Aplikasi Live Streaming Game Terbaik Untuk Kamu Pakai di Komputer

Anom Penulis

Melakukan live streaming game memang salah satu kegiatan yang asik dilakukan. Selain melakukan hobi yang menyenangkan, bisa juga menambah teman dan menambah isi kantong. Untuk itu, di sini saya membuat daftar beberapa aplikasi live streaming game yang dianggap terbaik dan layak kamu coba.

Saya yakin, sebelum melihat daftar ini, kamu sudah membayangkan satu atau dua nama aplikasi. Yah, memang di antara banyak aplikasi, ada yang sangat populer.

Tapi toh nggak ada salahnya juga melirik aplikasi lain. Siapa tahu kamu lebih suka tampilannya atau lebih suka fiturnya. Kalau memang merasa cocok dan yakin, ya langsung lamar saja. Eh?

Nah, ini dia daftar aplikasi live streaming terbaik untuk PC yang pantas kamu pertimbangkan.

OBS Studio

Nah, nama aplikasi ini mungkin yang muncul pertama kali di pikiran ketika kita bicara soal live streaming. Aplikasi OBS Studio merupakan salah satu aplikasi live streaming dan screen recording gratis yang paling banyak dipakai.

Dari segi penampilan, desainnya memang cukup kelihatan jadul. Tapi cara pakai OBS Studio relatif mudah dan fiturnya pun lumayan walau boleh dibilang standar. Kamu bisa melakukan streaming ke berbagai kanal, mulai dari Twitch, YouTube, Facebook Live, bahkan ke Instagram.

OBS Studio juga tersedia untuk berbagai platform komputer, seperti Windows, macOS, dan Linux.

Streamlabs OBS

Streamlabs OBS juga merupakan salah satu nama besar untuk urusan aplikasi live streaming game. Yah, kalau kamu membuka situs resminya, kamu akan langsung melihat nama-nama besar streamer di sana, seperti Ninja dan Pokimane.

Penampilan aplikasi ini lebih modern daripada OBS Studio. Streamlabs juga punya berbagai fitur yang lebih menarik, terutama pengalaman pemakaian dan interaksi pengguna. Misalnya memakai themes, feeds (seperti pemberitahuan donasi), overlay, sampai remote control.

Streamlabs OBS bisa melakukan streaming ke berbagai kanal, sepeti Twitch, YouTube, Facebook Live, Vimeo, Twitter, sampai—ahem—OnlyFans. Kalau kamu mau sekedar merekam pun bisa.

Aplikasi Streamlabs OBS tersedia untuk Windows. Untuk fitur yang lebih canggih, kamu mungkin harus menjadi anggota Streamlabs Prime.

XSplit Broadcaster

Pilihan lain yang bisa kamu coba adalah aplikasi XSplit Broadcaster. Aplikasi ini terkenal karena fokusnya pada kualitas produksi. Penampilannya boleh dibilang ada di tengah-tengah antara OBS Studio dan Streamlabs. Agak jadul dikit.

Instalasi awal mungkin hanya membawa beberapa fitur utama. Namun kamu bisa mendapatkan berbagai plugin dan ekstensi di bursa aplikasi mereka. Misalnya untuk menampilkan chat.

Aplikasi XSplit Broadcaster tersedia untuk Windows.

Gamecaster

Gamecaster juga merupakan aplikasi dari XSplit. Aplikasi ini lebih mudah dipahami dan dipakai dari Broadcaster. Penampilannya juga lebih modern.

Yang menarik, aplikasi ini memiliki fitur reward seperti di game, misalnya untuk emote, overlay, alert, dll. Lalu, ada test center, sehingga kamu bisa mencoba dulu sebelum kamu melakukan live streaming. Di samping itu masih ada fitur musik, remote control, dan nantinya akan ada fungsi mirroring dari smartphone (Q3 2021).

Aplikasi Gamecaster tersedia untuk Windows. Aplikasi ini juga punya integrasi dengan Xbox Gamebar dan punya tampilan khusus untuk layar kedua laptop, seperti di ASUS ZenBook Pro Duo atau ROG Zephyrus Duo.

    %d blogger menyukai ini: