5 Aplikasi Font Manager Terbaik Yang Layak Dicoba

desain kaos
Foto: Ian Dooley | Unsplash

Melihat dan memilih font yang cocok dipakai di desain bisa sedikit merepotkan. Untuk itu, kami mencoba memilih beberapa aplikasi font manager yang enak digunakan.

Aplikasi font manager merupakan aplikasi yang membantu kamu mengumpulkan semua koleksi font. Dengan begitu kamu bisa melihat semua jenis dan bentuk font dengan mudah.Tidak perlu mencoba satu persatu saat membuat desain.

Terlebih lagi, kamu juga bisa mengatur koleksi font dengan lebih baik. Mengumpulkan sesuai jenis, mengumpulkan font yang sering kamu pakai, dll. Bahkan kamu bisa mengaktifkan font tanpa harus copas file ke folder font di sistem operasi.

Ada banyak aplikasi font manager yang bagus. Ada yang komersial, ada juga yang gratis. Ada yang khusus untuk Mac, ada yang untuk Windows. Nah, berikut ini pilihan kami.

1. FontBase (Win, Mac, Linux – Gratis)

tampilan fontbase font manager

Tak pelak lagi, FontBase merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk mengatur font di komputer. Banyak yang bisa kamu lakukan dengan aplikasi ini. Impor folder di komputer (drag n drop), mengatur koleksi, mencoba gaya tulisan, mengaktifkan font. Bahkan melihat Google Fonts secara langsung.

FontBase tersedia untuk semua platform komputer. Baik Windows, macOS, dan Linux. Yang lebih baik lagi, aplikasi ini gratis. Yah, kamu bisa mendapat fitur lebih kalau memakai versi komersial.

Baca ulasan kami tentang FontBase dan tips download font untuk informasi lebih jauh.

Download FontBase

2. SkyFonts (Mac – Gratis)

skyfonts font manager gratis

SkyFonts adalah aplikasi font manager buatan Monotype, sebuah nama besar di dunia huruf. Fiturnya memang tidak terlalu banyak kalau dibandingkan dengan FontBase. Apalagi aplikasi ini baru tersedia untuk macOS.

Walau begitu, ada kelebihan yang cukup luar biasa. Kamu bisa memasang font dari beberapa outlet besar — misalnya fonts.com, Google Fonts, MyFonts — dengan mudah. Bahkan, kamu bisa mencoba font komersial dalam waktu satu jam, sebelum memutuskan memakai dan membeli (atau menyuruh klien membeli).

Silakan baca juga ulasan kami soal SkyFonts.

Download SkyFonts

3. NexusFont (Windows – Gratis)

nexusfont

NexusFont mirip dengan FontBase. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengatur, membandingkan, dan memilih font dengan mudah. Sama seperti FontBase, kamu tidak perlu memindah file font ke folder di sistem operasi. Tinggal aktifkan melalui aplikasi ini.

NexusFont adalah kebalikan dari SkyFonts. Aplikasi ini hanya tersedia untuk Windows. Tentu saja, kelebihan lain adalah aplikasi ini gratis.

Download NexusFont

4. Suitcase Fusion (Win, Mac – Komersial)

suitcase fusion

Suitcase Fusion merupakan salah satu pilihan aplikasi font komersial (kalau kamu seorang profesional). Sebagai aplikasi premium, Suitcase Fusion memiliki fitur lengkap. Seperti integrasi dengan berbagai outlet font, integrasi dengan aplikasi desain, cek berkas font, dll. Tentunya ada fungsi standar seperti mengatur dan mencoba font.

Suitcase Fusion tersedia untuk Windows dan macOS secara komersial.

Download Suitcase Fusion

5. RightFont (Mac – Komersial)

aplikasi font rightfont

RightFont merupakan aplikasi font yang tidak hanya lengkap, tapi juga keren. Aplikasi ini memiliki integrasi dengan aplikasi desain dan font outlet. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mendukung penyimpanan cloud seperti Dropbox, iCloud, dan Google Drive.

RightFont hanya tersedia untuk macOS, dan merupakan aplikasi komersial. Tapi kalau kamu seorang profesional yang menggunakan Mac, aplikasi ini jelas layak dicoba.

Download RightFont

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.