4 Rekomendasi Aplikasi Absensi Online untuk Perusahaan dan Sekolah

Indri Penulis

Rekomendasi aplikasi absensi online saat ini banyak dicari orang. Apalagi buat mereka yang mungkin malas absen di kantor langsung, aplikasi semacam itu bakal jadi solusi jitu buat banyak orang.

Zaman sudah semakin canggih, dan absensi pakai kertas alias dengan cara ‘contreng-mencontreng’ (seperti waktu sekolah dulu) kini sudah mulai ditinggalkan. Bahkan berbagai perusahaan, sekolah atau instansi pemerintahan sudah mulai beralih menggunakan mesin absensi elektronik.

Memang sih, pemakaian mesin absensi elektronik bakal bikin kegiatan absen jadi lebih keren. Tapi kelemahannya, kamu harus datang tepat waktu ke kantor/sekolah untuk bisa absen. Selain itu, harga mesin absensi elektronik juga terbilang mahal.

Nah buat kamu yang malas absen di kantor/sekolah, atau mungkin enggan membeli mesin absen elektronik, ada solusi jitu nih. Kamu bisa pakai aplikasi absensi online. Lewat aplikasi tersebut, kamu bisa melakukan absen lewat ponsel. Beberapa aplikasi absensi online bahkan bisa digunakan untuk hal lain seperti mengajukan cuti dan penggajian lho. Tambah seru kan?

Oke, tanpa berlama-lama lagi, saya bakal kasih rekomendasi aplikasi absensi online buat kamu. Capcuss!

SmartPresence

Aplikasi yang pertama ini cocok dipakai untuk perusahaan, sekolah atau bahkan instansi pemerintahan. Sebagian besar fiturnya hampir sama dengan aplikasi-aplikasi absen lainnya.

Sumber : App Store

Tapi ada satu fitur unik yang dimiliki oleh SmartPresence, apalagi kalau aplikasi ini dipakai untuk keperluan sekolah. Aplikasi ini tak hanya bisa diakses oleh guru atau siswa, tapi orang tua siswa juga bisa mengaksesnya. Dengan begitu, orang tua benar-benar bisa mengontrol anaknya, apakah mereka benar-benar pergi ke sekolah (alias bolos atau nggak) dan tepat waktu atau tidak.

KaryaOne

Sekarang kita bertemu dengan aplikasi kedua, KaryaOne. Aplikasi yang kedua ini dirancang khusus untuk karyawan perusahaan.

Sumber : PriceBook

Lantas, apa yang bikin aplikasi ini istimewa? KaryaOne mampu menawarkan kemudahan dalam mengelola absensi karyawan. Pasalnya, semua data dari mesin absensi seperti Radio Frequency Identification dan fingerprint bakal diimpor otomatis. Menariknya, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mengajukan cuti dan penggajian lho.

Benar-benar menarik dan efisien kan?

Hadirr

Malas absen di kantor? Tenang, kamu bisa pakai aplikasi Hadirr. Lewat aplikasi ini, kamu nggak perlu repot-repot melakukan absen di kantor.

Sumber : Hadirr

Kamu bisa absen di lokasi manapun guys! Tapi dengan satu catatan, lokasi tersebut harus sudah disetujui lewat ponsel masing-masing karyawan. Misalnya salah satu lokasi yang sudah disetujui adalah tempat parkir perusahaan, kamu bisa saja absen saat masih di sana (alias saat belum masuk ke dalam kantor). Psst.. Fitur ini cocok banget buat karyawan yang sering mepet masuk kantor.

Di sisi lain, aplikasi ini juga sudah mendukung fitur Global Positioning System (GPS). Berkat dukungan ini, pemimpin perusahaan bisa melihat kehadiran setiap karyawan, di manapun mereka berada.

Sleekr

Sumber : PriceBook

Aplikasi yang terakhir ini juga didesain khusus untuk perusahaan. Sleekr bisa dipakai oleh HR Manager Keuangan atau HR Admin, dalam mengelola absensi karyawan dan gaji secara praktis. Sementara untuk karyawan, mereka bisa mengetahui dan mengontrol absensi sampai mengajukan cuti tahunan dalam satu aplikasi.

Praktis banget kan?

    %d blogger menyukai ini: