Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Cara Melaporkan Aplikasi di Play Store

aplikasi di play store

Sebagai bursa aplikasi, Google Play Store punya beberapa kelemahan. Salah satunya adalah banyaknya aplikasi palsu, aplikasi penipuan (scam), atau aplikasi yang tidak pantas. Ada baiknya kalau kita tahu cara melaporkan aplikasi di Play Store.

Kalau mau obyektif, hampir setiap bursa aplikasi selalu punya masalah seperti ini. Apalagi Play Store yang memiliki koleksi aplikasi sangat banyak. Bagaimana lagi? Android menguasai hampir seluruh pangsa smartphone.

Namun Google seakan tidak menyaring aplikasi yang hadir di sana. Yah, mungkin menyaring. Tapi aplikasi seperti ini toh tetap saja ada. Belum lagi, tidak sedikit aplikasi yang seolah mendapat rating bagus, padahal rating itu pun palsu.

Tentu saja, hal ini akan membuat pengguna tidak nyaman, merasa was-was saat mau memasang aplikasi baru, atau bahkan menyesal karena terkena aksi penipuan.

Kalau sudah begini, pengguna pun perlu ikut andil. Kalau kamu mendapat pengalaman buruk dari sebuah aplikasi, langkah pertama yang paling efisien untuk memperingatkan pengguna lain adalah dengan melalui rating dan kesaksian (review). Beritahu pengguna lain apa yang terjadi.

Langkah berikutnya adalah melaporkan aplikasi yang bersangkutan ke Google.

Bagaimana Melaporkan Aplikasi di Play Store?

  1. Buka halaman aplikasi yang bersangkutan.
  2. Tekan tombol menu/elipsis di pojok kanan atas.
  3. Pilih ‘Tandai sebagai tidak pantas‘ (‘Flag as inapropriate‘).
  4. Pilih alasan kenapa aplikasi tersebut kamu nilai tidak pantas, lalu tekan ‘Kirim‘.
  5. Kalau kamu memilih ‘Keberatan lainnya’, Play Store akan meminta keterangan lebih lanjut. Isi dan tekan ‘Kirim‘.
Tandai aplikasi sebagai tidak pantas

Sederhana bukan? Yah paling tidak kita sudah berusaha membantu supaya pengguna lain tidak jatuh ke lubang kenistaan. Lagipula, meskipun kelihatannya simpel, kalau banyak yang melaporkan, Google pun mungkin akan mengambil tindakan.

Jika setelah ini masih belum ada tindakan, kita bisa saja menunjukkan masalah ini melalui media sosial ke akun resmi Google. Adanya rating dan review yang berisi peringatan ditambah penanda tidak pantas ini bisa menjadi buktinya.

Semoga lekas sembuh.

More Stories
Tips Mudah Menyimpan Hasil Download ke Kartu Memori Smartphone