Aplikasi Kamera Halide Mark II Bawa Format Sejenis ProRAW di Semua iPhone

Halide merupakan salah satu aplikasi kamera paling keren untuk iPhone. Lux, sang pengembang, kini sudah menghadirkan aplikasi fotografi generasi terbaru mereka, Halide Mark II.

Lux β€” yang terdiri dari Ben Sandofsky, Sebastiaan de With, dan Rebecca Slatkin β€” menyebutkan kalau mereka mengembangkan aplikasi ini berdasar pengalaman dari dua aplikasi mereka sebelumnya, Halide dan Spectre. Spectre sendiri meraih penghargaan iPhone App of the Year di tahun 2019.

Jadi kayaknya memang bakal seru nih kameranya. Yuk kita intip fitur aplikasi Halide Mark II ini.

Desain Antar Muka Baru

Lux merubah desain antar muka Halide Mark II agar bisa menyesuaikan semua versi iPhone. Lalu mereka juga memindah tombol-tombol di bidang bagian bawah layar agar lebih mudah dioperasikan. Aplikasi juga akan memberi deskripsi sekilas ketika kamu menekan tombol tertentu.

tampilan aplikasi kamera halide mark ii

Yang menarik, walau bisa bikin salah paham, ketika kamu menekan tombol ‘AF’, justru fungsi autofocus berganti menjadi mode manual dengan tuas fokus. Ketika kamu menggeser tuas itu, fungsi Focus Loupe otomatis akan aktif.

Lalu, tampilan photo reviewer juga mendapat perubahan. Kini kamu bisa melihat informasi penting dari foto secara sekilas atau yang lebih detil.

Pengolahan Format RAW

Hal pertama yang layak disebut adalah aplikasi kamera Halide Mark II sudah mendukung format ProRAW dari Apple yang ada di iPhone 12. Tapi karena ProRAW tidak hadir di semua versi Apple, Halide menawarkan solusi mereka sendiri.

Halide Mark II memiliki fitur yang mereka sebut dengan Coverage. Fitur ini memanfaatkan semua proses foto dari Apple, seperti Smart HDR 3 dan Deep Fusion, lalu menyimpan foto berformat RAW DNG yang bisa kamu edit nanti.

instant raw di aplikasi kamera halide mark ii

Aplikasi ini juga mempermudah pengguna memakai format RAW dengan fitur Instant RAW. Fitur ini akan mengolah foto RAW melalui proses 17 langkah dengan machine learning, dan menampilkan hasil optimal.

Jadi Instant RAW boleh dibilang ada di antara format RAW yang belum diproses dan format JPEG yang sudah diproses. Kamu bisa langsung memakainya, tapi juga bisa mengolahnya lebih jauh dengan segala informasi utuh format RAW. Detil pada hasil fotonya luar biasa.

Informasi Pencahayaan

Halide menawarkan fitur satu lagi yang bernama Waveform, sebagai tambahan Luminance dan Histogram yang sudah ada. Waveform akan memetakan pencahayaan dan warna untuk lalu memberikan informasi warna apa yang mendapat distorsi.

Kemudian, Halide sudah memiliki fitur Zebra Stripes yang akan menunjukkan bidang gambar yang overexposed (jadi flat) atau under-exposed (terlalu noise). Kini fitur ini mendapat penambahan fungsi untuk membedakan kanal warna di bidang yang mendapat distorsi.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: