Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Apa Itu WhatsApp GB? Manfaat dan Bahayanya Lebih Banyak Mana?

apa itu whatsapp gb
Sumber: Zulu
Indri Penulis

Penasaran nggak sih, kira-kira apa itu WhatsApp GB? Lalu antara manfaat dan bahayanya, kira-kira lebih banyak yang mana ya?

WhatsApp adalah aplikasi chat online terpopuler di dunia. Sebagai raksasa aplikasi chat online, sudah jelas kalau aplikasi ini punya segudang fitur untuk memanjakan pengguna.

Apa saja contohnya? Yah WhatsApp menawarkan fitur standar seperti mengirim chat personal/grup, dan melakukan panggilan telepon/video. Sedangkan fitur spesial lainnya ada Status, Komunitas, dll.

Walaupun sudah dianggap aplikasi dengan fitur lengkap, tapi nggak sedikit orang yang masih belum puas dengan WhatsApp. Makanya mereka mencari aplikasi mod WhatsApp, yang fitur-fiturnya lebih lengkap dari WhatsApp.

WhatsApp GB adalah aplikasi yang banyak dilirik orang. Aplikasi ini diklaim jauh lebih lengkap dari WhatsApp. Nah buat kamu yang penasaran apa itu WhatsApp GB, saya akan menguliknya secara tuntas di sini.

Apa Itu WhatsApp GB? Kenapa Banyak Dipakai Orang?

WhatsApp GB atau GB WA adalah mod aplikasi WhatsApp. Mod ini menawarkan banyak fungsi dan fitur yang tidak dimiliki aplikasi WhatsApp asli.

Apa saja fitur WhatsApp GB yang tidak dimiliki WhatsApp? Banyak lho. Di WhatsApp GB kamu bisa menikmati fitur balasan otomatis, opsi pribadi, mengubah tema dan font, dll.

Sumber: Vetonreqica

Untuk lebih jelasnya tenang fitur-fitur WhatsApp GB, kamu bisa baca artikel “GBWhatsApp, Aplikasi Unnofficial Tawarkan Segudang Fitur.”

Yap, WhatsApp GB memang mampu menyajikan berbagai fitur spesial yang tidak ada di WhatsApp asli. Makanya nggak heran kalau banyak orang sangat menyukai WhatsAPP GB.

Baca Juga:  6 Update Baru yang Diboyong WhatsApp untuk Fitur Pesan Suara

Nah karena WhatsApp GB adalah aplikasi mod, kira-kira aman nggak sih? Yuk, kita ulik lebih dalam lagi soal WhatsApp GB!

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan WhatsApp GB

1. Kelebihan Menggunakan WhatsApp GB

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan WhatsApp GB. Keuntungannya, jelas kamu bisa mencicipi fitur yang tidak ada di aplikasi WhatsApp asli

apa itu whatsapp gb
Sumber: Information Security Newspaper

Ini dia beberapa kelebihan menggunakan WhatsApp GB:

  • Bisa menggunakan WhatsApp ganda di perangkat yang sama.
  • Bisa mengatur balasan otomatis seperti di akun WhatsApp Business.
  • Bisa mengunci obrolan satu per satu.
  • Aplikasi ini menyajikan berbagai pilihan privasi yang lebih lengkap.
  • Aplikasi ini menyajikan opsi obrolan lainnya yang lebih lengkap.
  • Bisa mengunduh status WhatsApp orang lain.
  • Bisa menyembunyikan centang ganda dan centang biru.
  • Bisa menyembunyikan status terakhir terlihat untuk kontak tertentu.
  • Bisa bikin nama grup dengan lebih dari 35 karakter.
  • Bikin siaran hingga 600 kontak, bukan 250.
  • Bisa mengirim file APK ke orang lain.
  • Bisa mengirim 90 gambar sekaligus, bukan cuma 10 gambar.
  • Bisa menyesuaikan ikon dan tema aplikasi.

2. Kekurangan Menggunakan WhatsApp GB

Selain menawarkan berbagai kelebihan, WhatsApp GB juga punya beberapa kekurangan yakni diantaranya:

  • Aplikasi ini ilegal untuk digunakan.
  • Menggunakan server yang nggak jelas dan belum tentu aman.
  • Akun bisa di-banned WhatsApp kapan saja.
  • Hadir dengan opsi obrolan palsu yang bisa menyesatkan siapa pun.

Apakah WhatsApp GB Aman Digunakan?

Sampai sekarang tidak ada yang bisa menjamin apakah WhatsApp GB aman dipakai atau tidak. Tapi karena aplikasi ini menggunakan server yang tidak dikenal, berarti soal keamanan patut dipertanyakan.

Manfaat dan Bahaya WhatsApp GB, Lebih Banyak Mana?

Kalau melihat daftar yang saya sebutkan di atas, jelas manfaat WhatsApp GB lebih banyak. Apalagi mayoritas fitur-fitur di atas sampai sekarang belum ada di WhatsApp.

Baca Juga:  Fitur Reaksi Pesan WhatsApp Mulai Diluncurkan ke Beberapa Pengguna Beta

Baru ada satu fitur saja yang sedang dipersiapkan WhatsApp. Yakni fitur untuk menyembunyikan status dilihat untuk kontak tertentu. Kemungkinan seiring berjalannya waku, fitur-fitur lainnya juga akan hadir di WhatsApp asli.

apa itu whatsapp gb
Sumber: Techzim

Tapi.. Sebanyak apapun keuntungan yang disajikan WhatsApp GB, sebenarnya masih banyak kerugiannya. Kenapa begitu? Karena akunmu bisa diblokir permanen oleh WhatsApp sewaktu-waktu.

Jadi fitur-fitur di atas saya rasa tidak akan ada apa-apanya. Apalagi kalau sampai kamu sudah diblokir oleh pihak WhatsApp.

Akhir Kata

Baiklah itu dia penjelasan lengkap soal apa itu WhatsApp GB, lalu perbandingan manfaat dan bahayanya. Sebenarnya semua terserah kamu, mau pakai WhatsApp GB atau tidak.

Ya kalau dilihat dari fiturnya, jelas WhatsApp GB memang lebih lengkap dari WhatsApp. Soalnya kamu bisa mencicipi fitur-fitur canggih yang sampai sekarang belum dimiliki WhatsApp.

Tapi kalau dilihat dari segi keamanannya, WhatsApp GB mungkin belum bisa dipercaya 100%. Apalagi dia adalah aplikasi mod, yang artinya WhatsApp GB tidak dibuat oleh developer resmi WhatsApp.

Tidak ada jaminan pasti terhadap data-data pribadimu yang dimasukkan ke dalam WhatsApp GB. Nah sekarang tinggal kamu, apakah kamu tetap ingin pakai WhatsApp GB atau sebaliknya?

Jika kamu ingin masukan, kritik atau saran terkait artikel ini, kamu bisa sampaikan ke email [email protected] Atau kamu juga bisa meninggalkan pesan cinta di kolom komentar. ^_^


Oya, jangan lupa baca juga artikel seru seputar WhatsApp lainnya di Urbandigital. Seperti artikel seputar kabar terbaru, tutorial, fitur unik, dll dari Indri. Jangan sungkan juga untuk meninggalkan komentar di artikel saya atau teman-teman yang lain.


Sumber:

  • Apa Itu WhatsApp GB – https://mobiletrans.wondershare.com/whatsapp/what-is-gbwhatsapp.html#:~:text=GBWhatsApp%20APK%20is%20a%20highly,alter%20themes%20and%20fonts%2C%20etc.
  • Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan WhatsApp GB – https://digitalbachat.in/how-tos/gb-whatsapp-safe-or-not/