Aplikasi Invoice Manta: Simpel dan Gratis

aplikasi invoice manta

Kalau kamu bekerja freelance, apalagi di bidang jasa, mungkin kamu akan butuh aplikasi invoice. Tentu saja untuk mengirim tagihan pembayaran. Salah satu aplikasi invoice yang boleh kamu coba adalah Manta. Simpel dan gratis.

Selama ini mungkin kamu membuatnya dengan MS Excel. Kelemahannya tentu saja agak repot supaya penampilannya keren. Kalau kamu bisa pakai program desain, mungkin kamu pakai CorelDraw, Illustrator, atau InDesign. Tapi tentu saja, kalkulasi jadi lebih rumit.

Aplikasi Invoice Sederhana

aplikasi invoice gratis

Menggunakan Manta sangat mudah. Pertama, tentu saja kamu harus mengatur Informasi pribadimu (atau usahamu). Nama, alamat, nomor telpon, email, dll. Kamu juga bisa mengatur mata uang, warna, menambah logo, dan memilih theme (saat ini baru ada dua).

Setelah itu, kamu tinggal menggunakannya. Kamu bisa mengisi informasi klien. Baik nama orang yang dituju, nama perusahaan, email, dan nomor telpon. Lalu kamu bisa memasukkan daftar produk atau pekerjaan yang kami lakukan. Dengan harga dan jumlahnya. Aplikasi invoice ini akan menjumlahnya secara otomatis.

[irp posts=”46978″ name=”4 Aplikasi Terbaik Untuk Mengatur Keuangan”]

Simpan Invoice dan Kirim

penampilan invoice aplikasi manta

Kalau kamu sudah selesai mengisi semuanya, kamu bisa menyimpan invoice yang kamu buat. Manta akan menyimpannya dalam format PDF, sehingga bisa dilihat di mana saja.

Yang tidak kalah menarik, aplikasi ini juga akan menyimpan semua invoice yang kamu buat. Jadi kalau kamu punya banyak klien atau langganan, kamu tidak perlu menulis semuanya dari awal. Bisa pilih dari daftar klien.

[irp posts=”41945″ name=”5 Aplikasi Email Mac Sebagai Alternatif Apple Mail”]

Belum Sempurna, Tapi Memadai

Lalu bagaimana untuk penggunaan sehari-hari? Berdasarkan pengalaman, aplikasi ini memang masih belum sempurna. Ada beberapa kelemahan.

Saya menggunakannya di Mac. Kendala paling sederhana adalah susah untuk mengatur ukuran jendela aplikasi. Apalagi saya pakai dua monitor berbeda ukuran. Seringkali tombol “Save as PDF” tidak nampak di layar.

Kemudian, aplikasi ini adalah aplikasi open source. Saat ini baru tersedia versi Mac. Versi Windows dan Linux masih dalam tahap pengembangan. Tentu saja, kalau kamu mengerti pemrograman, kamu bisa mencoba membantunya. Lihat halaman Github Manta.

Tapi secara mendasar aplikasi Invoice ini berfungsi dengan baik. Paling tidak sesuai tujuannya. Kalau ada yang saya inginkan, hal itu adalah perbaikan pengaturan jendela aplikasi dan, kalau bisa, memilih jenis font. Nah, kalau kamu tertarik, silakan coba.

Download untuk Mac

%d blogger menyukai ini: