Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rekomendasi 6 Aplikasi Website Edit Video Online Gratis & Premium

Indri Penulis

Apakah kamu mencari aplikasi website edit video online untuk bisa bikin konten secara cepat dan mudah? Kalau iya, berarti kamu wajib baca rekomendasi berikut ini.

Aplikasi Editor Video Makin Dicari

Di zaman serba digital saat ini, kita mungkin sering mendengar kalimat, “Apa aja di-konten-in.” Biasanya kalimat ini sering ditujukan buat konten kreator yang ‘apa-apa’ sering dijadikan bahan bikin video.

Nah walaupun apapun bisa dijadikan konten video, tapi untuk menciptakan konten video yang enak dan asik dilihat nggak gampang. Kita nggak cuma merekam video kemudian langsung mem-posting-nya di media sosial atau platform video lainnya. Video rekaman tentu perlu diedit biar hasilnya lebih enak dilihat.

Makanya nggak heran kalau kebanyakan orang sekarang berburu website atau aplikasi untuk edit video. Pasalnya dengan website atau aplikasi tersebut, video yang awalnya biasa-biasa saja bisa dirombak menjadi eye-catching dan bahkan estetik.

Kenapa Edit Video Online?

Di luar sana aplikasi edit video untuk smartphone atau PC mungkin banyak. Tapi website editor video online menjadi pilihan sebagian orang.

Dengan menggunakan website editing video, pengguna tidak perlu repot-repot meng-install aplikasi dalam smartphone-nya. Otomatis memori penyimpanan di ponsel juga tidak akan berkurang.

Yang paling penting, karena bisa diakses hanya dengan browser saja, aplikasi video editor online bisa dipakai tanpa terpengaruh sistem operasi.

Aplikasi Edit Video Online

CapCut

CapCut adalah salah satu editor video online terbaik saat ini. Karena punya banyak fitur seru, CapCut sering dipakai konten kreator untuk mengedit video, lalu kemudian diunggah ke TikTok.

CapCut tidak hanya tersedia dalam versi aplikasi Android, iOS dan Mac. CapCut juga tersedia dalam versi website yang bisa dipakai tanpa perlu menginstal aplikasi.

Dengan CapCut versi web, kamu bisa bikin video berkualitas tinggi tanpa perlu menjadi editor profesional. Layaknya versi aplikasi mobile-nya, CapCut versi web memungkinkan kamu untuk menggunakan ribuan template video yang ada di dalamnya.

Kalau mau benar-benar belajar editing video, CapCut juga menyajikan kanvas kosong. Di situ kamu bisa mengunggah video dan mengeditnya dari nol sesuai kreativitasmu sendiri.

Menariknya, CapCut versi website bisa kamu pakai secara gratis. Serunya lagi walau dipakai secara gratisan, tapi kamu bisa mendapatkan hasil video jadi tanpa watermark CapCut lho.

Clipchamp

Clipchamp adalah bagian dari layanan Microsoft. Editor video online ini memungkinkan kamu untuk memulai proyek video baik pakai template, pakai kamera, merekam layar, atau mulai dari nol.

clipchamp online video editor
Gambar: ClipChamp

Apa saja fitur yang ada di Clipchamp? Tentunya secara global fitur yang ada di Clipchamp hampir sama dengan editor video lainnya. Di website ini kamu bisa mengkombinasikan beberapa bahan editing, memotong, memisahkan klip, menggeser, menyisipkan filter, menambah teks dan musik, dll.

Baca Juga:  Tutorial Clipchamp, Step by Step Edit Video dengan Mudah

Clipchamp sendiri tersedia dalam versi gratis dan Essentials. Di versi gratis kamu sudah bisa menikmati dukungan ekspor video tanda tanda air, resolusi ekspor sampai 1080p, serta stok audio, gambar, video dan audio gratis.

Versi Essentials dibanderol dengan harga Rp 189.999. Di versi ini kamu akan mendapatkan dukungan yang sama seperti versi gratisan.

Cuma tambahannya kamu bisa menikmati stok audio, gambar, video, filter dan efek premium, lalu kit merek untuk mengelola logo dan warna, serta dukungan pencadangan konten.

Canva

Nggak jauh beda dengan editor video sebelumnya, Canva juga memungkinkan kamu untuk bikin video profesional. Kamu bisa memanfaatkan berbagai template video yang ada di Canva, atau mengedit video dari nol.

Canva juga menyediakan berbagai tools pengeditan seperti penambahan audio, teks, crop video, dll. Bahkan Canva juga menyajikan beauty tools. Sesuai namanya, fungsi tools tersebut adalah untuk mempercantik wajah objek dalam video (misal mengubah warna lipstik, memperhalus kulit, dll).

Oya, Canva tersedia dalam beberapa jenis. Ada versi gratisan untuk individu atau tim kecil, tapi di versi ini kamu nggak bakal bisa mengakses konten premium. Lalu ada juga versi Pro (Rp 769.000) yang memberikan akses tak terbatas ke konten dan tools premium.

Lalu ada versi Tim (Rp 1,2 juta) untuk keperluan kolaborasi, versi Pendidikan (100% gratis untuk tenaga pendidik dan sekolah yang terdaftar) yang dirancang untuk keperluan belajar mengajar, dan versi Nirlaba (versi Pro gratisan untuk perusahaan terdaftar).

Kapwing

Kapwing adalah editor video yang dirancang khusus untuk kalangan konten kreator. Untuk fitur editing-nya, Kapwing sebenarnya tidak jauh-jauh dari website sebelumnya. Kamu bisa edit video pakai template, menambahkan teks, audio, transisi, efek video, dll.

Cuma bedanya, Kapwing juga memungkinkan kamu menggunakan kembali konten yang sudah pernah kamu edit di sana. Kalau diibaratkan, Kapwing akan seperti penjahit pribadimu.

Kapwing akan membantumu mengedit dan menyesuaikan video sesuai dengan platform yang akan kamu pakai nantinya.

gambar: Kapwing

Menariknya Kapwing juga mendukung kolaborasi online. Dukungan ini cocok banget buat konten kreator yang punya banyak anggota tim kreatif di dalamnya.

Kapwing tersedia dalam versi gratisan, Pro dan Teams. Di versi gratisan kamu bisa mengekspor video dengan tanda air Kapwing sepuasnya, bikin video berdurasi maksimal 7 menit, bikin subtitle otomatis selama 10 menit/bulan, kualitas video 720p.

Untuk versi Pro dibanderol dengan harga $16 (ditagih perbulan selama setahun). Di versi ini kamu bisa menikmati banyak fitur.

Ada dukungan ekspor video tanda watermark Kapwing, bikin video durasi maksimal 60 menit, bikin subtitle otomatis tanpa batas, kualitas video 1080p, penyimpanan cloud unlimited, akses semua tools pengeditan AI, kit Brand dan font khusus.

Baca Juga:  Fitur Edit Video di Canva Yang Wajib Kamu Tahu

Terakhir ada versi Teams yang harganya sama dengan Pro. Di sini kamu bisa menambahkan anggota tim tanpa batas ke ruang kerja. Kamu juga bisa berbagi penyimpanan tidak terbatas ke semua anggota tim.

Paket ini mendukung penagihan gabungan, dukungan pelanggan prioritas, kit Brand Together untuk timmu, dan tools khusus Admin.

Adobe Express

Adobe Exress sebenarnya nggak jauh beda dengan editor video lainnya. Adobe Express memungkinkan kamu untuk mengedit video menggunakan template, menambah teks, musik, mengedit tata letak video, dll.

Setiap kali kamu bikin video, video tersebut juga bisa kamu unduh dan bagikan ke platform lain.

Gambar: Adobe

Adobe Express bisa kamu pakai secara gratis ataupun berbayar. Di versi gratisan kamu bisa menikmati template dan aset desain premium (terbatas), Adobe Font berlisensi (terbatas), stok foto Adobe Stock (terbatas), fitur editing basic, dan gratis penyimpanan 2GB.

Kalau versi Premium dibanderol $9,99/bulan. Di paket ini kamu bisa menikmati lebih dari 20.000 Font Adobe berlisensi, lebih dari 160 juta koleksi Adobe Stock.

Selain itu juga ada berbagai fitur editing premium, schedule posting-an ke media sosial, dukungan watermark sesuai brand-mu, konversi video ke format lainnya, dan bonus penyimpanan 100GB.

Veed.io

Veed tidak jauh beda dengan editor video lainnya. Dengan editor video yang satu ini kamu bisa mengatur tata letak video, menambahkan audio, efek video, teks, dll.

Hanya saja Veed akan mempermudah kamu untuk memasukkan subtitle. Website ini memungkinkan kamu untuk memasukkan subtitle secara manual, secara otomatis, atau mengunggah file subtitle.

Satu hal yang menarik dari Veed. Dia nggak cuma editor video biasa. Veed juga menyajikan komunitas yang isinya kalangan konten kreator. Nah di komunitas tersebut, kamu bisa berkenalan dengan konten kreator lain dan tukar pengalaman dengan mereka deh.

Untuk harganya, Veed tersedia dalam versi gratis, Basic ($12/bulan), Pro ($24/bulan) dan Business ($59/bulan). Di versi gratisan kamu bisa mengekspor video tapi dengan watermark Veed, subtitle maksimal durasi 30 menit, batas upload 250MB dan maksimal video 10 menit.

Versi Basic menyajikan kualitas video 1080p, 720 menit subtitle, ukuran unggah file unlimited, durasi maksimal konten 25 menit.

Versi Pro menawarkan dukungan 1.440 menit subtitle, terjemahan subtitle, unduhan subtitle SRT, akses stok premium, dan Kit Brand. Terakhir ada versi Business di mana kamu bisa menikmati 8.000 menit subtitle, penyimpanan 200GB dan template khusus.

Itu dia beberapa aplikasi website edit video online terbaik. Setiap aplikasi editor video online tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekarang, kira-kira kamu mau coba yang mana dulu?