Membuka Situs Web Dengan Shortcut di Google Chrome

membuka situs dengan shortcut

Kamu ingin membuka situs web favorit dengan lebih cepat? Bagaimana kalau kamu bisa membuka website dengan menggunakan shortcut? Coba lihat ekstensi Chrome satu ini.

Oke, memang ada ekstensi speed dial yang bisa membuka situs kesayangan hanya dengan satu klik. Itu pun sudah cukup efisien. Tapi kalau kamu termasuk pecinta keyboard dan malas memakai mouse atau trackpad, mungkin ekstensi ini lebih tepat.

Quickey Tab adalah nama ekstensi ini. Sama dengan ekstensi speed dial,  ia akan hadir di halaman Home di browser Google Chrome. Kalau di speed dial kamu melihat kotak-kotak berisi shortcut website, di sini kamu akan melihat tampilan keyboard beserta shortcut tersebut.

Untuk membuka situs, kamu tinggal memencet tombol shortcut. Sama seperti ‘ctrl+C’ untuk perintah copy.

membuka situs web dengan shortcut
Buka website dengan shortcut

Tapi tunggu dulu. Ada yang menarik soal shortcut ini. Kalau kamu ada di tab baru, kamu cukup menekan tombol yang bersangkutan, TANPA menekan tombol ‘ctrl’. Misalnya, kamu meletakkan blog UrbanDigital di tombol ‘U’, kamu tinggal menekan tombol ‘U’ itu.

Nah, kalau kamu sedang berhadapan dengan sebuah website (misalnya YouTube), kamu juga bisa langsung membuka website lain dengan menggunakan Global Hotkeys, yaitu dengan tambahan tombol ‘Alt’. Jadi kalau kamu sedang melihat YouTube dan mau membuka blog UrbanDigital, kamu tinggal memencet ‘Alt + U’.

[irp posts=”50152″ name=”Cara Menggunakan Ekstensi Chrome di Firefox”]

Lalu ekstensi ini juga fleksibel. Walau kamu sudah menentukan shortcut untuk sebuah website, kamu bisa memindahnya ke tombol lain. Tinggal drag & drop. Misalnya, blog UrbanDigital di tombol ‘U’, kamu bisa memindahnya ke tombol ‘B’. Tidak perlu menghapus dan membuat ulang.

Oya, kamu juga bisa menambah emoji di tombol shortcut ini. Memang tidak ada fungsi khusus. Hanya untuk membantumu mengingat saja. Misalnya, oh… karena ini emoji TV, pasti ini YouTube.

Menurut saya, ekstensi ini sangat menarik. Memang ketika pertama kali menggunakannya, kita harus membiasakan diri terlebih dulu. Mengingat shortcut yang sudah kita buat. Tapi kalau sudah hapal β€” seperti hapal ‘ctrl + C’ untuk copy β€” membuka situs di browser bisa lebih cepat dan mudah.

Tertarik? Silakan coba dengan tautan di bawah ini. Pssst… Saya juga memakainya di Firefox. ????

Download (Chrome)

%d blogger menyukai ini: