Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Apa Yang Hilang Saat Melakukan Instalasi Windows 10?

Anom Penulis

Setelah Windows 10 resmi diumumkan tanggal rilisnya, mungkin ada di antara kalian yang mempertimbangkan untung-rugi melakukan instalasi sistem operasi terbaru itu. Upgrade ke Windows 10 jelas menguntungkan. Tapi tidak ada salahnya juga mengenali apa yang hilang saat melakukan instalasi Windows 10.

Sebelumnya mari membahas kenapa ada yang hilang saat melakukan instalasi Windows 10. Walau sebuah perangkat lunak atau perangkat keras memenuhi spesifikasi minimum Windows 10, belum tentu sesuai dengan upgrade tersebut. Perangkat lunak dan perangkat keras memiliki faktor lain yang berhubungan dengan relevan atau tidaknya upgrade. Misalnya, sebuah layanan sudah tidak meneruskan dukungannya, atau sudah ada layanan pengganti lain yang sejenis. Bisa juga alasannya begitu sederhana, sesederhana: ‘Sudah nggak jaman’.

popculture.id

Microsoft sudah mengumumkan beberapa hal yang akan hilang atau dihapus saat kita melakukan upgrade dari Windows 7 atau Windows 8/8.1 ke Windows 10.

  • Kalau kamu punya Windows 7 Home Premium, Windows 7 Professional, Windows 7 Ultimate, Windows 8 Pro with Media Center, atau Windows 8.1 with Media Center, dan kamu melakukan instalasi Windows 10, maka Windows Media Center akan dihapus/hilang.
  • Menonton DVD membutuhkan perangkat lunak terpisah.
  • Windows 7 Desktop Gadget akan dihapus seiring instalasi Windows 10.
  • Nantinya, pengguna Windows 10 Home akan mendapat pembaruan dari Windows Update secara otomatis dan langsung saat update tersedia, sedangkan pengguna Windows 10 Pro dan Enterprise bisa menunda instalasi update tersebut.
  • Permainan Solitaire, Minesweeper, dan Heart yang ada di Windows 7 akan dihapus saat instalasi Windows 10. Microsoft sudah merilis versi terbaru, yaitu ‘Microsoft Solitaire Collection’ dan ‘Microsoft Minesweeper’.
  • Kalau kamu punya USB Floppy Drive, kamu harus melakukan instalasi driver terbaru dari Windows Update atau dari situs manufaktur yang bersangkutan.
  • Kalau kamu punya Windows Live Essential di dalam sistem, aplikasi OneDrive akan dihapus, dan diganti dengan versi inbox OneDrive (kurang jelas juga apa maksudnya dengan ini).

Beberapa hal yang akan hilang di tahap awal ini kelihatannya tidak akan terlalu mengganggu. Sebagian karena jarang digunakan di Indonesia, sebagian karena sudah ada penggantinya, dan sebagian lain mudah didapat. Jadi, keep calm and carry on.

Sumber: Microsoft

    %d blogger menyukai ini: