Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Rekomendasi Aplikasi Android untuk Remote PC dari Jarak Jauh

Indri Penulis

Apakah kalian butuh aplikasi Android untuk remote PC dari jarak jauh? Jika iya, kalian bisa temukan rekomendasinya dalam artikel ini.

Mengontrol PC dari jarak dekat sering dilakukan banyak orang. Tapi kita tentunya tidak bisa setiap saat ada di depan PC. Kadang-kadang, kita harus meninggalkan PC-nya karena urusan tertentu.

popculture.id

Inilah yang sering jadi masalah. Misal saat kita sedang di luar rumah/kantor, tapi ada keadaan mendesak yang membutuhkan akses ke PC.

Untuk pengguna ponsel Android, alternatifnya kalian bisa coba aplikasi Android untuk remote PC jarak jauh. Aplikasi ini bakal membantu kalian memonitor PC kapanpun dan di manapun.

Aplikasi Android untuk Remote PC Jarak Jauh

Chrome Remote Desktop

Sumber Gambar : Android Authority

Chrome Remote Desktop adalah salah satu aplikasi desktop jarak jauh terpopuler. Untuk memakai aplikasi ini, kalian perlu mengunduhnya di Play Store (ponsel) dan Chrome Web Store (PC).

Setelah aplikasi selesai diunduh, ikutilah semua petunjuk penginstalan. Setelah terinstal, hubungkan PC dan ponsel Android lewat aplikasi.

Aplikasi ini bisa kalian dapatkan secara gratis. Soal kinerja, aplikasi lumayan oke. Tapi karena sifatnya gratisan, jadi performanya jelas tidak sebagus aplikasi remote berbayar.

Download

Microsoft Remote Desktop

Sumber Gambar : Android Authority

Bisa dibilang, Microsoft Remote Desktop adalah pesaing terberat dari Chrome Remote Desktop. Kenapa? Karena keduanya sama-sama aplikasi gratisan, serta punya cara kerja hampir sama.

Kalian perlu menginstal klien Microsoft Remote Desktop di PC, serta aplikasi serupa di ponsel. Setelah itu hubungkan kedua perangkat lewat aplikasi. Mirip seperti pemakaian aplikasi Chrome Remote Desktop kan?

Walau mirip, tapi aplikasi ini tetap berbeda dengan Chrome Remote Desktop. Aplikasi ini bisa kalian pakai langsung di PC. Berbeda dengan Chrome Remote Desktop, kalian perlu menginstal Google Chrome lebih dulu.

Soal performa, Microsoft Remote Desktop tidak beda dengan Chrome Remote Desktop. Kinerjanya tidak terlalu bagus. Tapi ini adalah alternatif gratisan yang cukup bagus kok.

Download

TeamViewer

TeamViewer adalah salah satu aplikasi remote PC terpopuler. Aplikasi ini dapat memberikan akses jarak jauh ke PC lewat smartphone Android.

Tapi perlu kalian perhatikan, untuk menggunakan aplikasi ini prosesnya cukup rumit. Walau begitu, hasil yang kalian dapatkan bakal imbang.

Dibalik kerumitannya, TeamViewer punya segudang fitur. Ada fitur transfer file dua arah, enkripsi, transmisi suara dan video HD secara real-time.

Aplikasi ini bisa kalian dapatkan secara gratis (kalau dipakai pribadi). Jika kalian memakai aplikasi untuk keperluan bisnis, maka saya sarankan untuk berlanganan saja. Biar fitur yang didapatkan lebih banyak.

Download

Splashtop

Kalau kalian ragu dengan kinerja aplikasi gratisan yang abal-abal, maka cobalah Splashtop. Aplikasi ini bisa kalian dapatkan dengan membayar $5/bulan atau $16,99/tahun.

Sebenarnya Splashtop bisa dibilang aplikasi yang kurang populer. Walau begitu, aplikasi ini menawarkan performa yang cukup bagus lho.

Cara kerja aplikasi ini hampir sama dengan yang lain. Kalian bisa mengakses apa pun di komputer lewat smartphone Android. Kalian juga bisa mengakses PC dari jaringan apapun, termasuk jaringan seluler atau WiFi.

Tidak sampai di situ, Splashtop juga memungkinkan kalian mengakses webcam. Fitur ini bisa dipakai untuk memeriksa keadaan rumah saat ditinggal jauh.

 

    %d blogger menyukai ini: