Ekspresi Karakter di Game Akan Lebih Realistis dengan Unreal Engine

Seiring berkembangnya teknologi, penampilan visual di dalam sebiah game bisa semakin realistis. Baik untuk lingkungan, gerakan tubuh, sampai detil tekstur kulit. Yang menarik, sebentar lagi ekspresi karakter di game juga akan lebih realistis melalui aplikasi Live Link Face yang dibuat untuk Unreal Engine.

Untuk yang belum tahu, Unreal Engine adalah sebuah platform untuk berkreasi secara 3D. Unreal Engine dikembangkan oleh Epic Games dan sudah menjadi salah satu platform untuk mengembangkan game yang paling populer. Beberapa game yang dikembangkan dengan Unreal Engine di antaranya: PUBG, Borderlands 3, Final Fantasy VII Remake, Minecraft Dungeons, dan tentu saja Fortnite.

Epic Games melengkapi platform ini dengan sebuah aplikasi bernama Live Link Face di iOS. Aplikasi ini memanfaatkan modul TrueDepth Camera bersama platform augmented reality ARKit dari Apple. Seperti animoji dan memoji buatan Apple, aplikasi ini akan menangkap gerakan ekspresi wajah dari model dan akan dipasang di karakter game.

memetakan ekspresi wajah

Memang, ketika Apple mengumumkan fitur animoji bersama Face ID dan iPhone X, tidak sedikit yang nyinyir. Sekilas fitur animoji terlihat konyol dibanding teknologi canggih di belakangnya. Namun tentu saja hal ini berbeda dengan pemakaiannya di Unreal Engine.

Seperti sudah disebut di atas, Unreal Engine di pakai oleh banyak pengembang game. Aplikasi Live Link Face ini pun membuka akses yang lebih mudah bagi para pengembang game untuk meningkatkan detil permainan mereka.

menangkap gerak untuk animasi

Epic menyebutkan kalau aplikasi ini bisa dipakai oleh pengembang game baik sambil duduk di depan monitor maupun bersama model ketika memetakan gerakan untuk animasi. Jadi akting sang model animasi bisa ditangkap lebih utuh.

Epic juga menyatakan kalau pengembang bisa memanfaatkan beberapa iPhone sekaligus untuk melakukannya secara bersamaan. Selain itu, aplikasi ini juga bisa dikontroldari jarak jauh. Setelah menangkap ekspresi tersebut, pengembang bisa menyesuaikannya lebih jauh sesuai karakter di game.

Sisanya tentu saja berada di tangan kreatif para pengembang game. Tapi bayangkan serunya kalau karakter di dalam game lebih ekspresif. Bukan saja pengalaman bermain jadi lebih realistis, berbagai meme lucu juga pasti bakal lebih banyak bermunculan di internet. Hehehe.

%d blogger menyukai ini: