Daftar Aplikasi Gamer Yang Mendukung Hobi Main Game di PC

Kalau kamu hobi main game, mungkin kamu sadar kalau kamu tidak hanya berkutat di game itu sendiri. Ada berbagai aplikasi dan layanan lain yang mendukung hobimu itu. Nah, kali ini kami membuat daftar beberapa aplikasi dan layanan yang layak dipakai oleh gamer.

Memang, main game bisa sekedar hiburan kasual atau menjadi profesi serius. Tergantung bagaimana kamu menyikapinya. Bisa saja kamu awalnya sekedar iseng tapi kemudian justru jadi serius karena mendapat tanggapan baik di media sosial.

Kalau kamu baru saja terjun ke dunia game—entah sekedar hobi atau mau jadi profesi—perhatikan beberapa aplikasi yang layak dipakai gamer ini.

Steam

Tentu saja. Kamu tidak mungkin main game kalau tidak memilikinya. Steam mungkin merupakan platform game paling populer. Selain sebagai bursa, aplikasi ini juga berfungsi sebagai launcher, pusat komunitas, juga punya peralatan seperti chat dan membuat screenshot.

Sebagai bursa game, Steam kerap memberi diskon game secara berkala (misalnya Summer Sale atau Winter Sale). Asiknya, Steam mendukung pengisian wallet dari Indonesia.

Dari berbagai bursa game yang ada, Steam masih terhitung yang memiliki fitur lengkap dan sistem pembayaran mudah bagi pengguna Indonesia.

Aplikasi GPU

Sudah bukan rahasia kalau kartu grafis alias GPU memainkan peranan penting dalam main game. Apalagi kini peningkatan kualitas visual sedang mendapat lompatan besar, seperti fitur ray tracing.

Namu terlebih dari itu, aplikasi dari vendor GPU mengijinkan kamu melakukan optimalisasi performa game. Misalnya perbedaan performa ketika main di laptop dengan mencolok kabel daya atau menggunakan baterai. Yang paling berguna tentu saja untuk update driver.

Kalau kamu memakai GPU NVIDIA, kamu bisa memakai aplikasi GeForce Experience. Sedangkan kalau kamu pakai AMD, kamu bisa pakai aplikasi untuk Radeon.

Discord

Tidak jarang kita main game sambil ngobrol dengan teman satu tim. Memang, beberapa game sudah memiliki fitur chatting sendiri. Begitu juga aplikasi launcher seperti Steam atau Epic Games.

Namun, fitur Discord sangat luar biasa untuk komunitas. Baik obrolan lewat teks maupun suara. Sistem pembagian ruang dan kanalnya juga memudahkan tema percakapan lebih fokus. Tidak heran banyak penerbit dan pengembang game membuka kanal resmi di Discord.

Memang, kita bisa ngobrol dengan teman lewat WhatsApp, Telegram, atau bahkan di dalam game saat main. Tapi kalau kamu ingin masuk atau membuat komunitas yang kuat, Discord bisa jadi pilihan tepat.

Streamlabs OBS

Saat ini, hobi main game bisa lebih dari sekedar menikmatinya sendiri. Tapi juga membaginya dengan orang lain entah lewat live streaming atau rekaman permainan.

Streamlabs OBS merupakan salah satu aplikasi live streaming game populer. Tidak sedikit game streamer terkenal yang memakainya (misalnya Ninja dan Pokimane). Aplikasi ini memiliki beberapa fitur menarik, seperti chatting, selain dukungan ke banyak media dan fitur standar seperti rekaman video.

Fitur yang dimiliki oleh Streamlabs ini boleh dibilang sedikit lebih lengkap dari OBS Studio. Penampilannya pun lebih modern. Layak jadi pilihan.

Media Sosial

Sudah jelas, media sosial bisa jadi output buat live streaming atau rekaman video permainanmu. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti tren dan mendapat info baru seputar game. Siapa tahu, kamu juga mendapat teman baru. Entah buat berbagi pengalaman atau jadi rekan satu tim.

Kamu bisa terjun ke YouTube, Facebook, Instagram, dan bahkan TikTok untuk menggeluti dunia gaming. Bahkan, kalau mau, kamu bisa coba aplikasi Kippo buat cari pacar gamer. HAH!

%d blogger menyukai ini: