iPhone X: Masa Depan Smartphone versi Apple

iPhone X

Apple memperkenalkan iPhone X (baca: iPhone ten) di Apple Special Event. Handphone ini menjadi perayaan 10 tahun iPhone. Dengan iPhone X, Apple kembali berniat melakukan revolusi smartphone.

Dengan visi seperti itu, iPhone X memiliki banyak fitur dan teknologi. Layar yang nyaris tanpa bingkai, autentifikasi biometrik Face ID, layar yang lebih tajam, sistem kamera yang lebih canggih, dan cara baru berekspresi dengan AniMoji.

Desain, Bodi, dan Layar iPhone X

bodi dan layar iPhone X

Seperti yang sudah muncul di berbagai bocoran, handphone mutakhir dari Apple ini memiliki bagian depan yang didominasi oleh layar. Hanya menyisakan sedikit bagian atas untuk kamera depan dan perangkat Face ID.

Bodinya sama seperti iPhone 8. Terbuat dari kaca olahan dan frame aluminium. iPhone X juga tahan air dan debu dengan sertifikasi IP67.

Kalau iPhone 8 memiliki layar Retina HD, iPhone X punya sesuatu yang lebih tajam. Apple menyebutnya Super Retina. Layar ini juga merupakan layar pertama iPhone yang menggunakan panel OLED. Panel jenis ini dikenal memiliki ketajaman layar yang lebih. Dengan begitu, fitur True Tone dari Apple juga hadir lebih baik.

Layar penuh juga memberikan cara baru berinteraksi. Karena tidak ada tombol Home, semua kegiatan kamu lakukan dengan gestur tangan. Mulai dari membuka lock screen (dengan bantuan Face ID, sampai multi-tasking).

Face ID

face id iphone x

Lupakan Touch ID. Apple menawarkan sesuatu yang disebutnya lebih natural, yaitu Face ID. Teknologi autentifikasi biometrik ini memanfaatkan sistem kamera TrueDepth untuk mengenali wajah seseorang. Apa itu TrueDepth? Gabungan teknologi kamera infra merah, proyektor titik (untuk kontur wajah), dan flood illuminator.

Dengan chipset A11 Bionic baru, iPhone X bisa memetakan sampai 30.000 titik infra merah. Kemudian, neural engine akan membentuk model wajah sebagai patokan. Model ini tetap akan bisa mengenali wajah walau tampilan berubah (misalnya punya jenggot). Apple juga menyebut kalau teknologi ini tidak bisa ditipu dengan foto.

Pada akhirnya, Face ID memperkenalkan cara baru untuk membuka handphone dan pengesahan Apple Pay. Hanya perlu menatap, dan layar akan membuka kunci. Kita tinggal menggulir lock screen untuk menggunakannya.

AniMoji

AniMoji menjadi salah satu hal paling menarik dari presentasi Apple. AniMoji merupakan pesan emoji dalam bentuk animasi. Hebatnya, animasi ini mengikuti gerak wajah kita. Ya, seperti face filter Snapchat atau Instagram Stories, tapi dalam bentuk emoji.

Apple memungkinkan kehadiran AniMoji dengan teknologi yang sama dari Face ID. Setelah mengenali semua titik kontur wajah, neural engine menerapkannya pada emoji yang ada. Dari semua presentasi Apple semalam, demo AniMoji adalah yang paling menghibur.

Hal ini pun bisa jadi lebih menghibur dan seru ketika digunakan di obrolan sehari-hari. Kamu bisa memilih karakter yang sesuai, dan mengirimnya ke temanmu.

Spesifikasi iPhone X

varian iphone x

Secara umum, iPhone X memiliki spesifikasi yang mirip dengan iPhone 8 Plus. Tapi tentu saja dengan peningkatan di beberapa sisi.

  • SoC: A11 Bionic, 64-bit, neural engine, M11 motion coprpcessor.
  • Internal memori: 64 GB / 256 GB
  • Layar: 5,8 inci OLED, Super Retina HD, HDR 2436 x 1125 (458 ppi), True Tone, 3D Touch
  • Kamera utama: Dual 12 MP (wide-angle & telephoto), f/1.8 (wide-angle) dan f/2.4 (telephoto), 10x digital zoom, Portrait Mode, Portrait Lighting Mode, Dual OIS, quad-LED True Tone flash dan Slow Sync
  • Video kamera utama: 4K @24fps @30fps @60fps, 1080p FHD @30fps 60fps, 720p HD @30 fps, Slo-mo 1080p FHD @120fps 240 fps, 6x digital zoom
  • Kamera TrueDepth: 7 MP, f/2.2, Portrait Mode, Portrait Lighting Mode, AniMoji, Retina flash, video 1080p
  • Sensor: Face ID, barometer, tiga-sumbu gyro, accelerometer, proximity, ambient light
  • Baterai: Lithium-ion, wireless charging (standar Qi)
  • Sertifikasi: Tahan air dan debu IP67
  • Pilihan warna: Space grey, silver

Harga iPhone x adalah US $999. Mulai bisa dipesan pada tanggal 27 Oktober 2017, dan tersedia mulai tanggal 3 November, di Andorra, Australia, Austria, Bahrain, Belgium, Bulgaria, Canada, China, Croatia, Cyprus, Czech Republic, Denmark, Estonia, Finland, France, Germany, Greece, Greenland, Guernsey, Hong Kong, Hungary, Iceland, India, Ireland, Isle of Man, Italy, Japan, Jersey, Kuwait, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luxembourg, Malta, Mexico, Monaco, Netherlands, New Zealand, Norway, Poland, Portugal, Puerto Rico, Qatar, Romania, Russia, Saudi Arabia, Singapore, Slovakia, Slovenia, Spain, Sweden, Switzerland, Taiwan, UAE, UK, dan US.