Memantau Baterai Mac dengan Aplikasi coconutBattery

animasi baterai
Saskdraws

Seawet-awetnya baterai, suatu ketika pasti akan melemah. Untuk bisa terus memantau status atau kondisi baterai laptop Macbook kesayangan, ada aplikasi yang boleh kamu coba. Aplikasi baterai Mac yang bernama coconutBattery!

Tidak terasa, laptop Macbook Pro saya sudah berusia sekitar lima tahun. Beberapa bagian sudah tidak seprima dulu lagi. Termasuk kondisi baterai. Cycle count baterai sudah cukup tinggi.

Melihat kondisi baterai Macbook yang sudah melemah, saya merasa perlu lebih menjaganya dengan lebih baik. Untuk itu, saya perlu aplikasi yang memadai.

Saya sudah pernah mencoba aplikasi Battery Health. Kali ini, saya ingin mencoba alternatif lain. Seperti sudah saya sebut di atas, aplikasi baterai Mac yang saya coba adalah coconutBattery.

BACA JUGA
Kalibrasi Baterai Macbook Supaya Tetap Maksimal

Aplikasi Baterai Mac yang Informatif

Sebenarnya, informasi baterai yang ada di aplikasi ini serupa dengan yang ada di aplikasi lain. Kamu bisa menemukan info daya saat ini, jumlah kapasitas penuh, kapasitas awal (saat dirilis dari pabrik), suhu, cycle count, kondisi baterai, dll.

Selain itu, kamu juga bisa melihat informasi yang sama untuk perangkat iOS yang kamu punya. Entah iPhone, iPad, atau iPod Touch. Menarik bukan?

aplikasi baterai Mac coconutBattery

Atur Informasi Baterai Sesuai Yang Kamu Butuhkan

Tapi fitur yang saya suka dari aplikasi baterai Mac ini adalah kita bisa memilih informasi apa saja yang tampil di menu bar Mac.

Kita bisa memilih menampilkan ikon atau tidak. Lalu di samping ikon, kita juga bisa memilih menampilkan persentase baterai, suhu, waktu tersisa, dll. Jadi dengan melirik sekilas saja kita bisa langsung tahu.

setelan aplikasi coconutBattery

BACA JUGA
8 Aplikasi Menu Bar Mac Untuk Aksi Lebih Cepat

Saya sendiri memilih menampilkan ikon beserta jumlah baterai saat ini beserta waktu tersisa. Baik waktu tersisa sampai baterai habis maupun sampai baterai penuh (saat diisi daya).

Dengan begitu, saya bisa lebih berhati-hati mengisi daya atau menggunakan laptop. Maklum, seperti sudah saya sebut, baterai sudah cukup uzur. Ada baiknya saya jaga baik-baik sebelum mengganti yang baru.

tamplan aplikasi baterai di menu bar

Apa ada lagi yang menarik? Oh, tentu ada. Kamu bisa menggunakan coconutBattery secara gratis. Tapi tentu saja, kalau kamu mau membuka beberapa fitur menarik lain (sinkronisasi dengan perangkat iOS lewat Wi-Fi, analisa baterai iOS, atau notifikasi), kamu bisa membeli versi Pro.

Kalau tertarik mencoba, silakan unduh aplikasi baterai Mac ini melalui link di bawah ini.

Download (macOS)

Ada komentar?