Update iOS 14.5 Sudah Meluncur di iPhone, Ini Fitur Baru Yang Hadir

update ios 14.5

Akhirnya update sistem operasi iOS 14.5 meluncur. Pembaruan ini membawa banyak fitur baru, termasuk kemampuan membuka iPhone dengan Apple Watch saat kita memakai masker dan Transparansi Pelacakan Aplikasi yang kontroversial.

Di Indonesia, update ini hadir beberapa saat lewat tengah malam. Setelah mengunduhnya, kamu bisa segera memasang pembaruan ini, dan iPhone akan mengaplikasikannya dalam beberapa waktu.

Lalu, apa saja yang baru di pembaruan iOS 14.5 ini?

Update iOS 14.5

Apple memberikan cukup banyak fitur baru di update yang memiliki besar 1,18GB ini. Ada beberapa fitur yang layak disebutkan. Berikut beberapa di antaranya.

update ios 14.5 iphone

Membuka iPhone Lewat Apple Watch

Sekarang, kalau kamu mau membuka iPhone dengan Face ID, iPhone akan mengirim sinyal ke Apple Watch yang akan memberi verifikasi. Apple Watch akan mengirim respon balik berupa haptic feedback dan iPhone akan terbuka. Fitur ini bekerja pada iPhone X dan yang lebih baru, bersama Apple Watch 3 dan yang lebih baru.

Fitur Baru Siri

Sekarang Siri tidak hanya punya satu suara. Pengguna kini bisa memilih suara Siri yang mereka sukai dalam bahasa Inggris. Selain itu, Siri juga lebih mudah dipakai untuk membuat panggilan grup FaceTime, memberitahukan panggilan lewat AirPods atau Beats headphone, dan menghubungi kontak darurat jika pemilik iPhone butuh bantuan.

Transparansi Pelacakan Aplikasi

Fitur ini merupakan salah satu yang paling kontroversial pada update iOS 14.5. Salah satunya menyebabkan kisruh antara Apple dan Facebook. Kini, aplikasi harus meminta ijin pada pemilik iPhone untuk bisa melakukan pelacakan aktivitas mereka. Pengguna pun bisa memilih apakah akan memberi ijin atau tidak.

Emoji Baru

Nampaknya sepele, tapi emoji yang kini menjadi salah satu cara mengekspresikan diri ternyata cukup punya arti penting. iOS 14.5 memberikan beberapa emoji baru. Seperti pilihan warna kulit untuk emoji pasangan, tambahan emoji menghembuskan napas, wajah dengan mata spiral, wajah tertutup asap, hati yang terbakar, dan juga… perempuan yang brewokan.

Beberapa Pembaruan Lain

Selain fitur yang menjadi fokus di atas, ada pula beberapa fitur lain, yaitu:

  • Warga Amerika dan Cina bisa membuat laporan kecelakaan di Apple Maps.
  • Aplikasi Apple Podcast mendapat tampilan baru, sebagai salah satu yang diumumkan di acara “Spring Loaded“.
  • Dukungan untuk AirTag, sehingga pengguna bisa melacak barang-barang mereka melalui aplikasi Find My.
  • Aplikasi Apple News mendapat penampilan baru untuk bagian News+.
  • Pengguna Apple Fitness+ kini bisa melakukan streaming audio di perangkat AirPlay 2 (untuk pengguna di Australia, Kanada, Irlandia, Selandia Baru, Inggris, Amerika Serikat).
  • Aplikasi Reminder kini mendapat pengaturan berdasar judul, prioritas, tenggal waktu, atau waktu dibuat, juga mendapat pilihan untuk mencetak (print) daftar tugas.
  • Peningkatan koneksi di jaringan 5G.
  • Kontrol suara untuk aksesibilitas yang lebih baik, yaitu penambahan dukungan bahasa Inggris di Australia dan Kanada, juga dukungan bahasa Spanyol di Meksiko, Spanyol, dan Amerika Serikat.

Kamu juga bisa membaca informasi yang lebih detil di halaman dukungan Apple. Nah, silakan cek update di iPhone kalian, yaitu di halaman Setting > General > Software Update.

%d blogger menyukai ini: