Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

6 Aplikasi Alternatif Canva dengan Fitur yang Nggak Kalah Keren

gambar ilustrasi aplikasi canva
Indri Penulis

Kamu cari aplikasi alternatif Canva? Kalau iya, berikut beberapa rekomendasi aplikasi serupa Canva dengan fitur yang nggak kalah keren.

Canva terkenal sebagai aplikasi desain sejuta umat. Kenapa begitu? Soalnya orang yang nggak punya kemampuan desain pun, bakal langsung bisa bikin desain dari Canva. Sebab Canva punya banyak template. Jadi tinggal pilih template, utak-atik sendikit, dan desain langsung bisa dipakai.

Aplikasi Alternatif Canva

Tapi selain Canva, ada juga beberapa aplikasi lain yang nggak kalah keren dan punya fitur serupa. Mungkin kamu bisa coba beberapa aplikasi pengganti Canva yang saya rekomendasikan berikut ini.

Adobe Express

Adobe Express bakal memudahkan kamu untuk mengedit gambar pakai ribuan template cantik. Adobe Express juga punya berbagai aset konten buat media sosial, pembuatan logo, dan masih banyak lagi.

Untuk tools-nya sendiri, Adobe Express menyajikan tools untuk menghapus latar belakang, bikin teks animasi, dll.

Sumber: Adobe Express

Satu lagi yang nggak kalah menarik dari Adobe Express. Kamu bisa menggunakan seluruh koleksi foto bebas royalti dari Adobe Stock di Adobe Express. Selain itu, kamu juga dapat memakai Adobe Font sepuasnya di aplikasi ini.

Adobe Express bisa kamu pakai secara gratis. Di versi gratisan kamu bisa menikmati ribuan template unik, aset desain, dan Adobe Font.

Kamu juga bisa menggunakan foto bebas royalti Adobe Stock dalam jumlah terbatas, tools editing dasar, fitur edit foto termasuk hapus latar belakang dan animasi, plus 2GB penyimpanan.

Ada juga paket berlangganan seharga $9,99/bulan. Di paket ini kamu bisa menikmati lebih dari 20.000 Adobe Font berlinsensi, lebih dari 160 juta foto bebas royalti Adobe Stock, fitur premium, plan, penjadwalan, dukungan ekspor file, dan 100GB penyimpanan.

Microsoft Designer

Dari fitur dan tampilannya, Microsoft Designer sekilas terlihat mirip seperti Canva. Aplikasi ini memungkinkan kamu buat bikin postingan media sosial, poster, thumbnail YouTube, dll. Yah, sama seperti Canva kan?

gambar soal memulai desain di microsoft designer
Sumber: Microsoft

Terus apa yang unik dari Microsoft Designer? Aplikasi ini sudah didukung teknologi AI tercanggih salah satunya DALL-E 2. Teknologi AI Microsoft Designer bakal memudahkan kamu dalam mendesain.

Baca Juga:  5 Aplikasi Android untuk Membuat Poster Terbaik Saat Ini

Contohnya saat mau mulai mendesain, kamu nggak perlu repot memilih template. Ketik saja deskripsi yang mau kamu buat, dan biarkan AI menawarkan pilihan desainnya.

Baru setelah itu, kamu bisa tambahkan beberapa elemen seperti teks, gambar lain, dll. Aplikasi ini bakal mencocokkan semuanya secara otomatis.

Kalau memang seperti yang dijanjikan, maka Designer bisa menjadi aplikasi alternatif Canva yang unik dan menggebrak.

Sayangnya Microsoft Designer adalah aplikasi yang baru diumumkan Microsoft beberapa waktu lalu. Jadi masih dalam uji coba dan belum tahu kapan tersedia untuk umum.

Snappa

Nggak berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya, Snappa bisa membantumu desain gambar sesuai platform. Aplikasi ini sudah menyediakan template dimensi gambar sesuai platform seperti Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, dll.

Sumber: Snappa

Selain itu, Snappa juga menyediakan template desain siap pakai. Layaknya Canva, kamu cuma perlu memilih template yang sudah ada. Nah nanti kalau sudah jadi, kamu bisa edit sedikit desainnya seperti menambahkan teks, mengubah gambar, dll (sifatnya opsional sih kalau ini).

Snappa hadir dengan 3 paket berlangganan yakni:

  • Starter: Fasilitas 1 pengguna, 6.000+ template, 5 juta lebih foto dan grafik, 3 unduhan per bulan.
  • Pro ($10/bulan): Fasilitas 1 pengguna, 6.000+ template, 5 juta lebih foto dan grafik HD, unlimited download/bulan.
  • Team ($20/bulan): Fasilitas 5 pengguna, 6.000+ template, lebih dari 5 juta foto dan grafik HD, unlimited download, integrasi sosial media, kustom font upload, remove latar belakang, dan tentunya dukungan kolaborasi tim.

VistaCreate

VistaCreate bisa membantumu bikin desain profesional. Kalau pun kamu nggak punya kemampuan desain, itu nggak masalah. Soalnya kamu bisa pakai salah satu dari 70.000+ format desain template yang tersedia. Aplikasi ini juga bakal membantumu desain gambar sesuai format platform (contohnya Facebook, Instagram, YouTube, dll).

Sumber: VistaCreate

Kamu bisa pakai VistaCreate secara gratisan. Di versi gratisan ini kamu bisa menikmati 75.000 lebih template desain, 1 juta lebih foto, video dan vektor, Brand Kit (warna, logo dan font), gratis font, musik, animasi, latar belakang, dll, gratis 10GB penyimpanan, dan direct posting ke media sosial.

Ada juga paket Pro seharga $10/bulan. Di paket ini kamu bisa menikmati fitur hapus latar belakang, 70 juta lebih foto, video dan vektor, tim akun, Brand Kit tanpa batas, penyimpanan tanpa batas, fitur mengubah resize, pembuat stiker, dll.

Visme

Visme cocok buat para pebisnis. Karena aplikasi akan membantumu bikin desain presentasi kelas profesional, dokumen, visualisasi data, grafik media sosial, video, bahkan gambar rangka dan Mockup. Kamu bisa mengedit desain dari nol, atau menggunakan bantuan template yang tersedia di sana.

Sumber: Visme

Visme hadir dengan beberapa paket berlangganan yakni:

  • Free: 100MB penyimpanan, template dan aset terbatas, Regular Support.
  • Personal ($12.25/bulan): 250MB penyimpanan, akses tanpa batas ke semua template dan aset, unduh gambar sebagai JPG, PNG dan PDF, serta 24/7 email dan Chat Support.
  • Business ($24.75/bulan): 3GB penyimpanan, full opsi unduh termasuk PPTX, HTML5, Video dan GIF, Brand Kit, Analytics, dan kontrol privasi.
  • Teams (contact sales): 10 – 25GB penyimpanan/pengguna, kustom sub-domain, dukungan kolaborasi tim, keamanan akun, training dan orboarding, dll.

Stencil

Sebagai alternatif Canva, aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan yang lain. Kamu bisa mendesain gambar dari nol atau pakai template yang sudah tersedia.

Untuk fasilitas lainnya, kamu bisa menikmati 5 juta lebih akses foto bebas royalti, lebih dari 1.350 template, bisa unggah dan simpan banyak logo, share ke media sosial, mengunggah font-mu sendiri, dll.

Baca Juga:  5 Hal Penting Dalam Membuat Logo Secara Online

Stencil hadir dalam 3 varian paket yakni:

  • Free: Simpan 10 gambar/bulan, foto terbatas, ikon terbatas, unggah maks. 50 gambar, bikin maks. 10 koleksi, unggah ke Instagram 10 kali/bulan.
  • Pro ($9/bulan): Simpan 50 gambar/bulan, 5 juta lebih foto, 3,1 juta lebih ikon dan grafik, lebih dari 1.350 template, lebih dari 5.200 Google Fonts, Font Upload, dukungan Premium, unggah sampai 250 gambar, bikin maks. 25 koleksi, 25 kali posting Instagram/bulan.
  • Unlimited ($12/bulan): Akses semua fitur Pro, simpan gambar unlimited, unggah gambar unlimited, bikin koleksi unlimited, 100 kali posting Instagram/bulan.

Itulah beberapa aplikasi alternatif Canva yang bisa kamu pakai. So, kamu udah tentukan pilihan mau pakai aplikasi yang mana?