3 Aplikasi Alternatif Microsoft Visio

Visio

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit tentang Microsoft Visio, Microsoft Visio sendiri adalah sebuah tool yang sering digunakan para profesional untuk membuat diagram.

Memiliki 70 template dan 4 ribu bentuk unik, membuat semua orang lebih mudah untuk menampilkan informasi visual melalui Microsoft Visio.

Dengan Microsoft Visio kamu bisa menggunakannya untuk berbagai hal, yaitu semacam membuat diagram bisnis, diagram proses, bagan alur, denah lantai, dan tentunya masih banyak lagi.

Sebanding dengan kegunaannya, software yang satu ini memang dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Dimulai dari biaya penggunaan Visio yaitu sekitar Rp.75.000/bulan, Visio Standar mulai sekitar Rp. 4,5 juta dan Visio Premium yaitu dengan harga mulai Rp.15 juta.

Benar-benar harga yang cukup mahal bukan untuk sebuah software? harga semahal itu akan percuma jika semua fitur-fitur yang ada didalamnya tidak begitu kamu gunakan.

Namun sekarang kamu tak perlu khawatir lagi, karena ada begitu banyak alternatif software open source yang lebih murah dan memiliki kemampuan yang sebanding dengan Microsoft Visio ini.

LucidChart

Sumber Gambar : Lucidchart

Altenatif yang pertama adalah LucidChart. Jika kamu melakukan seacrh Microsoft Visio di Google, maka LucidChart ini akan berada tepat dibawah hasil Visio.

Mengingat LucidChart sendiri merupakan pesaing terbesar bagi Visio. LucidChart adalah salah satu software terbaik untuk membuat diagram yang tersedia di pasar saat ini.

Software LucidChart ini didasarkan pada HTML5 dan Javascript, dan berfungsi sebagai aplikasi web, sehingga kamu akan lebih mudah mengaksesnya dengan browser.

Kamu bisa menggunakan software LucidChart ini untuk membuat diagram alur, diagram gambar, diagram UML, mockup smartphone dan lain-lain.

Dan jika kamu seorang pemula maka jangan khawatir, LucidChart ini akan mudah dipelajari dan dapat kamu gunakan secara gratis untuk pemakaian personal.

DOWNLOAD

yED Graph Editor

Sumber Gambar : AlternativeTo

Untuk software yang kedua ini bisa dibilang software-nya semua platform, bagaimana tidak? yED Graph Editor ini bisa berjalan disemua platform termasuk pada Windows, macOS, dan bahkan Linux/Unix.

yED Graph Editor ini juga merupakan sebuah software diagramming yang sepenuhnya gratis, jadi sangat cocok bagi kalian yang ingin berhemat namun tugas tetap dapat terselesaikan.

Dan satu hal terbaik dari software yED Graph Editor ini adalah, meskipun ia bersifat cross-platform, namun ia bukanlah termasuk aplikasi web.

Saat memilih menggunakan software ini, maka kamu akan mendapatkan aplikasi asli terlepas dari platform apa yang sedang kamu pakai.

Meskipun gratisan, fitur-fiturnya pun tak kalah dengan yang lain. Disini kamu bisa membuat diagram secara manual maupun menggunakan tools, yang secara otomatis akan membuat diagram dari data yang telah kamu impor sendiri.

DOWNLOAD

Ardoq

Sumber Gambar : Capterra

Selanjutnya ada software yang bernama Ardoq. Meskipun Ardoq ini bukanlah software yang terbilang murah, namun software ini memang sangat layak jika kamu memang membutuhkannya untuk menyelesaikan pekerjaanmu sehari-hari.

Ardoq memang dirancang khusus untuk para arsitek, developers, pemilik proses, project manager, dan para pemilik bisnis.

Salah satu kemampuan dari Ardoq yang paling menonjol adalah, ia memiliki berbagai kumpulan tools yang mengambil kumpulan data secara kompleks , kemudian akan diubahya menjadi diagram yang mudah dipahami.

Ardoq dapat mengimpor data secara langsung serta memastikan jika semua diagrammu up to date di setiap perubahan yang kamu buat pada datanya

DOWNLOAD

Nah, itu dia beberapa software alternatif terbaik untuk membuat diagram, sekarang kamu bisa membuat berbagai macam diagram dengan biaya lebih murah bahkan gratis.

Ada komentar?