Aplikasi Foto Panorama Pano

Anom Penulis

Kali ini kami akan membahas sebuah aplikasi foto panorama. Aplikasi ini bernama Pano. Aplikasi Pano ini sebelumnya sudah lebih dulu ada di iOS dan Android. Di sana, rating yang didapat terlihat cukup baik. Nah, bagaimanakah aplikasi Pano ini di Windows Phone?

Fitur Pano
  1. Tampilan antar muka yang sederhana
  2. Mengambil foto panorama sampai 360 derajat (lingkaran penuh)
  3. Panduan semi-transparan saat mengambil foto berikutnya
  4. Penyelarasan, penggabungan, dan koreksi warna yang canggih
  5. Menyimpan hasil foto Pano secara otomatis ke ponsel
  6. Proses foto Pano bisa dilanjutkan apabila terputus/terganggu

Walau tampilannya sedikit berbeda dengan di iOS dan Android, Pano di Windows Phone juga sama simpelnya. Ada instruksi di sebelah atas layar, dan application bar berisi (dari atas) tombol selesai, tombol kamera, dan tombol putar kamera (rotate). Kalau kita sudah mulai mengambil gambar, akan ada panduan berupa gambar semi transparan di sebelah kiri agar kita lebih mudah mencocokkan posisi foto dengan yang sebelumnya.

Memotret panorama dengan panduan ala Pano
Memotret panorama dengan panduan ala Pano
Menggabungkan foto
Menggabungkan foto
Foto panorama tersimpan dengan otomatis
Foto panorama tersimpan dengan otomatis

Penggabungan gambar panorama yang dilakukan oleh aplikasi Pano ini cukup bagus. Bisa dilihat dari gambar di atas, pada panduan semi transparan di gambar pertama, ada sedikit posisi yang tidak cocok karena sudut pengambilan gambar yang berubah. Tapi, saat melihat hasilnya, posisi tersebut bisa digabungkan dengan baik. Tentu saja aturan dasar tetap berlaku. Untuk menghasilkan foto yang bagus, pastikan cahaya cukup baik. Untuk menghasilkan foto panorama yang bagus, pastikan posisi yang akan disambung tidak terlalu jauh berbeda (akan lebih baik kalau foto panorama diambil dengan kita bergeser, bukan berputar).

Terus terang, yang kami coba ini memang aplikasi panorama Pano versi trial. Di versi ini, kita hanya diperbolehkan mengambil 3 foto untuk digabungkan. Sedangkan versi full, kita bisa menggabungkan sampai 16 gambar (360 derajat). Berikut hasil foto yang saya ambil.

Hasil foto panorama Pano
Hasil foto panorama Pano

Kalau berminat, aplikasi foto panorama Pano ini bisa dibeli dengan harga Rp25.820 di Windows Phone Store. Tersedia di region Indonesia, bisa mencoba dulu (versi trial) dan bisa digunakan baik di Windows Phone 7 dan Windows Phone 8.

Download: Pano

qr code pano

    %d blogger menyukai ini: