5 Aplikasi Kamera iPhone yang Bikin Iri Pengguna Android

aplikasi kamera iphone argentum

Untuk urusan koleksi aplikasi, iPhone mungkin sulit ditandingi. Begitupun dengan aplikasi kamera. Ada banyak aplikasi kamera iPhone berkualitas. Apa saja yang patut diperhatikan? Kali ini saya mencoba membahasnya.

Kalau kamu mengikuti tulisan saya, kamu mungkin tahu kalau saya dulu pengguna handphone Lumia 930. Salah satu handphone dengan kemampuan kamera di atas rata-rata. Kemudian, seiring dengan meredupnya Windows Phone, saya pindah ke Android.


Baca juga: Tips Fotografi Menggunakan Handphone


Setelah beradaptasi, saya mengeksplorasi lebih jauh dan membandingkan. Salah satu kesimpulan saya, aplikasi kamera iPhone unggul dibanding platform lain. Saya pun bertanya, kalau saya punya iPhone, aplikasi kamera apa yang ingin saya miliki?

Halide

aplikasi kamera iphone halide

Halide adalah aplikasi kamera iPhone hasil kerjasama Ben Sandofsky (mantan pimpinan teknis Twitter untuk iOS) dan Sebastiaan de With (mantan designer Apple).

Aplikasi ini merupakan aplikasi kamera premium dengan tampilan dan gestur intuitif, serta sarat peralatan fotografi kelas atas. Halide mendukung focus peaking (menunjukkan detil fokus area yang diinginkan), pengaturan manual (ISO, shutter speed, white balance), file RAW, informasi histogram, dll.

Halide bisa didapat dengan harga Rp45.000.

DOWNLOAD UNTUK IOS

Lightsynth

aplikasi kamera iphone lightsynth

Lightsynth merupakan aplikasi kamera ADR (Adaptive Dynamic Range) pertama. ADR adalah teknik pengambilan gambar alternatif dari HDR.

Berbeda dari HDR yang hanya memanfaatkan bracketing dengan EV +/-, teknik ini menggunakan evaluasi kondisi cahaya pada obyek (dari terbaik sampai terburuk) untuk mencapai hasil maksimal. Aplikasi Lightsynth memiliki tiga mode pengukuran cahaya: Balance, Highlight, dan Shadow.

Lightsynth bisa didapat dengan harga Rp15.000.

DOWNLOAD UNTUK IOS


Baca juga: 5 Tips Membuat Foto Travel dengan Hasil Unik


Filmborn

aplikasi kamera iphone filmborn

Filmborn adalah aplikasi kamera iPhone yang membawa karakteristik film (kamera analog) dalam bentuk digital. Pengaturan kamera dilengkapi dengan digital film dari merk ternama seperti Fuji, Ilford dan Kodak.

Dengan menggunakan gestur dalam film live-preview, kita bisa dengan mudah mendapat pencahayaan yang tepat untuk foto. Aplikasi Filmborn juga memiliki fitur edit lengkap. proses edit foto juga bisa diulang tanpa mengganggu foto asli.

Aplikasi Filmborn bisa diunduh secara gratis.

DOWNLOAD UNTUK IOS

Enlight

aplikasi kamera iphone enlight

Enlight sebenarnya lebih merupakan aplikasi edit foto. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang terpilih sebagai pemenang Apple Design Award 2016. Enlight dipuji karena memiliki perangkat edit foto canggih dan sistem penggunaan aplikasi yang konsisten.

Enlight memiliki berbagai filter foto (analog, B&W, Duo), Tulisan (Stiker dan Ketikan), format foto (rasio, frame, kolase, dll), pengaturan pencahayaan, pengaturan komposisi (crop, skew, refit), distorsi gambar (reshape) dan healing brush, mixer (superimpose, double exposure), efek lukisan, dll.

Aplikasi Enlight bisa didapat dengan harga Rp59.000.

DOWNLOAD UNTUK IOS

Argentum

aplikasi kamera hitam putih iphone argentum

Argentum adalah aplikasi kamera hitam putih untuk iPhone. Aplikasi ini memenangkan Rod Dot Award 2016.

Aplikasi kamera Argentum memiliki enam filter foto. Masing-masing diinspirasi dari fotografi hitam putih klasik. Misalnya karya fotografer Ansel Adams, Henri Cartier-Bresson, Irving Penn, dll. Pengguna iPhone 6s atau yang lebih baru juga bisa menggunakan aplikasi Argentum untuk Live Photo.

DOWNLOAD UNTUK IOS


Baca juga: Tips Memotret Foto Hitam Putih Keren


Jajaran aplikasi kamera iPhone di atas merupakan aplikasi kamera yang cukup mutakhir. Sebelumnya, iPhone juga sering lebih dulu mendapat aplikasi kamera keren daripada Android. Misalnya Hipstamatic dan VSCO cam. Instagram sendiri juga diluncurkan pertama kali secara eksklusif untuk iPhone.

Bukan berarti di Android tidak ada aplikasi kamera keren. Hanya saja, pilihannya di iPhone lebih beragam dan — harus diakui — lebih keren.