Aplikasi AnTuTu Benchmark Dihapus Dari Google Play Store

antutu benchmark

Sebuah kabar mengejutkan hadir bagai geledek di siang bolong. Aplikasi AnTuTu Benchmark dihapus dari Google Play Store. Aplikasi yang dihapus dari Play Store meliputi: AnTuTu Benchmark, AnTuTu 3DBench, dan AITuTu Benchmark. Padahal aplikasi ini menjadi andalan para reviewer smartphone. Tentu hal ini menjadi tanda tanya besar.

Google sebenarnya sedang bersih-bersih Play Store dari berbagai aplikasi yang melanggar kode etik periklanan mereka. Bahkan sudah ada sekitar 600 aplikasi yang ditendang dari bursa aplikasi Android ini.

Salah satu yang menjadi sasaran tembak Google adalah aplikasi keluaran penerbit asal Cina, Cheetah Mobile. Insiden raibnya aplikasi dari Cheetah Mobile ini pun bukan yang bertama kali terjadi. Tapi sudah beberapa kali.

Lalu apa hubungannya dengan aplikasi AnTuTu Benchmark yang dihapus dari Google Play Store? Ada.

AnTuTu Melanggar Kebijakan Privasi

Android Police yang melacak kasus ini menyebutkan kalau AnTuTu berhubungan dengan Cheetah Mobile. Dalam kebijakan privasi yang ada di AnTuTu disebutkan kalau Cheetah Mobile bertindak sebagai “pemegang kontrol data untuk semua informasi personal yang didapat dari pengguna.” Kebijakan privasi itu bertanggal 10 Oktober 2018.

aplikasi antutu benchmark galaxy a51
Aplikasi AnTuTu Benchmark di Samsung Galaxy A51 (gambar: TFix / YouTube)

Pada tanggal 26 Desember 2019, kebijakan privasi itu diubah dan nama Cheetah Mobile diganti dengan “AnTuTu Technology Co, Ltd”. Namun, kebijakan privasi yang ada di halaman situs Play Store terakhir yang diarsipkan masih merujuk pada situs Cheetah Mobile.

AnTuTu kemudian menjawab publikasi dari Android Police dengan menyebut dihapusnya aplikasi itu sebagai “kesalah pahaman”. AnTuTu menyanggah bahwa saat ini mereka bukan perpanjangan tangan Cheetah Mobile dan tidak pernah melakukan promosi untuk Cheetah Mobile. Di sisi lain, AnTuTu mengakui kalau Cheetah Mobile memiliki saham di AnTuTu. Namun, AnTuTu masih beroperasi secara independen.

Setelah ini masih belum ada perkembangan lagi atau konfirmasi lebih jauh baik dari pihak Google maupun dari pihak AnTuTu.

Yah, mungkin untuk pengguna biasa, aplikasi seperti AnTuTu ini kurang begitu memberi pengaruh. Toh sebagai bursa aplikasi yang mungkin terbesar di dunia, Google Play Store terjangkiti banyak aplikasi bermasalah. Entah dari kualitas aplikasi yang buruk, aplikasi penipuan, aplikasi yang memuat iklan tanpa etika, dan masih banyak lagi.

Siapa lagi yang akan disepak oleh Google? Apakah AnTuTu akan bisa kembali lagi ke Play Store? Kita lihat saja.

%d blogger menyukai ini: