Fontbase: Font Manager Gratis untuk Semua Komputer

font manager gratis fontbase

Font Manager adalah sebuah aplikasi untuk mengelola koleksi font. Mencari sebuah aplikasi font manager gratis dan bagus tidaklah mudah. Aplikasi seperti ini biasanya komersial dan tidak murah. Untungnya, ada aplikasi bernama Fontbase.

Sebelum membahas lebih lanjut, mungkin ada pertanyaan “Kenapa aplikasi font manager penting kamu pasang?”. Begini. Pada dasarnya, untuk bisa menggunakan huruf-huruf keren itu, lazimnya font baru harus kamu install di dalam folder font di dalam sistem operasi.

Permasalahan yang bisa muncul adalah:

  1. Kamu tidak tahu di mana letak folder font sistem operasi.
  2. Jumlah font yang banyak bisa menambah berat kinerja komputer.

Aplikasi font manager biasanya memungkinkan kamu menggunakan font tanpa harus memasukkan berkas font ke dalam folder sistem. Kamu bisa melakukan aktivasi dari folder koleksimu. Kemudian sudah bisa menggunakannya di berbagai aplikasi lain.

Masuklah Fontbase. Sebuah aplikasi font manager gratis dengan tampilan keren, fitur menarik, penggunaan mudah, dan tersedia untuk semua platform komputer desktop. Sekedar catatan, saya menggunakan Fontbase for Mac.

[irp posts=”43441″ name=”FontFace Ninja: Detektor Font Keren dan Mudah Digunakan”]

Tampilan Bagus & Fitur Mantap

tampilan fontbase font manager

Fontbase memiliki tampilan yang cukup simpel. Saya yakin kamu akan cepat memahaminya. Di sebelah kiri (sidebar) terdapat beberapa kategori pengelolaan font. Mulai dari font yang ada di sistem operasi, font favorit, koleksi, sampai folder.

Kamu bisa membuat koleksi font berdasar kebutuhan atau kesukaan. Misalnya seperti saya, membuat koleksi berdasarkan keluarga font (Serif, Sans Serif, Slab Serif, Script, Handwriting, dll). Bisa juga membuat koleksi berdasar proyek. Misalnya font yang dipakai di situs UrbanDigital.

Folder koleksi font yang ada di komputermu juga akan tampil dengan bagus. Di sini saya mengatur koleksi saya berdasar huruf, dan di dalamnya ada folder font bersangkutan, dengan file font di dalamnya. Struktur folder terlihat jelas dan mudah diakses.

Di sebelah kanan, kamu bisa menemukan tampilan font yang kamu punya. Kamu bisa melihat jenis font satu persatu. Yang regular, italic, bold, condensed, dan seterusnya.

Selain itu, kamu bisa mengubah contoh tulisan “The quick brown fox jumps over the lazy dog” dengan pilihanmu sendiri. Misalnya kamu mau melihat variasi huruf kapital dan huruf kecil “Aa Bb Cc …”. Ukuran huruf pun bisa kamu ubah.

[irp posts=”43633″ name=”Membandingkan Bentuk dan Jenis Huruf di Tiff”]

Penggunaan mudah

menambah font dengan mudah

Menggunakan Fontbase untuk mengelola koleksi font pun sangat mudah. Apalagi kinerja aplikasi ini boleh diacungi jempol. Ringan dan cepat.

Untuk menambah font, yang perlu kamu lakukan adalah menggeser berkas atau folder font itu ke dalam Fontbase. Kemudian, secara otomatis aplikasi ini akan mendata dan menampilkannya.

Yang menarik, kalau kamu sudah memasukkan folder font dari komputer ke dalam Fontbase, ketika ada folder baru masuk (lewat Explorer atau Finder), Fontbase juga akan segera membacanya. Jadi tidak perlu mengatur dua kali.

Untuk mengaktifkan font, kamu cukup klik ikon lingkaran di samping nama font. Begitu juga untuk menyematkan (pin) dan menandai sebagai favorit. Klik di masing-masing ikon.

Tes Font & Lihat Koleksi Online

tes font di aplikasi fontbase

Selain pengelolaan font, masih ada lagi fitur menarik lain. Dengan Fontbase, kamu bisa malakukan tes font. Saat ini, fitur tersebut masih dalam tahap beta (uji coba). Tapi kamu sudah bisa melihat kegunaannya.

Ada contoh paragraf dengan judul, sub judul, dan konten. Kamu bisa klik masing-masing bagian, dan memilih font untuk dicoba (beserta ukuran, jarak, dll). Dengan segera kamu bisa melihat hasilnya. Ini berguna untuk melihat apakah font yang kamu pilih enak dibaca atau tidak. Fitur yang dahsyat!

Di samping itu, akan ada fitur untuk melihat koleksi font online, seperti Google Font. Memang saat ini belum berfungsi. Tapi kalau sudah, fitur ini akan sangat memudahkan pemilihan dan penggunaan font.

[irp posts=”49113″ name=”Tips Download Font Dan Langsung Install Dengan Cepat”]

Aplikasi Font Manager yang Layak Digunakan

Secara keseluruhan aplikasi Fontbase memuaskan. Kalau proses pengembangannya berjalan seperti rencana, aplikasi ini bisa jadi salah satu font manager terbaik.

Terus terang, saya sempat mendapat kendala saat menggunakan aplikasi ini. Ketika saya menambah folder font koleksi saya ke dalam aplikasi, muncul error, dan aplikasi ditutup paksa.

Namun kemudian saya mengontak developer Fontbase. Setelah beberapa kali berdiskusi lewat email, permasalahan berhasil dikenali. Ada salah satu folder saya yang memiliki format ekstensi yang salah. Begitu hal itu saya betulkan, semua berjalan lancar. Sejauh ini, belum ada masalah lain muncul.

Kalau ada hal lain yang saya inginkan dari aplikasi ini, hal itu adalah informasi jenis berkas font. Saat ini, font yang muncul di Fontbase masih belum memberi informasi OpenType dan TrueType Font. Jadi kalau ada font sama dengan dua berkas berbeda, kita masih belum bisa mengenalinya. Yah, bukan masalah besar.

Jadi, ya… kesimpulan saya masih sama. Kalau kamu mencari aplikasi font manager gratis dan bagus, Fontbase layak kamu pilih. Kalau kamu suka dan ingin memberi kontribusi pada pengembangannya lebih jauh, kamu bisa menggunakan paket Awesome (komersial) dengan berlangganan bulanan.

Fontbase merupakan salah satu font manager gratis yang tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux.

[junkie-button url=”http://fontba.se/” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download [/junkie-button]

[wp-review id=”44647″]

%d blogger menyukai ini: