Touch Alternatives di macOS Big Sur 11.3 Bawa Gestur Aplikasi iPhone

Bersamaan dengan kehadiran update iOS 14.5, Apple juga meluncurkan pembaruan macOS Big Sur 11.3. Salah satu pembaruan fitur yang menarik adalah Touch Alternatives sebagai pengganti gestur aplikasi iPhone yang berjalan di macOS.

Seperti kita ketahui, komputer Mac sekarang memiliki basis chipset yang sama dengan iPhone dan iPad. Dengan begitu, ada cukup banyak aplikasi iPhone dan iPad yang bisa berjalan di Mac.

aplikasi iphone berjalan di macos
gambar: Apple

Namun, ada beberapa fungsi gestur yang mungkin tidak serta merta bisa kita pakai di Mac. Misalnya memiringkan iPhone. Jelas kita tidak mungkin mengangkat Macbook dan memiringkannya.

Apple pun memberi solusinya melalui Touch Alternatives. Dengan fitur Touch Alternatives, kamu bisa mengganti gestur—seperti tilting, tapping, dan swiping—yang berlaku di aplikasi iPhone dengan operasi keyboard, trackpad, atau mouse yang berjalan di macOS.

fitur toucj alternatives di macos 11.3
gambar: Apple

Kamu bisa mengaktifkan fitur Touch Alternatives ini melalui setelan aplikasi yang bersangkutan. Selain mengatur penggantian gestur, kamu juga bisa mengatur orientasi tampilan aplikasi (vertikal/horizontal).

Sekali lagi harap kamu ingat. Aplikasi iPhone dan iPad yang bisa berjalan di sistem operasi macOS hanya tersedia pada komputer Mac berbasis chipset M1. Lalu mungkin tidak semua tersedia karena membutuhkan fitur khusus yang terkait dengan perangkat iPhone atau iPad.

Tapi paling tidak hal ini cukup menarik. Yah, jadi serasa seperti mengatur setelan kontrol keyboard dan mouse kalau kita main game PC.

%d blogger menyukai ini: