakibatkan software menjadi bermasalah. Sehingga berdampak pada true tone yang tidak berfungsi. 

Jika update iOS gagal, tidak hanya fitur true tone yang bermasalah, namun ada kemungkinan software lainnya juga menjadi bermasalah.

5. iPhone Error

Terkadang fitur true tone tidak dapat berfungsi atau mati karena iPhone kamu mengalami error akibat pemakaian yang terlalu sering. Sehingga kamu dapat melakukan reboot atau restart iPhone terlebih dahulu.

What’s Next

Akhirnya sekarang kamu sudah tahu apa itu true tone iPhone. Jadi kamu dapat mengatur, menyesuaikan, mengaktifkan hingga menonaktifkan penyesuaian warna layar dengan kondisi pencahayaan di sekitarmu.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau topik lain yang ingin didiskusikan, tulis di kolom komentar, ya. Agar kita dapat saling berdiskusi seputar topik yang kamu inginkan di kemudian hari.


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected]. Jangan lupa, ikuti kami di Google News.