Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

22 Aplikasi Android Malware yang Menguras Baterai

Indri Penulis

Pengguna smartphone Android selama ini telah dimanjakan dengan berbagai aplikasi dalam Google Play. Pengguna dapat mengunduh berbagai aplikasi sesuai keinginan.

Ada beberapa aplikasi yang bersih, dan tidak mengandung iklan sama sekali. Namun tidak sedikit pula aplikasi yang penuh dengan iklan.

popculture.id

Penggunaan aplikasi yang berisi iklan memang kadang mengganggu. Sebab ketika tengah asyik membuka aplikasi, justru kita disuguhi tampilan iklan yang tidak jelas.

Peneliti keamanan beberapa waktu lalu menemukan beberapa aplikasi, yang mendukung kecurangan iklan dan bahkan telah diunduh lebih dari dua juta kali di Google Play Store.

Aplikasi ini tergolong cerdas, sebab bisa meniru interface berbagai smartphone. Kemudian aplikasi ini akan mengelabuhi pengguna smartphone ketika klik iklan online. Sehingga secara tidak sadar, baterai smartphone akan terkuras.

Sumber Gambar : Video Blocks

Bahkan beberapa waktu lalu, penyedia antivirus Sophos telah menerbitkan laporan. Laporan tersebut berisi daftar 22 aplikasi Android penuh malware.

Mayoritas aplikasi penuh malware tersebut diberi nama perusahaan, ‘Andr/Clickr-ad.’ Aplikasi ini berasal dari berbagai developer kecil.

Sophos bahkan mengatakan jika Google telah menghapus aplikasi tersebut dari Play Store. Penghapusan aplikasi oleh Google tersebut dilakukan akhir November lalu.

Terdapat salah satu aplikasi bernama Sparkle Center, bahkan telah diunduh lebih dari satu juta kali. Tidak hanya itu, aplikasi tersebut juga telah mempunyai banyak ulasan yang kuat.

Aplikasi malware bekerja dengan menghubungi server kendali, mobbt.com. Selanjutnya aplikasi akan mengunduh modul ad-fraud, serta mereka akan menerima perintah dari server setiap 80 detik sekali.

Kemudian aplikasi akan membuka sebuah jendela di dalam smartphone, dengan ukuran ‘nol px x non px’. Oleh sebab itu, pengguna smartphone tidak mengetahui adanya proses tidak wajar dari aplikasi.

Hal tersebut menyebabkan smartphone bisa klik iklan berulang kali. Hal ini akan membuat angka jaringan, kemudian menghasilkan pendapatan banyak yang diperoleh secara curang.

Sebenarnya tidak ada jaringan iklan spesifik, yang mendapat keuntungan dari proses penipuan tersebut. Walaupun pengguna mungkin tidak ingin berpartisipasi dalam proses penipuan ini, namun siapa pun dapat terkena konsekuensinya.

Salah satu akibat yang akan diperoleh dari pengguna smartphone yang mengunduh aplikasi ini adalah, data dan masa pakai baterai akan habis dengan cepat.

[irp posts=”54507″ name=”5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Baterai Smartphone”]

Bahkan jika aplikasi ditutup secara paksa, maka aplikasi tersebut secara otomatis akan terbuka lagi di latar belakang smartphone.

Menariknya iklan yang berasal dari aplikasi tersebut, menyamar sebagai iklan dari berbagai model smartphone. Sophos memberikan contoh salah satu iklan yang muncul adalah iPhone.

Iklan-iklan yang muncul akan membantu menyembunyikan penipuan. Sophos berspekulasi bahwa hal tersebut mungkin telah dirancang untuk meningkatkan pendapatan.

Berdasarkan laporan dari Sophos, pengiklan akan membayar premi untuk bisa menjangkau pemilik ponsel Apple maupun tablet, yang seharusnya berkantong tebal.

Selama ini klik iklan yang berisi penipuan, memang sudah menjadi aliran pendapatan dari developer aplikasi tidak bertanggung jawab. Developer aplikasi dibayar untuk memasang iklan penipuan tersebut.

Selain itu, penipuan iklan seluler memang sudah menjadi masalah yang berkembang pesat. Bahkan kasus ini meningkat dua kali lipat setiap tahunnya.

Padahal selama ini iklan merupakan hal yang bisa membuat website tetap berjalan, dan tetap bisa menghasilkan uang. Oleh karena itu, apabila iklan yang muncul berisi penipuan, maka beberapa website mungkin akan terancam.

Bagi kalian pengguna smartphone Android, sebaiknya memeriksa daftar aplikasi di bawah ini. Pastikan kalian tidak menjalankan aplikasi yang menguras baterai berikut:

Sparkle Flashlight, Snake Attack, Math Solver, ShapeSorter, Tak A Trip, Magnifeye, Join Up, Zombie Killer, Space Rocket, Neon Pong, Just Flashlight, Table Soccer, Cliff Diver, Box Stack, Jelly Slice, AK Blackjack, Color Tiles, Animal Match, Roulette Manis, Hexafall, Hexablocks, serta Pairzao.

    %d blogger menyukai ini: