Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Aplikasi IGTV Ditutup Bulan Ini, Instagram Mau Tambah Fokus ke Reels

Indri Penulis

Instagram mengumumkan kalau aplikasi IGTV akan ditutup. Penutupan aplikasi mandiri tersebut akan dilakukan pada bulan Maret ini.

Persaingan antar media sosial memang terkenal sangat sengit. Saling ‘jiplak’ fitur satu sama lain seolah juga sudah menjadi ‘rahasia umum’ buat mereka.

popculture.id

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang terkenal ‘sering mengadaptasi’ fitur rivalnya. Contohnya mereka bikin fitur Reels untuk menyaingi TikTok, lalu Instagram juga pernah bikin fitur IGTV dalam rangka menyaingi YouTube.

Dari banyaknya fitur hasil adaptasi Instagram, Reels bisa dibilang yang paling sukses. Dengan format video pendeknya, Reels kini menjadi fitur dewa di Instagram (selain Instagram Stories tentunya). Makanya nggak heran kalau Reels masuk dalam fokus Instagram di tahun 2022.

Untuk mulai memfokuskan Reels, langkah pertama yang akan dilakukan Instagram adalah menutup dukungan iklan di video In-Stream (sebelumnya dikenal dengan IGTV). Nggak cuma itu, dalam postingan blog-nya, Instagram juga mengumumkan kalau aplikasi IGTV akan ditutup bulan ini.

Sebagai bagian dari upaya kami untuk membuat video sesederhana mungkin, kami tidak akan lagi mendukung aplikasi mandiri IGTV. Sebagai gantinya, kami akan memfokuskan semua video di aplikasi Instagram utama,” kata Instagram dalam postingannya.

Postingan tersebut juga mengatakan bahwa semua jenis video (baik video biasa atau Reels) di aplikasi utama Instagram akan memiliki tampilan layar penuh dan fitur tap-to-mute. Instagram rencananya juga akan menguji pengalaman iklan baru, yang memungkinkan konten kreator memperoleh pendapatan dari iklan Reels mereka.

Balik lagi ke aplikasi IGTV. Aplikasi tersebut hadir pada tahun 2018, dan dibikin dengan tujuan untuk menyaingi YouTube sekaligus buat memposting video vertikal berdurasi panjang.

Kurang dari setahun kemudian, konten IGTV mulai dipromosikan secara besar-besaran di aplikasi utama Instagram. Video dari IGTV akan muncul di halaman Explore, dan pratinjau video-nya muncul di Stories serta Feed.

Lanjut di tahun 2020, Instagram mulai menghapus tombol IGTV di aplikasi utama Instagram. Alasannya sangat simpel yakni gara-gara IGTV sepi pengguna.

Kemudian lanjut di bulan Oktober 2021, Instagram bikin perubahan baru yakni menggabung IGTV dan video feed menjadi “Instagram Video.” Lewat penggabungan tersebut, jam tayang IGTV (durasi panjang yang menjadi ciri khasnya) akan datang ke video biasa juga.

Hm.. Sayang juga ya kalau IGTV benar-benar ditutup. Pasalnya dulu di awal peluncurannya, saya lumayan sering melihat konten-konten di IGTV. Dulu IGTV seolah menjadi ‘oasis di tengah padang gurun,’ karena membuat saya bisa menikmati video berdurasi panjang di Instagram.

Kalau kamu, kenangan apa saja yang kamu punya dengan IGTV?

    %d blogger menyukai ini: