Aplikasi Android “Tracker Detect” Bisa Bantu Lacak Penguntit AirTag!

Indri Penulis

Apple merilis aplikasi pendamping AirTag bernama “Tracker Detect” untuk pengguna Android. Cek seperti apa fungsi dan cara pakainya di sini.

AirTag telah hadir sejak April 2021 untuk membantu orang-orang menemukan benda yang hilang. AirTag sendiri merupakan perangkat kecil yang bisa dipasang ke barang seperti kunci atau dompet. Saat kunci atau dompet tersebut hilang, kita bisa menemukannya dengan cara melacak AirTag yang terpasang di badan mereka.

Apple memang sengaja bikin AirTag untuk membantu orang melindungi atau melacak barang yang hilang. Tapi di sisi lain, perangkat kecil ini bisa disalahgunakan untuk melacak lokasi orang lho.

Memang saat iPhone mendeteksi ada AirTag asing sedang ada di dekat pengguna, iPhone akan memperingatkan pengguna dan mengidentifikasi siapa pemilik AirTag asing tersebut. Kalau mau, pengguna bahkan bisa langsung menonaktifkannya.

Sayangnya itu cuma bisa dilakukan di perangkat iPhone. Sedangkan pemilik ponsel Android sama sekali tak dibekali kemampuan seperti itu.

Sadar akan masalah tersebut, Apple akhirnya meluncurkan aplikasi Android “Tracker Detect” sebagai pendamping AirTag. Aplikasi tersebut kini sudah bisa kamu unduh di Play Store secara gratis.

Apa Fungsi Aplikasi “Tracker Detect?”

Jadi sesuai namanya, Tracker Detect bakal membantu pengguna ponsel Android untuk mendeteksi AirTag di sekitarnya. Aplikasi juga dapat membantumu mendeteksi, apakah ada seseorang yang diam-diam memanfaatkan AirTag untuk mengintai lokasimu atau tidak.

Lalu bagaimana cara kerja aplikasi ini? Jadi saat aplikasi berhasil mendeteksi AirTag terdekat yang telah berpisah dengan pemiliknya, Tracker Detect bakal menandainya sebagai “Unknown AirTag.” Setelah itu jika AirTag asing tersebut ketahuan mengikutimu selama 10 menit, Tracker Detect bakal memutar suara supaya kamu bisa menemukan AirTag tersebut.

Saat kamu sudah berhasil menemukan AirTag asing tersebut, kamu bakal mendapat petunjuk tentang cara melepas baterai atau menonaktifkan AirTag tersebut. Saat baterainya dicopot atau dia sudah nggak aktif, otomatis penguntit nggak bakal bisa melacak lokasi pakai AirTag asing tadi.

Keberadaan aplikasi ini jelas bakal jadi penolong pengguna Android, agar mereka bebas dari tindak kejahatan yang dilakukan orang lain dengan memanfaatkan AirTag.

Tracker Detect sendiri dibuat berdasarkan pengalaman yang terjadi Kanada. Jadi polisi setempat baru-baru ini berhasil menangkap kawanan pencuri yang memakai AirTag untuk mencuri mobil mahal.

Modusnya, mereka bakal menempelkan Apple AirTag ke mobil target yang ada di tempat parkir umum. Selanjutnya, kawanan pencuri itu menggunakan aplikasi Find My untuk melacak mobil tersebut dan tempat tinggal pemiliknya.

Nanti saat pemilik mobil itu lengah, kawanan pencuri itu bakal berusaha masuk ke dalam dan mencuri mobil yang sudah mereka intai tadi.

Nah jadi dengan adanya Tracker Detect, kamu bisa tahu apakah mobil/motormu sedang dipasangi AirTag oleh orang yang nggak dikenal atau tidak. Kalau misalnya memang iya, kamu bakal dikasih tahu di mana tempat AirTag itu dipasang di mobil/motormu. Setelah kamu menonaktifkan benda tersebut, si penguntit bakal kehilangan jejakmu dan nggak bisa mengikutimu lagi.

    %d blogger menyukai ini: