Follywood: Aplikasi Dubbing Suara dan Buat Video Parodi Lucu

aplikasi dubbing suara
Anom Penulis

Tentunya kamu pernah melihat video parodi dengan suara dubbing yang lucu kan? Mau buat seperti itu? Coba Follywood, aplikasi dubbing suara untuk membuat video parodi lebih mudah.

Follywood menjanjikan hal sederhana. Ambil video, rekam suara, dan bagikan. Itu intinya. Mudah dan cepat.

Pilih video yang seru

koleksi video footage

Tugas pertama untuk membuat video parodi seperti ini tentunya memilih video yang sesuai. Follywood menyediakan cukup banyak footage video. Baik dari film bioskop, film kartun, iklan, maupun video klip musik.

Banyak di antara potongan video itu berasal dari film barat populer. Misalnya Hulk yang membanting Loki dari film Avenger, Boromir yang bilang “One Does Not Simply Walk into Mordor” dari film The Lord of the Rings, Batman jadul, dll. Kamu juga bisa menggunakan video dari handphone. Misalnya kalau kamu mau dubbing omongan temanmu. Bisa juga kalau kamu mau pakai potongan video film Indonesia.

[irp posts=”39814″ name=”6 Aplikasi Edit Video Pilihan untuk Android dan iPhone”]

Dubbing suara dan edit untuk menyesuaikan

dubbing suara dan share

Setelah kamu memilih footage video, kamu bisa mulai proses dubbing. Yang kamu lakukan hanya menekan tombol rekam dan mulai bicara. Akan lebih baik kalau kamu sudah punya bahan yang sesuai dengan gerak bibir tokoh di dalam video.

Asiknya, aplikasi dubbing suara ini mendukung rekaman multi-track. Saya belum mencoba Follywood versi iOS. Tapi di Android, kita hanya bisa merekam sampai tiga track dubbing suara.

Yah agak kurang fleksibel sih. Saya berharap lebih banyak supaya bisa merekam suara pendek-pendek. Jadi lebih fleksibel menyesuaikan dengan tampilan video. Apalagi, kadang kala aplikasi ini agak lambat saat merekam. Agak capek retake terus menerus (cieeeeee…… macam artis aja… ???? )

Toh kalau kamu tidak puas, kamu bisa tekan dan tahan track suara itu, lalu geser sampai ke pinggir kiri untuk menghapus. Kamu juga bisa menggeser track untuk menyesuaikan dengan gerak bibir di video. Tapi seperti saya sebut di atas, kalau agak panjang ya repot. Bisa jadi pas di awal, agak kurang sedikit di bagian akhir rekaman.

[irp posts=”45027″ name=”7 Rahasia Dibalik Foto, Video, dan Akun Instagram Populer”]

Lalu, kadang juga ada sedikit gangguan. Suara yang terekam di track pertama bisa berulang. Padahal garis play sudah berjalan di track kedua. Tapi ini masalah kecil. Saya coba geser garis play itu (beberapa kali), masalah itu hilang sendiri.

Kalau sudah, kamu bisa kirim video itu. Entah ke grup WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, dll. Video juga secara otomatis akan tersimpan di dalam galeri handphone. Oya, di video tersebut akan ada watermark Follywood (bisa lihat contoh video di bawah).

Aplikasi Follywood bisa kamu download secara gratis baik untuk Android maupun iPhone. Versi iPhone punya fitur untuk menambah subtitle. Saya tidak tahu kenapa yang versi Android kok tidak punya. Nah, kalau kamu mau coba aplikasi dubbing suara ini dan membuat video parodi versimu sendiri, silakan install lewat link di bawah ini.

Download—Android  Download—iOS

    %d blogger menyukai ini: