Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Aplikasi Intel Unison Jadi Jembatan Penghubung antara PC & HP

Indri Penulis

Intel mengumumkan aplikasi Intel Unison. Aplikasi ini akan membantu menghubungkan PC yang ditenagai prosesor Intel ke ponsel Android dan iOS.

Aplikasi Unison sebenarnya punya cara kerja yang mirip dengan aplikasi Your Phone atau MyASUS. Aplikasi ini dapat mereplikasi empat fitur utama dari telepon yang terhubung ke PC.

Unison bisa menjawab sekaligus melakukan panggilan, berbagai foto / file (gambar yang diambil dengan ponsel bakal muncul di galeri Unison di PC), mengirim dan menerima pesan teks, sampai menampilkan notifikasi yang muncul di ponsel.

Lalu apa keuntungan pakai Unison dibanding aplikasi sejenis lainnya seperti Your Phone atau MyASUS?

Keuntungan yang bisa kami berikan kepada pengguna PC yang punya PC Windows adalah mereka tidak harus memilih perangkat, berdasarkan merek PC yang mereka punya. Mereka punya iPhone, mereka punya HP Android, atau perangkat apapun yang ingin mereka pakai, semuanya akan bisa terhubung dengan aplikasi ini,” kata Josh Newman, VP inovasi seluler Intel.

Ketika Anda.. di Laptop Anda, dan Anda mendapatkan notifikasi atau teks di ponsel, Anda bisa menyimpan ponsel tersebut di tas, kemudian langsung kembali ke alur pekerjaan Anda,” lanjutnya.

Maksudnya apa? Maksudnya saat ada notifikasi masuk ke ponsel, pengguna nggak perlu repot-repot melihat notifikasi tersebut di ponsel. Karena setiap notifikasi yang masuk ke ponsel juga akan tampil di layar PC.

Walaupun Unison sama-sama bisa dipakai di ponsel Android dan iOS, tapi Intel menekankan bakal ada sedikit perbedaan di aplikasi iOS.

Contohnya pengguna iPhone tidak akan punya akses ke beberapa fitur perpesanan yang lebih canggih. Misalnya perpesanan multipartai secara penuh. Sedangkan pengguna Android bisa mengakses fitur tersebut. Di luar fitur tersebut, semuanya sama antara aplikasi Android dan iOS.

Baca Juga:  Cara Menghapus Recent Files di Windows, Jaga Privasi Komputer Tetap Aman!

Oya satu lagi. Intel juga menekankan bahwa jumlah notifikasi dari aplikasi pihak ketiga yang bisa ditampilkan Unison bisa berbeda-beda. Jumlah tersebut tergantung pada versi Android dan iOS yang dipakai ponsel.

Sementara itu saat peluncuran awal, Unison akan diluncurkan dalam mode terbatas. Aplikasi ini akan diluncurkan pada ‘laptop Intel Evo tertentu’ dengan prosesor Intel Core Gen-12 merek Acer, HP dan Lenovo tahun ini. Baru setelah itu, Intel akan memperluas aplikasi Unison ke lebih banyak komputer dengan prosesor Intel Core Gen-13 tahun depan.