Aplikasi Expert RAW akan Hadir di Lebih Banyak Ponsel Samsung Galaxy

Indri Penulis

Cuma ada di Samsung Galaxy S21 Ultra dan S22 Ultra, aplikasi Expert RAW kabarnya akan hadir di lebih banyak ponsel Samsung Galaxy.

Secara default, mayoritas smartphone akan menyimpan foto dalam format JPEG. Tapi seperti yang sering dikatakan fotografer profesional, cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari kamera smartphone adalah dengan memotret gambar dalam format RAW.

Kini ada sebagian smartphone modern yang mendukung format RAW, sedangkan Samsung punya aplikasi khusus yang mereka namakan dengan Expert RAW.

Buat yang belum tahu soal aplikasi ini, jadi Expert RAW adalah aplikasi yang mendukung pengambilan multi-frame HDR dan memungkinkan pengguna menyimpan bidikan dalam format JPEG serta DNG RAW.

Expert RAW menawarkan berbagai fitur kontrol manual standar termasuk ISO, kecepatan rana, white balance, dll. Aplikasi juga memiliki integrasi dengan Adobe Lightroom. Dengan integrasi ini, pengguna bisa langsung membuka bidikan RAW mereka di aplikasi Lightroom untuk pengeditan akhir.

Sayangnya saat ini aplikasi tersebut hanya tersedia di dua ponsel yakni Samsung Galaxy S21 Ultra dan Galaxy S22 Ultra. Namun sepertinya itu akan segera berubah, pasalnya Samsung telah mengonfirmasi jika mereka akan menghadirkan aplikasi tersebut ke lebih banyak ponsel Galaxy.

Kabar ini diumumkan Samsung lewat sebuah komentar terbaru di forum komunitas mereka. Kurang lebih seperti ini isi pengumumannya:

Expert RAW akan diluncurkan secara resmi pada tanggal 25 Februari 2022. Sebelum peluncuran resmi, kami akan memberi tahu kalian tentang perangkat akhir yang akan mendukung aplikasi tersebut. Apakah akan mendukungnya atau tidak, hal tersebut akan diputuskan sesuai dengan spesifikasi AP dan sensor lensa, dan tampaknya hanya model flagship yang akan mendukungnya.”

Ya, pengumuman tersebut mengatakan kalau ‘hanya model flagship’ saja yang akan didukung aplikasi Expert RAW. Bisa jadi perangkat yang bakal kebagian aplikasi tersebut adalah Samsung Galaxy S22, Galaxy S22+, Galaxy S21, Galaxy S21+, dan mungkin beberapa ponsel lipat seperti Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3.

Tapi tetap saja, untuk mengetahui daftar ponsel akhir yang didukung aplikasi tersebut, kita harus tunggu konfirmasi lanjutan dari Samsung.

    %d blogger menyukai ini: